PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR

  • Supriyono Supriyono
Abstract views: 293 , PDF downloads: 318
Keywords: supervisi pembelajaran, pengorganisasian, partisipasi, sekolah menengah

Abstract

Riset ini mengungkapkan pengorganisasian supervisi pembelajaran
berbasis tim partisipatif di tiga sekolah menengah pertama di Blitar,
Jawa Timur, Indonesia, Riset ini menggunakan studi multisitus dengan
rancangan analisis interaktif dan induksi ubahan. Data dikumpulkan
dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan dilakukan dengan mengecek derajad kredibilitas,
ketergantungan, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Riset ini
menemukan adanya supevisi pembelajaran dilakukan oleh pengawas
dari dinas pendidikan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru
senior dalam mana tanggung jawab dan tanggung gugat dalam
supervisi berada pada kepala sekolah. Riset ini berkesimpulan bahwa:
(1) berdasarkan peran supervisor dimana kepela sekolah sebagai
penanggung jawab supervisi dan dibantu oleh pengawas sekolah, wakil
kerpala sekolah, dan guru senior, pengorganisasian supervisi ini dapat
meningkatkan hasil supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, dan
(2) berdasarkan alur kerjanya baik pada perencanaan maupun
pelaksanaan, pengorganisasian supervisi ini dapat meingkatkan hasil
supervisi, kompetensi guru, dan kinerja guru, mengembangkan
kemampuan kepemimpinan, ketrampilan administratif, dan
memecahkan masalah pembelajaran. Disarankan bahwa riset ini
ditindak lanjuti dengan Riset dan Pengenbangan untuk menciptakan
model yang kuat yang bisa digunakan secara publik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-01-22
How to Cite
Supriyono, S. (2018). PENGORGANISASIAN SUPERVISI PEMBELAJARAN BERBASIS TIM PARTISIPATIP DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: STUDI MULTI SITUS DI 3 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA BLITAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 130-142. https://doi.org/10.35457/konstruk.v10i1.460