IMPLEMENTASI STRATEGI BENCHMARKING DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

  • Laela Fitriana Universitas Islam Balitar
Abstract views: 287 , PDF downloads: 589
Keywords: Strategi, Benchmarking, Kinerja

Abstract

Dewasa ini lembaga pendidikan Islam sudah banyak diburu oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu sangat perlu bagi lembaga pendidikan islam melakukan terobosan – terobosan yang mampu meningkatkat branding serta mutu dari lembanya tersebut. Di sisi lain muncul juga kekawatiran bahwa lembaga pendidikan Islam yang tidak mampu merespon kebutuhan masyarakat akan kehilangan kepercayaan bagi costumer. Perlu diketahui bahwa lingkungan yang ada sesungguhnya selalu bergerak, berubah, dan membawa pengaruh yang sangat besar bagi lembaga pendidikan. Perubahan inilah yang seharusnya diantisipasi oleh lembaga pendidikan dengan mempersiapkan strategi yang berorientasi pada peningkatan mutu dan kinerja lembaganya, sehingga diharapkan sebuah lembaga mampu mempertahankan eksistensi dan mampu meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan secara komprehensif melalui: a) penyesuaian visi, misi, dan tujuan sekolah, b) analisis lingkungan strategis, c) menentukan topic benchmarking, d) menentukan lembaga unggul tujuan benchmarking, dan e) membentuk tim benchmarking. (2) Pelaksanaan studi benchmarking di lembaga tujuan menggunakan metode wawancara/diskusi, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data hasil studi benchmarking tersebut selanjutnya diadaptasi dan diseleksi dengan mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya; culture, kapasitas sumber daya manusia dan budgeting dengan berpegang pada prinsip “Tetap memelihara hal hal yang lama yang baik dan mengambil hal-hal yang baru yang lebih baik” (Al – muhafadhotu alal qodim as – shaleh, wal akhdzu bil jadid al - ashlah). (3) Pengendalian benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan melalui komunikasi yang intens antara pimpinan, bawahan, dan seluruh stakeholders pendidikan dapat menjadikan penerapan strategi lebih efektif, karena mampu mendeteksi sedini mungkin berbagai kendala yang dihadapi para bawahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arcaro, Jaromes S. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah

Penerapan. terj. Yosai Triantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Dirgantoro, Crown. Manajemen Strategik: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: Grasindo,

Frandsen, Finn, et all. Public Relations and Communication Management: The State of the

Profession. Slovenia: Bledcom Academic, 2012.

Idrus, Ali. Manajemen Pendidikan Global: Visi, Aksi, dan Adaptasi. Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan

Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Mulyadi. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing

Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. Islamic Leadership (Membangun SuperLeadership Melalui

Kecerdasan Spiriual). Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Tjiptono, Fandi dan Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi, 2003.

Watson, Gregory H. Strategic Benchmarking (Mengkur Kinerja Persahaan Anda Dibandingkan

Perusahaan-perusahaan Terbaik Dunia). Terj. Robert Haryono Imam dan Titis Eddy Arini.

Jakarta: Gramedia Pustaka, 1996.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno, Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi, dan Isu

Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2011.

PlumX Metrics

Published
2023-06-01
How to Cite
Fitriana, L. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI BENCHMARKING DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 33-49. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i1.2592
Section
Articles