Pelatihan Labelling dan Packaging untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Ngadipuro
Abstract
Pelatihan labelling dan packaging merupakan upaya strategis untuk meningkatkan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui perbaikan manajemen produk.Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, dalam pengemasan dan pelabelan produk. Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh tim mahasiswa yang mengikuti kegiatan Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Islam Balitar pada 7 Desember 2024, dengan metode observasi, identifikasi peserta, dan penyampaian materi interaktif. Hasil observasi menunjukkan bahwa mayoritas produk UMKM, seperti keripik gadung, sale pisang, stik bawang, rempeyek dan sambal pecel menggunakan kemasan sederhana tanpa label informatif, sehingga sulit menembus pasar modern. Materi penyuluhan meliputi pentingnya label sesuai standar peraturan (UU No. 18 Tahun 2012 dan PP No. 69 Tahun 1999) dan fungsi kemasan dalam perlindungan produk serta daya tarik pemasaran. Penyuluhan ini berhasil meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya branding produk melalui kemasan dan label yang menarik, sehingga diharapkan dapat mendukung peningkatan penjualan produk UMKM di pasar yang lebih luas.
References
Agustina, M., Sahfitri, V., Agustini, E. P., & Marlindawati. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Labeling, Packaging dan Marketing Produk Pada UMKM Desa Suka Negeri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 (9).
Augustinah, F., Sholichah, N., & Pramudiana, I. D. (2017). Manajemen Usaha Pembuatan Kemasan Dan Labeling Pada Home Industry Kue Basah Kelompok Dasawisma Kri Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1(2), 147–155.
Irrubai, M. L. (2016). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, Vol. 3 (1), 17-26.
Jamrianti, R. (2021). Pengemasan dan Pelabelan Pangan. Malang: AE Publishing.
Setyowati, E. M., Yuliawan, A.H., Astuti., Gana, H. S., & Mahasti, D. (2023). Optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pelatihan Dasar Manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 8(1), 1174-1181
Sucihati, R. N., Suprianto., Sutanty, M., Haryadi, W., & Isnawati. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Labeling, Packaging dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, Vol. 4(2), 277-282.
Sudrajat, C., & Sugiyanto, P. (2023). Strategi Home Industry Dalam Meningkatkan Eksistensi dan Perannya Terhadap Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Kerupuk di Desa Bungbulang). Jurnal La Maghriba : La Maisir-La Ghoror-La Riba-La Bathil (Jurnal Ekonomi Syariah), Vol. 1(1), 015- 24.
Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, Vol. 8 (1).
Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License