STATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DENGAN MENGAITKAN NILAI KEISLAMAN DI MTS NEGERI 2 NGANJUK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra MTs Negeri 2 Nganjuk dan upaya kepala sekolah MTs Negeri 2 Nganjuk untuk meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumenter. Analisis data dengan reduksi data kemudian display data/menjelaskan data dengan singkat, kemudian penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah citra MTs Negeri 2 nganjuk dalam kondisi baik. Kepala sekolah selalu di tuntut untuk meningkatkan serta mengembangkan kualitas mutu dan citra sekolahnya, mengingat pentingnya citra sekolah akan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat secara signifikan terhadap suatu lembaga pendidikan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan citra sekolahnya yang di antaranya adalah dengan meningkatkan pemasaran dan humas sekolah tersebut. Dalam hadits Bukhari disebutkan bahwa hubungan atau silaturrahmi sangatlah penting untuk memperarat persaudaraan dalam pembentukan relasi.
Downloads
References
Agus maimun dan Agus zainul fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif
di Era Kompetitif. Malang :UIN MALIKI PRESS, 2010.
Alma, Buchari dan Ratih Hurriyati, Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa
Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009.
Alma, Buchari. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2003.
Alma, Bukhari. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2003.
Barnawi & Mohammad Arifin. Buku Pintar mengelola sekolah swasta. Jakarta: AR-RUZZ
Media, 2014.
Daryanto. Administrasi Pendidikan. Jakarta:Reneka Cipta, 2010.
Fatkuroji. Desain Model Manajemen Pemasaran berbasis layanan Jasa Pendidikan Pada
MTs Swasta se-Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Islam, volume 9, No.1, 2015.
Fradito, Aditia. Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga
Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Sdi Surya Buana Dan Min Malang 2). Tesis, UIn
Malang, 2016, 34.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara,
Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta:
Familia, 2012.
Hidayat, Ara dan Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan : Konsep, Prinsip, dan Aplikasi
dalam mengelola Sekolah dan madrasah. Yogyakarta : kaukaba, 2012.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press,
Jawahirul Bukhori, Toha putra, 2010.
KBBI, Ofline.
Kotler, Philip. Marketing Management. Edisi Bahasa Indonesia. Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Prenhallindo, 2002.
Mamarah, Siti, Strategi Peningkatan Mutu Dan Citra (Image) Sekolahdasar Negeri Di
Ungaran Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 3, No. 1, 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Putra, Nusa dan Santi Lisnawati. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Qur’an in word, 2007
Sabrina, Shintia. Pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat (Humas) di SMA
Negari 12x11 enam lingkungan kabupaten padang pariman. Jurnal administrasi
Pendidikan, Volume 2 No.1, 2014.
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. Dasar- Dasar Public Relation. Bandung :Remaja
Rosdakarya, 2003.
Tim Pustaka Agung Harapan. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
UU RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika,
Zamroni. Managemen Pendidikan. Yogyakarta: PsapMuhammadiyah, 2007.
Copyright (c) 2023 Mohamad Sodik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License