An Analysis of Students Perceptions of the Warung Kopi Podcast on the HAS Creative YouTube Channel
A Study of Communication Science Students at the Islamic University of Balitar, Cohorts 2021–2022
Abstract
Podcast Warung Kopi pada kanal YouTube HAS Creative merupakan salah satu podcast yang digemari anak muda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Balitar Angkatan 2020-2021 mengenai Podcast Warung Kopi pada kanal Youtube HAS Creative. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk mengumpulkan narasumber. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik : interview, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif dan negatif tentang Podcast Warung Kopi pada Kanal YouTube HAS Creative. Kesimpulan tersebut berdasarkan temuan bahwa Praz Teguh selaku pembawa acara dinilai sangat pintar mencairkan suasana dan bersikap humoris. Namun beberapa kali menggunakan bahasa kasar dalam komunikasinya. Narasumber yang diundang sangat bervariasi serta menginspirasi dan memotivasi, namun ada narasumber dianggap tidak mampu memberikan motivasi dan pembicaraan yang dibahas tidak begitu penting. Tema dan materi dinilai mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan juga mengandung banyak informasi yang menarik.
References
Annur, C. M. (2023). Indonesia Peringkat Keempat Pengguna Youtube Terbanyak Dunia. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/24/indonesia-peringkatkeempat-pengguna-youtube-terbanyak-dunia
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).
Hidayati, N., Adha, M. M., & Nurmalisa, Y. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Zonasi DI Desa Bali Agung Kecamatan Palas Lampung Selatan. Jurnal PEKAN, 6(2), 222–233.
Kusumawijayanti, A. R., & Sunardi, A. M. (2022). Gaya Komunikasi Analisa Widyaningrum dan Efeknya terhadap Publik. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 11 (1), 28–37. https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/translitera/article/view/2054/1227
Pirone, M. (2021). Top 10 Video Sharing Websites You Should Use. Vidico.Com. https://vidico.com/news/top-10-video-sharing-websites-you-should-use/
Prasetya, D., & Marina, R. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–10. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tutut Nur Trias Wijayanti, & Nadhiroh. (2023). Optimalisasi Akun Youtube Sanggar Difabel Solo Sebagai Media Komunikasi Massa Untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif Indonesia. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 23–38. https://doi.org/10.53429/j-kis.v4i1.674
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821
Copyright (c) 2025 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License