Story Telling Bermuatan Kisah Nabi untuk Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
Akhlak merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan individu. Individu yang memiliki akhlak yang baik akan mampu membangun kualitas diri serta memberikan dampak positif yang luas bagi lingkungan. Problematika yang sering dijumpai saat ini adalah banyaknya siswa sekolah dasar yang memiliki akhlak kurang baik. Meski peserta didik memiliki akhlak yang kurang baik, peserta didik masih memungkinkan untuk dapat membentuk akhlak yang baik dengan menggunakan berbagai intervensi. Teknik modifikasi perilaku yang dapat diterapkan untuk membina akhlak yang baik adalah storytelling. Pelaksanaan storytelling memerlukan media yang sesuai untuk membentuk perilaku baru dalam hal ini akhlak yang baik. Pemilihan penerapan media pembelajaran berbasis cerita kisah teladan Nabi dirasa tepat karena diasumsikan anak usia sekolah dasar menyukai bentuk penyampaian informasi berbentuk cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan prinsip dasar kahlak; (2) Mendeskripsikan konsep storytelling bermuatan kisah-kisah Nabi untuk membentuk akhlak siswa pendidikan dasar; (3) Memberikan rekomendasi rancangan implementasi storytelling bermuatan kisah-kisah Nabi untuk membentuk akhlak siswa pendidikan dasar. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangsih pada bidang modifikasi perilaku yang dapat digunakan oleh guru, terapis, dan konselor dalam membantu siswa menumbuhkan akhlak yang mulia.
Downloads
References
Aliyah, S. 2011. Pengaruh Metode Storytelling dengan Media Panggung Boneka terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini. (Tesis). Sekolah Pasca Sarjana, UPI, Bandung.
Aminudin. 2009. Belajar Menjadi Seorang Pendongeng. Bandung: PT Pribumi Mekar.
Cahyaningsih, D. (2022). Implementasi Kisah Keteladanan Nabi Ulul Azmi Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral di Kelompok B RA Al-Ma’rifah Koripandriyo Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. Repository IAIN Kudus.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
DeMario, N. C., & Crowley, E. P. (1994). Using applied behavior analysis procedures to change the behavior of students with visual disabilities: A research review. Journal of Visual Impairment & Blindness.
Fauziyah, Nabila Nurul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Kisah Teladan Nabi Yusuf Menggunakan Metode Small Group Discussion Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Boyolali Kab. Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Other Thesis, IAIN Salatiga.
Fitrianti, D.E. (2019). Peningkatan Karakter Moral Anak Usia 5-6 Tahun melalui Cerita Nabi Ibrahim di Taman Kanak-kanak Harapan Ibu Kabupaten Pasaman Barat.
Hsieh, H.-F., & Shannon, S. E. (2005). Three approaches to qualitative content analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.
Indreswari, Henny. (2022). Play Therapy Bermuatan Permainam Tradisional untuk Melatih Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. JKI (Jurnal Konseling Indonesia). Vol.7 No.2.
Khotimah, Husnul. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi Pembelajaran Story Board Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Keteladanan Nabi Yunus A.S dan Nabi Ayyub A.S Kelas VIII MTs Nurul Hikmah Tinjoan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Marjuki. (2009). Akhlak Mulia (Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika Dalam Islam). Yogyakarta: Debut Wahana.
Maulida, Gina. (2024). Implementasi pembelajaran aqidah akhlak melalui metode kisah materi teladanku Nabi Ayub AS pada siswa kelas VI dI MI Walisongo Podo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Mulyaningsih, L. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Buku Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW (Study Kasus di PAUD Terpadu Malikah Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Institut PTIQ Jakarta.
Muslih, M. (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kisah Nabi Sulaiman pada SD Attarbiyah Al-Islamiyah dan SD Islam Al-Falah di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.
Nofialisman, R. & Murniyetti. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Islam: An-Nuha. 285-291
Nurcahyani, Kusumastuti Dina. 2010. Pengaruh Kegiatan Storytelling Terhadap Pertumbuhan Minat Baca Siswa Di Tk Bangun 1 Getas Kec. Pabelan Kab. Semarang.Semarang: Skripsi Universitas Diponegoro (tidak diterbitkan).
Saadah, Leni. A.Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tentang Kisah Nabi Sulaiman Melalui Movie Learning Dan Metode Story Telling Pada Siswa Kelas V SDN Torongrejo 01 Junrejo. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora. Vol. 1. No.4.
Sahnan, A. 2018. Konsep Akhlak dalam Islamdan Kontribusinya Terhadap Konseptualisasi Pendidikan Dasar Islam. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar STAIN Curup. Vol. 2, no. 2.
Salim, M.R. (2019). Penerapan Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol.3. No.7.
Sarafino, E.. (2012). Applied Behavior Analysis. Principles And Procedures For Modifying Behavior. Wiley.
Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.
Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. No.2
Suryadarma, Y., & Haq, A.H. (2015). Pendidikan Akhlak menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2)
Tawney, J. W., & Gast, D. L. (1985). Single subject research in special education. Merrill.
Ulfadilah, I., & Dini, A. D. (2023). Peran Guru dan Orang Tua terhadap Stimulasi Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal.Fkip-Ugm.Ac.Id, 08(01).
Widyaningsih, B. (2022). Penanaman Nilai Karakter melalui Bercerita Menggunakan Kisah Nabi pada Anak Usia Dini.
Wuryandani, Sapriya, B.M., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. XXXIII. No.2
Copyright (c) 2024 Novia Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License