An Analysis of Students Perceptions of the Warung Kopi Podcast on the HAS Creative YouTube Channel

A Study of Communication Science Students at the Islamic University of Balitar, Cohorts 2021–2022

  • Gesela Sri Mentari Universitas Islam Balitar
  • Anita Reta Kusumawijayanti Universitas Islam Balitar
  • Andiwi Meifilina Universitas Islam Balitar
Abstract views: 33 , PDF downloads: 20
Keywords: Perception, Warung Kopi Podcast, HAS Creative, Youtube

Abstract

Podcast Warung Kopi pada kanal YouTube HAS Creative merupakan salah satu podcast yang digemari anak muda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar Angkatan 2020-2021 mengenai Podcast Warung Kopi pada kanal Youtube HAS Creative. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan narasumber. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik : interview, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dan negatif tentang Podcast Warung Kopi pada Kanal YouTube HAS Creative. Kesimpulan tersebut berdasarkan temuan bahwa Praz Teguh selaku pembawa acara dinilai sangat pintar mencairkan suasana dan bersikap humoris. Namun beberapa kali menggunakan bahasa kasar dalam komunikasinya. Narasumber yang diundang sangat bervariasi serta menginspirasi dan memotivasi, namun ada narasumber dianggap tidak mampu memberikan motivasi dan pembicaraan yang dibahas tidak begitu penting. Tema dan materi dinilai mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan juga mengandung banyak informasi yang menarik.

References

Annur, C. M. (2023). Indonesia Peringkat Keempat Pengguna Youtube Terbanyak Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/24/indonesia-peringkatkeempat-pengguna-youtube-terbanyak-dunia

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Hidayati, N., Adha, M. M., & Nurmalisa, Y. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Zonasi DI Desa Bali Agung Kecamatan Palas Lampung Selatan. Jurnal PEKAN, 6(2), 222–233.

Kusumawijayanti, A. R., & Sunardi, A. M. (2022). Gaya Komunikasi Analisa Widyaningrum dan Efeknya terhadap Publik. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 11 (1), 28–37. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/2054/1227

Pirone, M. (2021). Top 10 Video Sharing Websites You Should Use. Vidico.Com. https://vidico.com/news/top-10-video-sharing-websites-you-should-use/

Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–10. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tutut Nur Trias Wijayanti, & Nadhiroh. (2023). Optimalisasi Akun Youtube Sanggar Difabel Solo Sebagai Media Komunikasi Massa Untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif Indonesia. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 23–38. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i1.674

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821

PlumX Metrics

Published
2025-03-30
How to Cite
Mentari, G. S., Kusumawijayanti, A. R., & Meifilina, A. (2025). An Analysis of Students Perceptions of the Warung Kopi Podcast on the HAS Creative YouTube Channel: A Study of Communication Science Students at the Islamic University of Balitar, Cohorts 2021–2022. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 14(1), 28-36. https://doi.org/10.35457/translitera.v14i1.4449
Section
Articles