STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 KOTA KEDIRI
Abstract
Kepala sekolah harus memiliki visi dan misi, serta strategi manajemen pendidikan secara utuh dan berorientasi kepada mutu pendidik, siswa dan sekolah. Kerja sama antara kepala sekolah, guru, dan anggota sekolah yang lain sangat di butuhkan dalam kelancaran memajukan mutu dan kualitas sekolahnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru baik dari program maupun upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional para gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam tentang strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan professional guru di MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melalui teknik trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepala sekolah untuk mengembangkan penguasaan guru terhadap materi pembelajaran terbagi menjadi beberapa hal yaitu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), supervisi, pembinaan rutin Dan Penugasan. (2) Strategi kepala sekolah untuk pengembangan materi pembelajaran melalui pembinaan IT dan memfasilitasi para guru. (3) Strategi kepala sekolah untuk penguasaan guru terhadap berbagai metode pembelajaran melalui MGMP, pelatihan dan pembinaan. (4) Strategi kepala sekolah mengarahkan guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran melalui Supervisi pendidikan. (5) Strategi kepala sekolah dalam mengorganisasikan program pembelajaran melakukan Review Kurikulum setiap awal semester atau setiap setahun sekali.
Downloads
References
Basrowi dan Suwandi. “Memahami penelitian Kualitatif.” Jakarta: Rineka Cipta, (2008).
Bawafi, Husni. “Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Implementatifdi SMA Negeri 2 Sragen).” Yogyakarta: PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA. (2011).
Budiman, Nasir dkk. “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (skripsi, tesis dan disertasi).” Banda aceh: Ar-raniry press. (2004).
Danim, S. “Profesionalisasi dan Etika Profesi guru.” Bandung. PT. Sinar Baru. (2013).
E. Mulyasa. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional.” Bandung: Remaja Rosdakarya. (2006).
--------. “Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.” Bandung: Remaja Rosdakarya. (2008).
Engkoswara. “Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Otonomi.” Bandung: Yayasan Amal Keluarga. (2001).
Faustino, Cardoso Gomes. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” Yogyakarta: Penerbit Andi. (2003).
Gunawan, Ary. H. “Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro).” Jakarta: Rineka Cipta. (2002).
Hamalik, Oemar. “Pendidikam Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.” Jakarta: Bumi Aksara. (2004).
Hasibuan, Malayu S. P. “Manajemen, Dasar, Pengertian, Dan Masalah Edisi Revisi.” Jakarta: PT. Bumi Aksara. (2003).
Kartadinata, Sunaryo. “Pendidikan dan Pengembangan SDM Bermutu Memasuki Abad XXI.” Purwokerto: Makalah Konvensi. (1997).
Kunandar. “Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (2008.)
Lexy Moleong, J. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Bandung: Remaja Rosdakarya. (2002).
Mardalis. “Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, edisi I,cet.10.” Jakarta: bumi aksara. (2008).
Maryono. “Dasar-dasar & Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan.” Jogyakarta: Ar-Ruzz Media. (2011).
Mu’ti, Abdul. “Teknis Penskoran dan pemeringkatan Hasil Akriditasi SMP/MTs.” Jakarta: Badan Akrideitasi Nasional Sekolah/Madrasah. (2014).
Nawawi, Hadari. “Metodologi Penelitian Bidang Sosial.” Yogyakarta: Gajah Mada Press. (2005).
Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln. “Handbook of Qualitatif Research. USA: Sage Publication, Inc, 2000).” Terjemahan Indonesia oleh Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2009).
Pius A. Partanto and M. Dahlan Al Barry. “Kamus Ilmiah Populer.” Surabaya: Arkola. (1994).
Rahman, Nazarudin. “Paradigma Holistik Pengembangan Madrasah.” Yogyakarta: Pustaka Felicha. (2010). Cet. Ke-1.
Sa‟ud, Udin Syaefudin dan Syamsuddin Makmun Abin. “Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (2006).
Sagala, Syaiful. “Kemampuan Profesional dan Guru dan Tenaga Kependidikan.” Bandung: Alfabeta. (2009).
Sagala. “Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.” Bandung: Alfabeta. (2011).
Sanjaya, Wina. “Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (2011).
--------, “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.” Jakarta: Kencana. (2007).
Singarimbun, Masri dan sofyan efendi (ed). “Metode Penelitian Survey.” Jakarta: LP3ES. (1994).
Suderadjat, Hari. “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.” Bandung: Cipta Cekasa Grafika. (2005).
Sudjana, Nana. “Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah.” Bandung: Sinar Baru Algensindo. (2008).
Syafaruddin. “Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi.” Jakarta: Grasindo. (2005).
Tim Redaksi Sinar Grafika. “Undanng-Undang Sisdiknas 2003.” Jakarta: Sinar Grafika. (2007).
Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. (2016).
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara. (2006).
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasiaonal Nomor 20 Tahun 2003.
Uno, Hamzah B. “Profesi Kependidikan.” Jakarta: Bumi Aksara. (2008).
Usman, Husain dan Purnomo Setya Diabad. “Metode Penelitian Sosial.” Jakarta: bumi aksara. (1996).
Usman, Abdul Halim. “Manajemen Strategik Syariah.” Jakarta: zikrul hakim. (2015).
Usman, Moh. Uzer. “Menjadi Guru Profesional.” Bndung: PT. Remaja Rosda Karya. (2008).
Wahyosumidjo. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya.” Jakarta: Rajagrafindo Persada. (2007).
Wahyudi. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran (Learning Organization).” Bandung: Alfabeta. (2012).
Wirawan. “EVALUASI: Teori, Model, Standar, Aplikasi,dan Profesi.” Jakarta: Rajawali Pers. (2011).
Zazin, Nur. “Gerakan Menata Mutu Pendidikan.” Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA. (2011).
Copyright (c) 2024 Siti Nurlatifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License