Implementasi Edukasi Menghindari Kesalahan Berpikir pada Mahasiswa Manajemen
Abstract
Dalam sebuah proses pembelajaran, kemampuan dalam pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting yang perlu dimiliki dan dikembangkan bahkan sebagai jantungnya pembelajaran. Pengabdian masyarakat dengan tema implementasi edukasi menghindari kesalahan berpikir pada mahasiswa manajemen ini bertujuan membantu mahasiswa manajemen dalam mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan keterampilan intelektual untuk menghindari kesalahan berpikir. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah secara daring. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam satu tahap, yaitu melakukan presentasi edukasi diskusi menghindari kesalahan berpikir. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2021. Dari pelaksanaan kegiatan didapatkan bahwa sebelum pelaksaaan kegiatan ini, tidak semua peserta telah mengenal dan menggunakan tentang kesalahan berpikir dalam perilaku hidup bermasyarakat sehari-hari dan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi. Berdasarkan dari pelaksanaan kegiatan ini peserta dapat memahami dan berhasil mencoba menerapkan untuk menghindari kesalahan berpikir dalam kehidupan sehari-hari.
References
Browne. M.N.,& Keely, S.M. 2007. Asking The Right Questions: A Guide To Critical Thinking. 8th Edition. New Jersey: Pearson.
Gamut, L.T.F. 1991. Logic, Language, and Meaning: Volume 1 Introduction to Logic. Chicago: The University og Chicago Press.
Genesereth, Michael, Eric Kao. 2013. Introduction to Logic, Second Edition. Synthesis Lecture on Computer Science.
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: depdikbud
Irving, M Copy, Carl Cohan. 1990. Introduction to Logic: Eighth Edition. New York: Macmilan Publishing Company.
McBride, Dawn, J Cooper Cutting. 2016. Cognitive Psychology. United Kingdom: Sage Publications.
McClurg, Andrew Jay. 1988. Logical Fallacies and the Supreme Court : A Critical Analysis of Justice Rehnquist’s Decision in Criminal Procedure Cases. University of Colorado Law Review. Vol: 59.
LaBoissiere, Michael M. 2010. 42 Logical Falacies. Diakses dari ontologist@aol.com.
Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, 29(3).
Siswono,Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Solso, Robert L, dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2021 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License