Pelatihan Personal Branding dalam Membangun Citra Diri
Abstract
Di era persaingan dan kemajuan global saat ini bahwa keberadaan profesi (termasuk anggota profesi) sangat membutuhkan eksistensi diri untuk dikenal masyarakat. Supaya dikenal maka diperlukan usaha-usaha untuk memperkenalkan diri dengan cara yang sistematis dan berlanjut. Salah satu caranya yaitu dengan membangun citra diri yang baik tentang profesi dan anggota profesi tersebut. Pencitraan selalu berkaitan dengan personal branding yang digunakan untuk mengangkat nama orang atau profesi agar menjadi populer dan dikenal banyak orang. Di era teknologi digital seperti sekarang, banyak orang sukses dengan memanfaatkan media sosial. Seseorang yang awalnya biasa-biasa saja, bisa menjadi terkenal karena melakukan personal branding yang tepat. Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan citra diri ibu-ibu kader PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dengan mendapatkan pengetahuan tentang peningkatan citra diri melalui personal branding dengan mengenali kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri serta citra positif bagi ibu-ibu kader PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Adanya permasalah di PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar pada setiap kadernya karena kurang percaya diri dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat desa maka sangat penting untuk diberikan pelatihan personal branding sehingga mereka akan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Adapun tujuan kegiatan ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dari personal branding untuk membangun citra diri bagi ibu-ibu kader PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar, (2) meningkatkan kemampuan dan profesionalitas dalam praktik personal branding untuk membangun citra diri. Tempat pelaksanaan program pelatihan membangun citra diri dengan personal branding bagi ibu-ibu kader PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dihadiri 60 peserta anggota PKK Desa Kaliboto Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini yaitu meliputi pemberian materi, pelatihan, pembagian angket dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat bahwa kepuasan kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan melalui peningkatan citra diri dengan personal branding bersama FISIPOL Universitas Islam Balitar hasil angketnya sebanyak 61, 8 % sangat setuju dan sebesar 38,2%. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan melalui pelatihan peningkatan citra diri dengan personal branding bersama Universitas Islam Balitar sesuai dengan harapan peserta hasil angketnya sebanyak 56.7% sangat setuju dan sebesar 43.3%. Personil/anggota tim kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan hasil angketnya sebanyak 54.7% sangat setuju dan sebesar 45.3%. Dalam setiap keluhan/ pertanyaan/ permasalahan yang saya ajukan ditindaklanjuti dengan baik oleh narasumber/anggota yang terlibat hasil angketnya sebanyak 69.5% sangat setuju dan sebesar 40.5% dan jika kegiatan ini diselenggarakan kembali, saya bersedia untuk berpartisipasi/terlibat hasil angketnya sebanyak 51.8% sangat setuju dan sebesar 47.2%.
References
Haroen, D., 2014. Kunci kesuksesan anda berkiprah di dunia politik, Jakarta, Gramedia
Maltz, M., 1997. Kekuatan Ajaib Psikologi Citra Diri, Jakarta, Mitra Utama
Ni’mah, U. &., 2017. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Pola Asuh Otoritatif dengan Citra Diri pada Mahasiswi Yang Melakukan Perawatan Wajah di KlinikKecantika, Jurnal Psikologi (12), 69-78
Vandehey, P. M., 2019. The Brand Called You, Create A Personal Brand That Wins Attention And Grows Your Business, New York, McGraw Hill
Copyright (c) 2022 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License