THE EFFECTIVENESS OF CAGE MANAGEMENT TO SUPPORT THE OPTIMIZATION OF EGG PRODUCTION IN THE PANJALU LAYING QUAIL BUSINESS

  • Eko Adi Susilo Universitas Islam Balitar
  • Dicky Surya Panjalu Universitas Islam Balitar
Abstract views: 174 , PDF downloads: 263
Keywords: Effectiveness, Management, Production Optimization, Quail Eggs

Abstract

Di era saat ini usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM sedang mengalami proses membaik dan kebangkitan ekonomi dan usaha pasca pandemi Covid 19. Kita memahami bersama di saat pandemi semua jenis usaha baikdi tingkat level besar, menengah dan kecil mengalami kelesuan yang sangat tinggi, akibatnya tidak heran tidak sedikit jenis usaha yang mengalami gulung tikar, PHK masal, pengusaha atau pekerja UMKM tidak mampu mengembalikan modal usaha, operasional usaha minus terhadap pemasukan yang turun bahkan terjun bebas. Untuk itulah peneliti tertarik untuk mengambil penelitian tentang efektivitas manajemen kandang untuk mendukung optimalisasi produksi telur pada usaha ternak puyuh petelur Panjalu. Lokasi penelitian di Peternak puyuh petelur panjalu berlokasi di Dusun Cepoko, Desa Bendowulung Rt.01/Rw. 04 Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas manajemen kandang untuk mendukung optimalisasi produksi telur pada usaha ternak puyuh petelur Panjalu. Metode penelitan menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kandang untuk mendukung optimalisasi produksi telur pada usaha ternak puyuh petelur Panjalu efektif dengan berbagi upaya seperti: (1 )Lokasi kandang yang relatif jauh dari riuhnya permukiman warga, (2) Mempunyai sirkulasi udara yang baik, (3) Aman dari ancaman binatang pemangsa (Ular, Tikus, Kucing dan sejenisnya, (4) Memiliki sumber air yang selalu tersedia dengan baik, tidak tercemar, terlebih pada saat musim kemarau, (5) Kandang untuk beternak puyuh bukan merupakan kandang bekas ungags lain dan jauh dari kandang unggas lainnya, (6) Menjaga stabilitas suhu , (7) Kandang puyuh posisinya tidak langsung di atas tanah

References

Adi, R. (2004). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum (1st ed.). Jakarta: Granit

Choeronisa S, Sujana E, Widjastuti T. (2016). Performa Produksi Telur Puyuh(Coturnix coturnix japonica) yang dipelihara pada Flock Size yang berbeda. Student e-Journals. (5)2.

Listiyowati E, Roospitasari K. (2007). Puyuh Tata Laksana Budidaya Secara Komersial. Edisi Revisi. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Martini dan Lubis. (1987). Teori Organisasi.Bandung: Ghalia Indonesia.

Panekanan JO, Loing JC, Rorimpandey B, Vwaleleng PO. (2013). Analisis Keuntungan Usaha Beternak Puyuh di Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Jurnal Zootek. (32)5.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Wheindarta HS. (2014). Panduan lengkap Beternak burung Puyuh petelur. Yogyakarta (ID). Lily Publisher.

PlumX Metrics

Published
2022-09-25
How to Cite
Susilo, E. A., & Panjalu, D. S. (2022). THE EFFECTIVENESS OF CAGE MANAGEMENT TO SUPPORT THE OPTIMIZATION OF EGG PRODUCTION IN THE PANJALU LAYING QUAIL BUSINESS. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.35457/translitera.v11i2.2419