Archives

  • Volume 11 Nomor 2 Tahun 2021

    Jurnal Supremasi Volume 11 Nomor 2 Tahun 2021 yang diterbitkan pada September 2021 ini, mengangkat isu-isu hukum termutakhir, termasuk yang terjadi di masa pandemi Covid-19 maupun pasca belakunya UU Cipta Kerja, mulai dari soal regulasi mata uang kripto, online single submission (OSS), alat bukti tidak langsung dalam pembuktian dugaan praktik kartel,  hukum aborsi di Indonesia dan Chili, legitimasi hasil pemilihan umum kepala daerah serentak 2020 di masa pandemi Covid-19, implementasi protokol kesehatan sebagai bentuk pelanggaran pemilihan umum kepala daerah tahun 2020, peranan dan tanggungjawab pemerintah dalam pelayanan kesehatan pasca berlakunya UU Cipta Kerja, problematika pemberian sanksi terhadap penolakan vaksinasi Covid-19, analisis yuridis lembaga pengawas eksternal dalam pengawasan BUMDES,  dan revitalisasi BUMDES.

  • Volume 11 Nomor 1 Tahun 2021

    Jurnal Supremasi Volume 11 Nomor 1 Tahun 2021 yang diterbitkan pada Maret 2021 ini, spesial mengangkat isu-isu mutakhir yang mengemuka di masa pandemi Covid-19, mulai dari soal hukum kewarganegaran, kebebasan berpendapat dalam perspektif Pancasila, soal perlindungan hukum TKI di perbatasan negara, perlindungan hukum pekerja yang mengalami pelecehan seksual, hukum badan usaha, perlindungan konsumen, implikasi hukum transaksi dropship, kebijakan pengaturan pajak hotel dan restoran, persaingan usaha tidak sehat, dan pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan Covid-19.

  • Jurnal Supremasi: Volume 10 Nomor 2 Tahun 2020 Volume 10 Nomor 2 Tahun 2020
    Jurnal Supremasi Edisi September, 2020 terbit dengan mengangkat isu hukum lokal sampai nasional, mengenai: Perlindungan Hukum dari Paparan Asap Rokok di Kota Blitar; Disharmoni dalam Pengaturan Kurikulum, Pendidikan Pancasila, dan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi; Quo Vadis Penentuan Kaidah Hukum bagi Sengketa Pegawai Negeri Sipil; Kedudukan Hukum Pengawas Bank Syariah yang Dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI); Wanprestasi pada Akad Murabahah (Studi Putusan Nomor 1039/Pdt.G/2014/PA.Pbg); dan Tinjauan Yuridis Kebijakan Work From Home Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan.
  • Jurnal Supremasi: Volume 10 Nomor 1 Tahun 2020 Volume 10 Nomor 1 Tahun 2020

    Jurnal Supremasi Edisi Maret, 2020 ini spesial mengandung isi mengenai: Kewenangan Bawaslu dalam Pilkada 2020 Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 48/PUU-XVII/2019, Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Pengaturan dan Pengawasan Jasa Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Financial Technology), Akadrahn Tasjily pada Benda Bergerak dalam Produk Amanah di PT Pegadaian (Persero) Syariah, Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli Rumah/ Rumah Susun sebagai Perlindungan Hukum bagi Penjual dan Pembeli, Kontroversi Perzinahan di Mata Agama dan Hukum yang Berlaku di Indonesia dengan Fakta Lapangan, dan Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Penipuan (Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 482/Pid.B/2018/PN Blt).

  • Jurnal Supremasi: Volume 9 Nomor 2 Tahun 2019 Volume 9 Nomor 2 Tahun 2019

    Jurnal Supremasi, Volume 9, Nomor 2, September 2019 spesial mengangkat isu hukum dalam konteks “KEADILAN”. Keadilan secara konseptual dalam peradilan, keadilan yang termanifestasikan dalam penindakan pelanggaran kampanye Pemilu 2019, dalam kebijakan publik, dalam pengelolaan pedagang kaki lima, dalam penyelesian kredit macet, dan dalam pembagian harta bersama akibat perceraian dalam perkawinan siri.

  • Jurnal Supremasi: Volume 9 Nomor 1 Tahun 2019 Volume 9 Nomor 1 Tahun 2019

    Supremasi, Volume 9, Nomor 1, Maret 2019 spesial mengangkat isu hukum kekinian dalam konteks nasional dan kedaerahan. Mulai dari persoalan layanan jasa taxi online, sampai pada persoalan hak politik warga negara non Muslim sebagai pemimpin, gugatan wanprestasi terhadap pengingkaran janji kampanye oleh Presiden terpilih,  pengaturan pengangkatan Perangkat Desa di Kabupaten Blitar, dan penyelesaian perselisihan perdata masyarakat desa menurut Undang-Undang Desa.

  • Jurnal Supremasi: Volume 8 Nomor 2 Tahun 2018 Volume 8 Nomor 2 Tahun 2018

    SUPREMASI adalah jurnal ilmiah Fakultas Hukum Universitas Islam Balitar Blitar yang dimaksudkan sebagai media untuk mendesiminasikan atau menyebarluaskan berbagai temuan dan penelitian ilmiah di bidang Ilmu Hukum kepada masyarakat. Terbit 2 kali setahun pada bulan Maret dan September. Berisi ulasan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori di bidang Ilmu Hukum. SUPREMASI diterbitkan pertama kali tahun 2016.