Membangun Blueprint untuk Manajemen Rapat yang Efektif pada Lembaga Pendidikan Islam

  • M Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Nganjuk
  • Mohamad Sodik Universitas Islam Balitar Blitar
Abstract views: 318 , PDF downloads: 147
Keywords: presisi agenda, manajemen rapat, blueprint, lpi, efektivitas

Abstract

Manajemen rapat yang efektif memegang peranan penting dalam keberhasilan lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi pentingnya presisi agenda rapat dalam konteks lembaga pendidikan Islam, dengan fokus pada pembangunan blueprint untuk manajemen rapat yang efektif. Latar belakang penelitian ini muncul dari tantangan umum yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam, yaitu kurangnya kejelasan dan ketepatan dalam perencanaan serta pelaksanaan rapat. Melalui pendekatan library research, penelitian ini mengidentifikasi peran vital presisi agenda dalam meningkatkan produktivitas, keterlibatan peserta, dan pencapaian tujuan rapat di lembaga pendidikan Islam. Temuan ini menciptakan dasar untuk membentuk blueprint yang terstruktur dan jelas dalam manajemen rapat, memberikan panduan praktis bagi lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan implementasi presisi agenda dalam meningkatkan efektivitas manajemen rapat pada lembaga pendidikan Islam. Implementasi presisi agenda diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kurangnya kejelasan dalam pelaksanaan rapat, membuka jalan menuju pertemuan yang lebih produktif dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Y. “Kajian Pragmatik Perilaku Tindak Tutur Pemimpin Pada Rapat Manajemen BKD Banjarnegara.” Journal of Islamic Comunication 4, no. 1 (2021): 43–64. https://www.academia.edu/download/103671555/jurnal_tindak_tutur_terbit.pdf.
Arifin, Zaenal. “Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren.” Jurnal Pemikiran Keislaman 27, no. 1 (2016): 40–64. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.258.
Audivano Dirfa, Ezra, Joanna Ardhyanti Mita N., dan Stephanie Pamela Adithama. “Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Rapat (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta).” Jurnal Informatika Atma Jogja 3, no. 2 (2022): 82–89. https://doi.org/10.24002/jiaj.v3i2.6779.
Behori, Achmad, dan Badrul Alamin. “E-Notulen Rapat di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.” Jurnal Ilmiah Informatika 3, no. 1 (2018): 199–205.
Faizan, Ilmi, Esy Anugerah Rahayu Kasim, Miftahul Jannah Salam, LM. Fid Aksara, dan LM. Bahtiar Aksara. “Rancang Bangun Sistem Informasi Notulensi Rapat Menggunakan Metode Prototype.” SemanTIK: Teknik Informasi 9, no. 2 (2023): 83–90. https://doi.org/10.55679/semantik.v9i2.44149.
Handayani, Dita, Siti Badriah, dan Mohamad Erihadiana. “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis ICT di Madrasah Aliyah Baabussalaam Kota Bandung.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2, no. 6 (2022): 631–41. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.137.
Hayati, Fitroh. “Pendidikan Karakter Berbasis Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 67–74. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3764.
Kalsum, Ummi, Arraditya Permana, Yulian Sahri, Randy Hidayat, Yunita Febriani, dan Belliwati Kosim. “Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi Bagi Pengurus Dan Pengawas Koperasi.” Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2023): 79–86. https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.6333.
Marsha, Felicia, dan Imam Ghozali. “Pengaruh Ukuran Komite Audit, Audit Eksternal, Jumlah Rapat Komite Audit, Jumlah Rapat Dewan Komisaris dan Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba.” Diponegoro Journal of Economics 6, no. 2 (2017): 1–12.
Maulana, Choirul Arif, Yus Sholva Riza, dan Fauzan Asrin. “Aplikasi Berbasis Web untuk Manajemen Ruangan, Presensi, dan Notulensi Rapat Pada Bappeda Kota Pontianak.” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika 6, no. 2 (2023): 191–203. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v6i2.206.
Michael, Tomy. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi Kedua. CV. R.A.De.Rozarie (Anggota Ikatan Penerbit Indonesia), 2017.
Purba, Eduard Hotman, Dedeh Supriyanti, dan Arsi Yulianjani. “Sistem Informasi E-Meeting Berbasis Web Sebagai Pengelolaan Rapat Terpadu.” Journal Cerita: Creative Education of Research in Information Technology and Artificial informatics 9, no. 2 (2023): 202–10. https://doi.org/10.33050/cerita.v9i2.2879.
Rahman, Abdul, Mulkan Habibi, Ali Noer Zaman, Hamka Hamka, dan Muhammad Sahrul. “Edukasi Kebijakan Organisasi Adaptif di Era VUCA pada Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Leuwiliang Bogor.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12, no. 3 (2021): 542–48. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.7133.
Rahmi, L, dan J Jamal. “Kepemimpinan dan birokrasi perpustakaan dalam perspektif Islam: Sebuah tinjauan teoritis untuk masa depan.” Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip … 10, no. 1 (2018): 63–82. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.6.
Rismayana, Aris H., dan Vivi Apriliani Nur. “Sistem Informasi Agenda Rapat Berbasis WEB Menggunakan SMS Gateway (Studi Kasus Politeknik TEDC Bandung).” TEDC 10, no. 1 (2016): 35–41.
Rizal, Muhammad, dan Muhammad Guntur Alting. “Teori Alam Dalam Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Teori Manajemen Waktu Dalam Penciptaan Alam.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 20, no. 2 (2023): 227–42. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.830.
Sanusi, Tabsir, Syamsu Nujum, dan Ramlawati3. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Organisasi, Dan Perilaku Teknopreneurship Terhadap Kinerja Pesantren Nahdlatul Ulum Maros.” Jurnal Akuntansi & Sistem Informasi (JASIN) 1, no. 1 (2023): 289–301.
Sunarso, Ali. “Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius.” Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 10, no. 2 (2020): 155–69. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23609.
Suryana, Aep Tata, dan Zenda Kirana. “Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Citra Lembaga.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 7, no. 2 (2022): 185–94. https://doi.org/10.15575/isema.v7i2.19328.
Susyanto, Babara. “Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022): 692–705. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1072.
Wibowo, Adi, dan Ahmad Zawawi Subhan. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 3, no. 2 (2020): 108–16.
Yusuf, Achmad. “Strategi Pembentukan Karakter Inklusif-Pluralis Melalui Keteladanan Multikultural Kiai Di Pesantren Ngalah Pasuruan.” Pendidikan Multikultural 3, no. 1 (2019): 1–20. https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2549.
Yusuf, M. “Manajemen Rapat, Teori dan Aplikasinya dalam Pesantren.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 10(2) (2020): 154–66.
———. “Pendidikan karakter, Konsep Dan Aplikasinya Pada Sekolah Berbasis Agama Islam.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017): 14–22.

PlumX Metrics

Published
2024-05-07
How to Cite
Yusuf, M., & Sodik, M. (2024). Membangun Blueprint untuk Manajemen Rapat yang Efektif pada Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.26533/prophetik.v2i1.3567