HUBUNGAN IMAGE SEKOLAH TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MASUK DI MTs. NEGERI 2 NGANJUK

  • Mohamad Sodik
Abstract views: 159 , PDF downloads: 101
Keywords: Image Sekolah, Minat siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui image/citra MTs Negeri 2 Nganjuk dan hubungan image/citra sekolah terhadap minat siswa untuk masuk di MTs negeri 2 Nganjuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Nganjuk, pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, analisis penelitian dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah image/citra sekolah di MTs Negeri 2 Nganjuk masuk dalam kategori sangat baik, dengan means/nilai rata-rata 81,18, minat siswa didapatkan means/rata-rata sebesar 60,35, dan terdapat pengaruh signifikan antara antara variabel image  sekolah terhadap minat siswa sebesar 24,1%, dengan persamaan regresinya adalah  Y = 30,999 + 0,362.X, dengan nilai  (7.229) >  (0,05:165) = 1,980 dan sig 0,00 ≤ Alpha (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. “Psikologi Umum”. Jakarta: Rineka Cipta (2003).
Buchari Alma dan Ratih Hurriyati. “Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima”. Bandung: Alfabeta (2008).
Buchari Alma, Ratih Hurriyati. “Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan”. Bandung: Alfabeta (2009).
Buchari Alma, “Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan”. Bandung: Alfabeta (2003).
Anam, Khoirul. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai, Tadarus Di Smp Bani Muqiman Bangkalan”. Jurnal Pendidikan Islam, Volume. 4, No. 2 (2015).
Anwar, Dedik Fatkul. “Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peminat layanan pendidikan di madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta”. Tesis, UIN Sunan Kalijaga (2014).
Bahrul Ulum, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra (Survei pada Warga Sekitar PT. Sasa Inti Gending-Probolinggo)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 8 No. 1 (2014).
Barnawi & Mohammad Arifin. “Buku Pintar mengelola sekolah swasta”. Jakarta: AR-RUZZ Media (2014).
Muhammad Fadhil. “Hubungan Minat Memilih Prrogram Keahlian Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk”. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 4, No. 2 (2017).
Fatkuroji, “Desain Model Manajemen Pemasaran berbasis layanan Jasa Pendidikan Pada MTs Swasta se-Kota Semarang”. Jurnal Pendidikan Islam, volume 9, No.1 (2015).
Fradito, Aditia. “Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Sdi Surya Buana Dan Min Malang 2)”. Tesis, UIN Malang (2016).
KBBI. Ofline.
Khairani, Makmun. “Psikologi Belajar”. Yogyakarta: Aswaja (2013).
Kurnia, Indhira Hari. “Strategi Humas dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta)”. Jurnal UNS, Volume 1, No. 2 (2013).
Mamarah, Siti. “Strategi Peningkatan Mutu Dan Citra (Image) Sekolahdasar Negeri Di Ungaran Semarang”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 3, No. 1 (2016).
Syah, Muhibbin. “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”. (Bandung: Remaja Rosdakarya (2005).
Nurmala, Siti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Ke Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Kependidikan, Volume 42, No. 2 (2012).
Philip Kotler, “Marketing Management, Edisi Bahasa Indonesia”. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo (2002).
Qoimah. “Membangun Pelayanan Publik Yang Prima: Strategi Manajemen Humas Dalam Penyampaian Program Unggulan Di Lembaga Pendidikan”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 1, No. 2 (2018).
Sabrina, Shintia. “Pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat (Humas) di SMA Negari 12x11 enam lingkungan kabupaten padang pariman”. Jurnal administrasi Pendidikan, Volume 2 no.1 (2014).
Sardiman. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Rineka cipta (2011).
Shinta, Agustin. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Slameto. ”Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi”. Jakarta: Renika Cipta (2010).
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. “Dasar- Dasar Public Relation”. Bandung :Remaja Rosdakarya (2003).
Suharsaputra, Uhar. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan”. Bandung: PT Refika Aditama (2012).
Sulistyorini dan Muhammad Fathurrohman. “Esensi Managemen Pendidikan Islam: Pengelolaan Lembaga Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam”. Teras Yokyakarta (2014).

PlumX Metrics

Published
2023-10-03
How to Cite
Sodik, M. (2023). HUBUNGAN IMAGE SEKOLAH TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MASUK DI MTs. NEGERI 2 NGANJUK. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 13-21. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3228