Analisis Strategi Inovasi AVAC pada Determinasi Green City Branding
(Studi pada Ruang Terbuka dan Lingkungan Hidup Kelurahan Beru Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar)
Abstract
Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Wlingi mempunyai luas kurang lebih sekitar 1990 meter persegi atau 2 hektar yang dibagi menjadi dua belahan yaitu sebelah barat menjadi hutan kota dan sebelah timur menjadi taman kota yang perlu terus dilakukan revitalisasi. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan dan menjelaskan pengaruh variabel Ruang Terbuka Hijau berpengaruh terhadap City Branding dan strategi AVAC. Penelitian ini mempergunakan metode pendekatan kuantitatif, purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel, dengan 100 responden dan Smart PLS 3.00 sebagai alat analisa datanya. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara Modal Sosial yang berpengaruh terhadap Brand City, Ruang Terbuka Hijau memiliki pengaruh kepada Brand City, Ruang Terbuka Hijau terdapat pengaruh kepada Modal Sosial, Ruang Terbuka Hijau berpengaruh terhadap Usaha Kecil Menengah, Usaha Kecil Menengah tidak berpengaruh terhadap Brand City dan Usaha Kecil Menengah berpengaruh Modal Sosial.
References
Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum, Tahun 2006.
Fandeli, C., & Nurdin, M. (2005). Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi di Taman Nasional. Fakultas Kehutanan UGM. Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata. Kantor Kementerian Lingkungan Hidup.
Gallion, E (1986). The Urban Pattern City Planning and Design. New York: Van Nostrand Company.
Irwan, Zoe’raini Djamal. (2004). Tantangan Lingkungan & Lansekap Kota. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iwantono, Sutrisno. (2001). Kiat Sukses Berwirausaha. Jakarta: Grasindo.
Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Thn 2008 tentang pedoman penyediaan dan pemanfaatan RTH di kawasan perkotaan.
Richardson, Harry W. (1978). Regional Economics. Chicago: University of Illinois Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.
Yananda, Salamah. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi.
Yustika, Ahmad Erani. (2006). Ekonomi Kelembagaan: Definisi, Teori, & Strategi. Malang: Bayumedia Publishing.
Copyright (c) 2023 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License