Implementasi Edukasi Menghindari Kesalahan Berpikir pada Mahasiswa Manajemen

  • M. Boy Singgih Gitayuda Univercitas Trunojoyo Madura
Abstract views: 1543 , pdf downloads: 7081
Keywords: Edukasi, kesalahan berpikir, mahasiswa manjemen

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran, kemampuan dalam pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting yang perlu dimiliki dan dikembangkan bahkan sebagai jantungnya pembelajaran. Pengabdian masyarakat dengan tema implementasi edukasi menghindari kesalahan berpikir pada mahasiswa manajemen ini bertujuan membantu mahasiswa manajemen dalam mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan keterampilan intelektual untuk menghindari kesalahan berpikir. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah secara daring. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam satu tahap, yaitu melakukan  presentasi edukasi diskusi menghindari kesalahan berpikir. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2021. Dari pelaksanaan kegiatan didapatkan bahwa sebelum pelaksaaan kegiatan ini, tidak semua peserta telah mengenal dan menggunakan tentang kesalahan berpikir dalam perilaku hidup bermasyarakat sehari-hari dan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi. Berdasarkan dari pelaksanaan kegiatan ini peserta dapat memahami dan berhasil mencoba menerapkan untuk menghindari kesalahan berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

References

Albrecht, W. S., and C. O. Albrecht. 2004. Fraud Examination and Prevention. Mason, Ohio: Thompson South-Western.

Browne. M.N.,& Keely, S.M. 2007. Asking The Right Questions: A Guide To Critical Thinking. 8th Edition. New Jersey: Pearson.

Gamut, L.T.F. 1991. Logic, Language, and Meaning: Volume 1 Introduction to Logic. Chicago: The University og Chicago Press.

Genesereth, Michael, Eric Kao. 2013. Introduction to Logic, Second Edition. Synthesis Lecture on Computer Science.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: depdikbud

Irving, M Copy, Carl Cohan. 1990. Introduction to Logic: Eighth Edition. New York: Macmilan Publishing Company.

McBride, Dawn, J Cooper Cutting. 2016. Cognitive Psychology. United Kingdom: Sage Publications.

McClurg, Andrew Jay. 1988. Logical Fallacies and the Supreme Court : A Critical Analysis of Justice Rehnquist’s Decision in Criminal Procedure Cases. University of Colorado Law Review. Vol: 59.

LaBoissiere, Michael M. 2010. 42 Logical Falacies. Diakses dari ontologist@aol.com.

Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, 29(3).

Siswono,Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Solso, Robert L, dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

PlumX Metrics

Published
2021-07-20
How to Cite
Gitayuda, M. B. S. (2021). Implementasi Edukasi Menghindari Kesalahan Berpikir pada Mahasiswa Manajemen. Science Contribution to Society Journal, 1(1), 22-30. https://doi.org/10.35457/scs.v1i1.1745