Pelatihan Labelling dan Packaging untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Ngadipuro

  • Luhur Aditya Prayudhi Universitas Islam Balitar
  • Yuhanin Zamrodah Universitas Islam Balitar
  • Tri Lathif Mardi Suryanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Abstract views: 38 , PDF downloads: 13
Keywords: Pelatihan, UMKM, labelling, packaging

Abstract

Pelatihan labelling dan packaging merupakan upaya strategis untuk meningkatkan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui perbaikan manajemen produk.Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, dalam pengemasan dan pelabelan produk. Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh tim mahasiswa yang mengikuti kegiatan Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Islam Balitar pada 7 Desember 2024, dengan metode observasi, identifikasi peserta, dan penyampaian materi interaktif. Hasil observasi menunjukkan bahwa mayoritas produk UMKM, seperti keripik gadung, sale pisang, stik bawang, rempeyek dan sambal pecel menggunakan kemasan sederhana tanpa label informatif, sehingga sulit menembus pasar modern. Materi penyuluhan meliputi pentingnya label sesuai standar peraturan (UU No. 18 Tahun 2012 dan PP No. 69 Tahun 1999) dan fungsi kemasan dalam perlindungan produk serta daya tarik pemasaran. Penyuluhan ini berhasil meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap pentingnya branding produk melalui kemasan dan label yang menarik, sehingga diharapkan dapat mendukung peningkatan penjualan produk UMKM di pasar yang lebih luas.

References

Agustina, M., Sahfitri, V., Agustini, E. P., & Marlindawati. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Peningkatan Kualitas Labeling, Packaging dan Marketing Produk Pada UMKM Desa Suka Negeri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 (9).

Augustinah, F., Sholichah, N., & Pramudiana, I. D. (2017). Manajemen Usaha Pembuatan Kemasan Dan Labeling Pada Home Industry Kue Basah Kelompok Dasawisma Kri Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1(2), 147–155.

Irrubai, M. L. (2016). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, Vol. 3 (1), 17-26.

Jamrianti, R. (2021). Pengemasan dan Pelabelan Pangan. Malang: AE Publishing.

Setyowati, E. M., Yuliawan, A.H., Astuti., Gana, H. S., & Mahasti, D. (2023). Optimalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Pelatihan Dasar Manajemen di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 8(1), 1174-1181

Sucihati, R. N., Suprianto., Sutanty, M., Haryadi, W., & Isnawati. (2021). Penyuluhan dan Pelatihan Labeling, Packaging dan Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, Vol. 4(2), 277-282.

Sudrajat, C., & Sugiyanto, P. (2023). Strategi Home Industry Dalam Meningkatkan Eksistensi dan Perannya Terhadap Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Kerupuk di Desa Bungbulang). Jurnal La Maghriba : La Maisir-La Ghoror-La Riba-La Bathil (Jurnal Ekonomi Syariah), Vol. 1(1), 015- 24.

Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, Vol. 8 (1).

PlumX Metrics

Published
2024-12-10
How to Cite
Prayudhi, L. A., Zamrodah, Y., & Suryanto, T. L. M. (2024). Pelatihan Labelling dan Packaging untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Ngadipuro. Science Contribution to Society Journal, 4(2), 30-35. https://doi.org/10.35457/scs.v4i2.4090

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>