PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik <p>PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman adalah Jurnal dengan dua jenis; penelitian dan ide konseptual. Penelitian ini terdiri dari laporan ilmiah yang meningkatkan pengetahuan tentang studi Islam dari enam topik. Ini dapat mencakup artikel yang melaporkan hasil studi penelitian kuantitatif atau kualitatif. Gagasan konseptual menerbitkan artikel-artikel yang secara konseptual relevan dengan kajian Islam sesuai dengan teori, model, atau posisi filosofis yang ada dalam kajian Islam tersebut.</p> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p> <ol> <li class="show">Copyright on any article is retained by the author(s).</li> <li class="show">The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li> <li class="show">The article and any associated published material is distributed under the&nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a></li> </ol> prophetik@unisbablitar.ac.id (-) Tue, 20 Dec 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERMAINAN SUPER HERO UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2589 <p>Perilaku prososial ini sangat perlu ditanamkan sedini mungkin. Periode emas pada anak usia dini merupakan saat yang tepat untuk memulai menanamkan nilai-niai baik dalam kehidupan yang akan berguna di masa depan. Masa anak-anak adalah waktu mereka untuk bermain. Melalui bermain mereka mendapatkan hal positif dalam diri mereka. Pada saat bermain inilah dapat dimanfaatkan secara tepat untuk mengenalkan dan mengajari anak tentang nilai-nilai yang baik, salah satunya yaitu perilaku prososial. Metode bermain super hero ini dipilih karena anak-anak sudah lekat sebelumnya dengan gambaran seorang super hero. Dari tokoh super hero tersebut bisa dipetik nilai-nilai positif untuk anak yang dapat anak-anak langsung perankan dan secara tidak langsung hal ini merupakan salah satu cara penanam perilaku prososial pada diri anak.</p> Hana Athia Akhzalini Copyright (c) 2022 Hana Athia Akhzalini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2589 Tue, 20 Dec 2022 12:49:24 +0000 MORALITAS EKONOMI PANCASILA DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNEJ https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2593 <p>Unsur yang mendasari manusia dalam melakukan seuatu yakni moral. dalam melakukan kegiatan ekonomi didorong oleh moralitas ekonomi. idealnya di indonesia memakai ekonomi pancasila. dalam praktiknya tidak semua dalam melakukan kegiatan ekonomi berlandaskan pancasila. tentunya hal ini berbeda ras, pola pikir dan pengambilan keputusan antara laki-laki dan perem pian. metode yang digunakan adalah kualitatif. jenis pendekatan case study. pemilihan subyek digunakam dengan purposive sampling. dalam penerapan moral kebenaran, moral kemanusiaan, dan kesepakatan laki-laki lebih dominan. dan moral kerukunan dan moral keadilan perempuan lebih dominan.</p> Winang Surya Utama Copyright (c) 2022 Winang Surya Utama https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2593 Tue, 20 Dec 2022 12:47:02 +0000 HUBUNGAN IMAGE SEKOLAH TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MASUK DI MTS. NEGERI 2 NGANJUK https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2590 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui image/citra MTs Negeri 2 Nganjuk dan hubungan image/citra sekolah terhadap minat siswa untuk masuk di MTs negeri 2 Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Nganjuk, pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, analisis penelitian dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah image/citra sekolah di MTs Negeri 2 Nganjuk masuk dalam kategori sangat baik, dengan means/nilai rata-rata 81,18, minat siswa didapatkan means/rata-rata sebesar 60,35, dan terdapat pengaruh signifikan antara antara variabel image sekolah terhadap minat siswa sebesar 24,1%, dengan persamaan regresinya adalah Y = 30,999 + 0,362.X, dengan nilai thitung (7.229) &gt; ttabel (0,05:165) = 1,980 dan sig 0,00 ≤ Alpha (0,05).</p> Mohamad Sodik Copyright (c) 2022 Mohamad Sodik https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2590 Tue, 20 Dec 2022 12:48:22 +0000 STATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MTS NEGERI 2 NGANJUK https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2592 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra MTs Negeri 2 Nganjudan upaya kepala sekolah MTs Negeri 2 Nganjuk untuk meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumenter. Analisis data dengan reduksi data kemudian display data/menjelaskan data dengan singkat, kemudian penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan Triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah citra MTs Negeri 2 nganjuk dalam kondisi baik. