Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak ( Studi pada TBM Laskar Pelangi di Dusun Gangsri )

  • Apriliya Tri Wulandari
  • Andiwi Meifilina
Abstract views: 33 , PDF downloads: 31
Keywords: TBM Laskar Pelangi, Minat Baca, Upaya Meningkatkan Minat

Abstract

TBM atau taman baca masyarakat merupakan suatu instansi atau lembaga non formal yang bergerak dibidang pendidikan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa terutama meningkatkan minat baca suata masyarakat daerah tersebut. Saat ini minat baca sangatlah rendah sehingga TBM haruslah mampu ataupun bekerja keras guna mengupayakan agar anak-anak untuk minat dan suka untuk membaca karena selain menambah ilmu membaca secara tidak langsung dapat menambah wawasan kita terhadap hal-hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui. Namun semua itu harus didukung oleh motivasi dan dorongan dari dalam maupun dari luar diri pribadi.

Dorongan sangatlah diperlukan sebab dengan adanya dorongan dapat menjadikan sebagai motivasi serta alat pedukung bagi anak itu sendiri guna selalu meningkatkan minat bacanya seperti dukungan dari pihak keluarga yang sangatlah berperan penting dalam ini sebab kelurga adalah orang terdekat yang setiap saat bertemu selain itu keluarga juga sangat sensitive dalam pengawasan terhadap anak. Dengan masalah yang terjadi seperti itu TBM laskar pelangi berusaha untuk selalu memanfaatkan waktu dengan baik dengan berupaya menciptakan program ataupun kegiatan yang dapat membantu meningkatkan minat baca anak.

Program ataupun kegiatan itu merupakan upaya yang dilakukan oleh TBM Laskar Pelangi dalam meningkatkan minat baca pada anak di dusun gangsri. Program andalan di TBM Laskar Pelangi adalah kegiatan belajar kelompok, mendongeng, belajar dengan system bermain atau game, penayangan film berbasis pendidikan. Untuk mengetahui semua upaya tersebut peneliti melakukan penelitian lebih detail dengan mengunakan langkah-langkah yaitu wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan dari 3 sumber terdiri dari 2 pengurus TBM Laskar Pelangi dan seorang pengunjung yang terdapat pada TBM Laskar Pelangi.

Published
2018-03-29
How to Cite
Wulandari, A. T., & Meifilina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak ( Studi pada TBM Laskar Pelangi di Dusun Gangsri ). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 4(1), Hal. 15-27. https://doi.org/10.35457/translitera.v4i1.345
Section
Articles