PENGARUH SIKAP TELADAN GURU TERHADAP PERILAKU DAN MORAL SISWA DI SDN 2 GEMBONGAN PONGGOK

  • Siti Nurlatifah Universitas Islam Balitar Blitar
Abstract views: 61 , PDF downloads: 48
Keywords: sikap teladan guru, perilaku, moral siswa

Abstract

Abstark

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh keteladanan guru terhadap moral dan pembentukan kepribadian siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah studi literatur dan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengolah sumber bacaan seperti buku dan refrensi lain yang terkait dengan topik penelitian. Selain itu, peneliti juga melakukan wawancara dengan peserta didik dari gender, dan daerah yang berbeda. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa keteladanan yang diperlihatkan oleh guru memberi persepsi dan pengaruh terhadap cara berpikir dan perilaku peserta didik. Penanaman pendidikan karakter tidak cukup jika hanya sebatas retorika dari guru karena peserta didik juga mengharapkan adanya sinkronisasi antara perkataan dan tindakan guru itu sendiri untuk memberi inspirasi keteladanan. Narasumber juga mengaku bahwa ada cara berpikir dan perilaku dalam dirinya yang terpengaruh dari keteladanan guru.

Kata kunci : Sikap teladan guru; perilaku dan moral siswa

Abstract

This research aims to obtain information about the influence of teacher example on students' morals and personality formation. The research method used is literature study and descriptive research. Data collection techniques are carried out by collecting and processing reading sources such as books and other references related to the research topic. Apart from that, researchers also conducted interviews with four students from different genders, schools and regions. After conducting research, researchers found that the example shown by teachers had a perception and influence on students' way of thinking and behavior. Instilling character education is not enough if it is only limited to rhetoric from the teacher because students also expect synchronization between the words and actions of the teacher himself to provide exemplary inspiration. Four interviewees also admitted that there were ways of thinking and behavior in themselves that were influenced by the teacher's example.

Keywords : The teacher’s exemplary attitude;student behavior and morals.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammd Al-Mighwar.2006. Psikologi Remaja, (Pustaka setia: Bandung) Muhibbin Syah.2009.Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers)
Asmuki dan Wilda Al Aluf.“Pendidikan Karakter di Pesantren”, Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, Vol. 2, No. 2, (Januari 2018)
Abdul Rachman Shaleh.2006. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta: PT.Raja Grafindo persada)
Tohirin. 2006. Pskologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Grafindo Persada)
Zakiyah Daradjat. 1996. Dkk, Metode Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara).
Hawi. Dkk. 2014. Kompetensi Guru PAI (Jakarta: PT.Raja Grafindo)
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling: Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal, (Yogyakarta : CV Andi Offset)
E, Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya) Zakiah Daradjat.1999. Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta : Bulan Bintang)
Abu Ahmadi dan Widodo Suoriyono. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta)
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruz Media, Jogjakarta)
Mansur Muslich 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidemensional (Jakarta: Bumi Aksara)

PlumX Metrics

Published
2024-11-15
How to Cite
Nurlatifah, S. (2024). PENGARUH SIKAP TELADAN GURU TERHADAP PERILAKU DAN MORAL SISWA DI SDN 2 GEMBONGAN PONGGOK. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(2), 44-56. https://doi.org/10.26533/prophetik.v2i2.4031