PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR
Abstract
Riset ini mengungkapkan pengorganisasian supervisi pembelajaran
berbasis tim partisipatif di tiga sekolah menengah pertama di Blitar,
Jawa Timur, Indonesia, Riset ini menggunakan studi multisitus dengan
rancangan analisis interaktif dan induksi ubahan. Data dikumpulkan
dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan dilakukan dengan mengecek derajad kredibilitas,
ketergantungan, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Riset ini
menemukan adanya supevisi pembelajaran dilakukan oleh pengawas
dari dinas pendidikan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru
senior dalam mana tanggung jawab dan tanggung gugat dalam
supervisi berada pada kepala sekolah. Riset ini berkesimpulan bahwa:
(1) berdasarkan peran supervisor dimana kepela sekolah sebagai
penanggung jawab supervisi dan dibantu oleh pengawas sekolah, wakil
kerpala sekolah, dan guru senior, pengorganisasian supervisi ini dapat
meningkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, dan
(2) berdasarkan alur kerjanya baik pada perencanaan maupun
pelaksanaan, pengorganisasian supervisi ini dapat meingkatkan hasil
supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, mengembangkan
kemampuan kepemimpinan, ketrampilan administratif, dan
memecahkan masalah pembelajaran. Disarankan bahwa riset ini
ditindak lanjuti dengan Riset dan Pengenbangan untuk menciptakan
model yang kuat yang bisa digunakan secara publik.
Downloads
Copyright (c) 2018 Supriyono Supriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).