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan citra sekolah dengan cara 1) meningkatkan personality/karakteristik sekolah yang meliputi: a) kepercayaan masyarakat b) tanggung jawab sosial 2) meningkatkan Reputation/Reputasi sekolah yang meliputi: a) kinerja guru/karyawan b) keamanan transaksi sebuah bank 3) meningkatkan Value/Nilai-nilai sekolah yang meliputi a) budaya lembaga yang meliputi sikap manajemen yang peduli terhadap pelanggan sekolah b) karyawan yang cepat tanggap terhadap permintaan maupun keluhan pelanggan 4) Corporate Identity/Identitas sekolah yang meliputi komponen komponen yang mempermudah mengenal publik sasaran terhadap lembaga seperti, warna dan slogan 5) membuka program kelas bina prestasi dan bilingual.</p> Laily Nur Syayidah Copyright (c) 2022 Laily Nur Syayidah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2592 Tue, 20 Dec 2022 12:47:40 +0000 STRATEGI BENCHMARKING DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Kasus di MTsN Aryojeding dan SMPI Al-Azhaar Tulungagung) https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2594 <p>Dewasa ini lembaga pendidikan Islam sudah banyak diburu oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu sangat perlu bagi lembaga pendidikan islam melakukan terobosan – terobosan yang mampu meningkatkat branding serta mutu dari lembanya tersebut. Di sisi lain muncul juga kekawatiran bahwa lembaga pendidikan Islam yang tidak mampu merespon kebutuhan masyarakat akan kehilangan kepercayaan bagi costumer. Perlu diketahui bahwa lingkungan yang ada sesungguhnya selalu bergerak, berubah, dan membawa pengaruh yang sangat besar bagi lembaga pendidikan. Perubahan inilah yang seharusnya diantisipasi oleh lembaga pendidikan dengan mempersiapkan strategi yang berorientasi pada peningkatan mutu dan kinerja lembaganya, sehingga diharapkan sebuah lembaga mampu mempertahankan eksistensi dan mampu meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan secara komprehensif melalui: a) penyesuaian visi, misi, dan tujuan sekolah, b) analisis lingkungan strategis, c) menentukan topic benchmarking, d) menentukan lembaga unggul tujuan benchmarking, dan e) membentuk tim benchmarking. (2) Pelaksanaan studi benchmarking di lembaga tujuan menggunakan metode wawancara/diskusi, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data hasil studi benchmarking tersebut selanjutnya diadaptasi dan diseleksi dengan mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya; culture, kapasitas sumber daya manusia dan budgeting dengan berpegang pada prinsip “Tetap memelihara hal hal yang lama yang baik dan mengambil hal-hal yang baru yang lebih baik”. (3) Pengendalian benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan melalui komunikasi yang intens antara pimpinan, bawahan, dan seluruh stakeholders pendidikan dapat menjadikan penerapan strategi lebih efektif, karena mampu mendeteksi sedini mungkin berbagai kendala yang dihadapi para bawahan.</p> Laela Fitriana Copyright (c) 2022 Laela Fitriana https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2594 Tue, 20 Dec 2022 12:46:17 +0000 STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MAN 2 KOTA KEDIRI https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2591 <p>Kepala sekolah harus memiliki visi dan misi, serta strategi manajemen pendidikan secara utuh dan berorientasi kepada mutu pendidik, siswa dan sekolah. Kerja sama antara kepala sekolah, guru, dan anggota sekolah yang lain sangat di butuhkan dalam kelancaran memajukan mutu dan kualitas sekolahnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru baik dari program maupun upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional para gurunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam tentang strategi Kepala Sekolah dalam pengembangan professional guru di MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melalui teknik trigulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi kepala sekolah untuk mengembangkan penguasaan guru terhadap materi pembelajaran terbagi menjadi beberapa hal yaitu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), supervisi, pembinaan rutin Dan Penugasan. (2) Strategi kepala sekolah untuk pengembangan materi pembelajaran melalui pembinaan IT dan memfasilitasi para guru. (3) Strategi kepala sekolah untuk penguasaan guru terhadap berbagai metode pembelajaran melalui MGMP, pelatihan dan pembinaan. (4) Strategi kepala sekolah mengarahkan guru untuk menggunakan berbagai media pembelajaran melalui Supervisi pendidikan. (5) Strategi kepala sekolah dalam mengorganisasikan program pembelajaran melakukan Review Kurikulum setiap awal semster atau setiap setahun sekali.</p> Siti Nurlatifah Copyright (c) 2022 Siti Nurlatifah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/prophetik/article/view/2591 Tue, 20 Dec 2022 12:47:58 +0000