STATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 NGANJUK


Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra MTs Negeri 2 Nganjudan upaya kepala sekolah MTs Negeri 2 Nganjuk untuk meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumenter. Analisis data dengan reduksi data kemudian display data/menjelaskan data dengan singkat, kemudian penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah citra MTs Negeri 2 nganjuk dalam kondisi baik. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan citra sekolah dengan cara 1) meningkatkan personality/karakteristik sekolah yang meliputi: a) kepercayaan masyarakat b) tanggung jawab sosial 2) meningkatkan Reputation/Reputasi sekolah yang meliputi: a) kinerja guru/karyawan b) keamanan transaksi sebuah bank 3) meningkatkan Value/Nilai-nilai sekolah yang meliputi a) budaya lembaga yang meliputi sikap manajemen yang peduli terhadap pelanggan sekolah b) karyawan yang cepat tanggap terhadap permintaan maupun keluhan pelanggan 4) Corporate Identity/Identitas sekolah yang meliputi komponen komponen yang mempermudah mengenal publik sasaran terhadap lembaga seperti, warna dan slogan 5) membuka program kelas bina prestasi dan bilingual.
Downloads
References
Copyright (c) 2022 Laily Nur Syayidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License