Kontribusi Empati Bagi Perilaku Prososial Pada Remaja

  • Hana Athia Akhzalini Universitas Islam Balitar Blitar
Abstract views: 62 , PDF downloads: 55
Keywords: empati, perilaku prososial

Abstract

Tingkat kepekaan perilaku prososial cenderung menurun di kalangan remaja. Remaja dianggap sukses melewati masa anak dan masa remaja, apabila mampu mengembangkan kompetensi sosial, salah satunya yaitu perilaku prososial. Perilaku prososial memerlukan penelitian  lebih mendalam kembali. Jumlah artikel dan buku yang diterbitkan mengenai prososial lebih sedikit dibanding mengenai antisosial. Pada akhir tahun 2003, prososial merupakan kata kunci di 1.600 catatan PsycINFO, sedangkan antisosial adalah kata kunci di 3.850 catatan. Anak dan remaja yang memiliki empati akan lebih mudah untuk berperilaku prososial. Kajian terhadap faktor-faktor pembentuk empati anak dan remaja menjadi penting mengingat tingginya kasus perilaku negatif yang terjadi di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi empati terhadap perilaku prososial pada remaja. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek yang digunakan sebanyak 303 siswa kelas X SMAN di Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan Prosocial Tendencies Measure–Revised (PTM-R), dan Interpersonal Reactivity Index (IRI). Analisis data yang digunakan yaitu model analisis Hayes. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi empati terhadap perilaku prososial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cosma, A., Teutsch, F., & Walsh, S. (2013). Bullying & fighting. hbsc’s violence & injury revention.
Davis, M. H. (1980). Measuring individual differences in empathy: evidence for a multidimensional approach. journal of personality & social psychology , 25, 70–87.
Deater-Deckard, K., Dunn, J., O’Connor, T. G., Davies, L., & Golding, J. (2001). Using the stepfamily genetic design to examine gene–environment processes in child and family functioning. marriage and family review, 33, 131–156
Eisenberg, N. (2000). Emotion, regulation, and moral development. annu. rev. psychol, 51, 665–697.
Estévez, Estefanía, Jiménez, Teresa I., & Musitu, Gonzalo. (2008). Violence and victimization at school in adolescence. psychology in the schools, 79-115.
Gordon, H. (2013). Investigating the relation between empathy and prosocial behavior: an emotion regulation framework. master thesis in psychology, virginia polytechnic institute and state university.
Hastings, P. D., Utendale, W. T., & Sullivan, C. (2007). The socialization of prosocial development. handbook of socialization.
Hirschberger, G., & Lifshin, U. (2013). Prosocial behaviors. oxvord bibliografi. doi: 10.1093/obo/9780199828340-0104.
Sholeh, M (2010), Al Hadits. Kairo, 55.
Soto & John. (2011). Development of Big Five Domains and Facets in Adulthood: Mean-Level Age Trends and Broadly Versus Narrowly Acting Mechanisms. Journal of Personality. 10. 1467-6494
Stellar, J. E., Manzo, V.M., KrausM.W., & Keltner, D. (2011). Class and compassion: socioeconomic factors predict responses to suffering. american psychological association, 12(3). 449–459.
Veenstra, R. The development of dr. jekyll and mr. hyde: prosocial and antisocial behaviors in adolescence.
Walker, L. M., & Carlo, G. (2014). Prosocial development: a multidimensional approach. new york: oxford university press.
Wentzel, K. R., McNamara, B. C., & Caldwell, K. A. (2004). Friendships in middle school: influences on motivation and school adjustment. journal of education psychology, 96(2). 195–203.
Wettstein, A., Brendgen, M., Vitaro, F., Guimond, F. A., Dubois, N., (2013). The additive and interactive roles of aggression, prosocial behavior, and social preference in predicting resource control in young children. journal of aggression, conflict and peace research, 5(3). 179-196.
Wiliam, A., O’Driscoll, K., & Moore, C. (2014). The influence of empathic concern on prosocial behaviors in children. developmental psychology article.
Zgourides, G. (2000). Developmental psychology. idg book worldwide, inc.

PlumX Metrics

Published
2024-05-07
How to Cite
Akhzalini, H. A. (2024). Kontribusi Empati Bagi Perilaku Prososial Pada Remaja. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 60-67. https://doi.org/10.26533/prophetik.v2i1.3561