Pelatihan dan Pengolahan Pembuatan Minuman Rempah Peningkat Imun Pada Masa Pandemi Melalui KKN Tematik Covid-19 Unisba Blitar di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar

  • Mohamad Yusuf Ihksanudin Student
Abstract views: 23 , pdf downloads: 9
Keywords: Herbal, Rempah-Rempah,Imunitas, Pandemi

Abstract

Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar merupakan sebuah wilayah yang dipadati oleh beberapa sektor industri. Disamping itu juga terdapat banyak sumber daya alam berupa tanaman rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Keberadaan tanaman rempah-rempah (kunyit, jahe, temulawak, dll) yang sengaja ditanam warga sekitar dan bahkan dapat tumbuh liar diberbagai kondisi tropis ternyata dapat bermanfaat sangat baik untuk tubuh kita jika diolah menjadi minuman.

Kegiatan pengabdian dilakukan dalam rangka pelaksanaan KKN Bersama Melawan Covid-19 Universitas Islam Balitar 2021 dengan memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat mengenai pengolahan dan pembuatan produk minuman yang terbuat dari rempahrempah. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan informasi mengenai pengolahan rempahrempah menjadi minuman tradisional yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pengabdian dilakukan dengan memberikan penjelasan tahapan proses pembuatan, kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa minuman herbal rempah-rempah yang diharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh masyarakat, kemudian dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengolah rempah-rempah khususnya pada masyarakat Kelurahan Kademangan.

References

Dewi, P.J.N., Hartiati, A. and Mulyani, S., 2016. pengaruh umur panen dan tingkat maserasi terhadap kandungan kurkumin dan aktivitas antioksidan ekstrak kunyit (Curcuma domestica Val.). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 4(3), pp.105-115.

Helmalia, A.W. and Dirpan, A., 2019. Potensi Rempah-Rempah Tradisional Sebagai Sumber Antioksidan Alami Untuk Bahan Baku Pangan Fungsional). Canrea Journal: Food Technology, Nutritions, and Culinary Journal, pp.26-31.

Kusumaningrum, I., 2019. Pemanfaatan Sereh (Cymbopogon Citratus) Dan Stevia (Stevia Rebaudiana Bertoni) Untuk Meningkatkan Kandungan Antioksidan Produk Cokelat Yang Rendah Gula. Jurnal Agroindustri Halal, 5(1), pp.075-084.

Mulyani, H., Widyastuti, S.H. and Ekowati, V.I., 2016. Tumbuhan herbal sebagai jamu pengobatan tradisional terhadap penyakit dalam serat Primbon Jampi Jawi jilid I. Jurnal Penelitian Humaniora UNY, 21(2), p.124817.

Pamadyo, S. and Mujahid, R., 2014. Uji Klinik Ramuan Jamu Imunostimulan Terhadap Fungsi Ginjal Dan Fungsi Hati. Jurnal Ilmu Farmasi dan Farmasi Klinik, pp.17-20.
Pebiningrum, A., Kusnadi, J. and Rif'ah, H.I.A., 2018. Pengaruh Varietas Jahe (Zingiber officinale) dan Penambahan Madu Terhadap Aktivitas Antioksidan Minuman Fermentasi Kombucha Jahe. Journal of Food and Life Sciences, 1(2).

Aryanta, I.W. 2019. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Volume 1, No. 2. E-Jurnal Widya Kesehatan

Ahsan, F., Rahmawati, N. Y., & Alditia, F. N. (2020). Lawan Virus Corona: Studi Nutrisi untuk Kekebalan Tubuh. Airlangga University Press.

Izazi, F., & Kusuma, A. (2020). Hasil Responden Pengetahuan Masyarakat Terhadap Cara Pengolahan Temulawak Curcuma Xanthorrhiza) dan Kencur (Kaemferia galanga) Sebagai Peningkatan Imunitas Selama COVID-19 dengan Menggunakan Kedekatan Konsep Program Leximancer. Journal of Pharmacy and Science, 5(2), 93-97

Sutana, I. G., & Dwipayana, A. P. (2020). Perilaku Konsumsi Jamu Covid-19. COVID19: Perspektif Agama dan Kesehatan, 41.

Widyantari, A. S. S. (2020). Formulasi Minuman Fungsional Terhadap Aktivitas Antioksidan. Widya Kesehatan, 2(1), 22-29.
Published
2021-12-31
How to Cite
Mohamad Yusuf Ihksanudin. (2021). Pelatihan dan Pengolahan Pembuatan Minuman Rempah Peningkat Imun Pada Masa Pandemi Melalui KKN Tematik Covid-19 Unisba Blitar di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Science Contribution to Society Journal, 1(2), 13-21. Retrieved from https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/1750