Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi

  • Ardina Prafitasari
  • Ferida Asih Wiludjeng
Abstract views: 45 , PDF downloads: 72
Keywords: Pemuda, Partisipasi masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Organisasi Bina Pemuda dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan di Desa Darungan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana dalam metode ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati sehingga diperoleh informasi, keterangan dan berupa hasil-hasil pengamatan. Dalam penelitian ini penulis mengamati secara langsung saat Organisasi kepemudaan melakukan kegiatan bermasyarakat, dan juga melakukan wawancara dengan ketua organisasi serta salah satu anggota Organisasi Bina Pemuda yang aktif dimana hasilnya nanti akan dipaparkan dalam penjelasan berdasarkan penelitian tersebut.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam kegiatan yang diadakan di desa oleh Organisasi ini masyarakat desa telah ikut berkontribusi dalam banyak kegiatan di masyarakat. Dengan mengimplementasikan program kerja organisasi ini ke dalam bentuk sebuah kegiatan akan menunjukkan keberhasilan organisasi ini dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di kegiatan yang ada di desa. Dengan ikut berpartisipasinya pemuda-pemuda di organisasi ini maka akan menumbuhkan jiwa sosial dan kesedaran betapa pentingnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat. Masyarakat akan lebih aktif dan desa pun menjadi ramai dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Published
2018-03-29
How to Cite
Prafitasari, A., & Wiludjeng, F. A. (2018). Organisasi Kepemudaan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatan Partisipasi Masyarakat Desa Darungan Kecamatan Wlingi. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 4(2), Hal. 31-48. https://doi.org/10.35457/translitera.v4i2.351