PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI KLINIK PENULISAN

  • Yuswa Istikomayanti Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Zuni Mitasari Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi
Abstract views: 389 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 299

Abstract

Hasil penyusunan perangkat, uji validasi, dan uji terbatas telah menghasilkan perangkat kurikulum klinik penulisan ilmiah yang valid atau sesuai dengan kebutuhan. Hasil uji lapangan atau disseminasi terbatas menghasilkan peningkatan gain skor pada aspek keterampilan menulis ilmiah dan keterampilan berfikir kritis atau penalaran, serta komunikasi. Perbandingan perlakuan guided inquiry dan independent inquiry pada kedua populasi menunjukkan hasil yang berbeda. Hasil analisis keterampilan penalaran mahasiswa sebagian besar dalam taraf pemikir pemula dan sebagian kecil dalam taraf pemikir mandiri. Hasil ini menurut analisis SWOT merupakan pemacu untuk lebih meningkatkan strategi pengembangan mahasiswa salah satunya melalui pembinaan komunitas penalaran dengan meningkatkan sinergisme kegiatan penalaran mahasiswa oleh dosen sebidang ilmu atau interdisipliner dalam tingkat program studi, fakultas bahkan universitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asemanyi, A. 2015. An Assessment of Students’ Performance in Communication Skill: A Case Study of The University of Education Winneba. Journal of Education and Practice. 6 (35): 1-7.
Carbogim, F. D., Larissa B. D., Erica M. 2017. Teaching Critical Thinking Skills Through Problem Based Learning. Texto Contexto Enferen. 26:1-10.
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. Corwin: USA.
Hall, S.K. 2017. Practise Makes Perfect: Developing Critical Thinkinga and Effective Writing Skills in Undergraduate Science Students. 3rd International Conference on Higher Education Advances
Karavoc, M. 2016. The Significance of Critical Thinking Ability in Terms of Education. International Journal of Humanities and Social Science. 6(7): 81-84.
Klimova, B. F. 2013. Developing Thinking Skills inThe Course of Academic Writing. Procedia-Social and Behavioral Science 93:508-511.
Mulia, K. And Elsa K. 2014. Communication Skill Courses: Enhanching Presentation and Proposal Writing Skills of Chemical Engineering Students. 121st ASEE Annual Conference & Exposition. June 15-18th 2014.
OECD. 2018. Skills for 21st Century: Findings and Policy Lessons from the OECD Survey of Adult Skills. http://www.oecd.org/officialdocuments/publicdisplaydocumentpdf/?cote=EDU/WKP(2018)2&docLanguage=En
Rodzalan, S., A., and Maisarah M. S. 2014. The Perception of Critical Thinking and Problem Solving among Malaysia n Undergraduate Students. Procedia-Social and Behavioral Science 172:725-732.
Simsek, P., and Filiz K. 2010. The Effects of Inquiry-Based Learning On Elementary Students’ Conceptual Understanding of Matter, Scientific Process Skills and Science Attitudes.
Thiagarajan. Semmel S. And Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University, Bloomington.
World Bank. 2010. Indonesia Skills Report: Trends in Skill Demand, Gaps, and Supply in Indonesia. Report No.54741-EAP.

PlumX Metrics

Published
2019-01-01
How to Cite
Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2019). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI KLINIK PENULISAN. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 1-11. https://doi.org/10.35457/konstruk.v11i1.660