Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen
(Studi Kasus pada Konsumen Kerajinan Barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar)
Abstract
Gubug Barong Dwijaloka merupakan salah satu galeri sebagai tempat pembuatan kerajinan barongan serta tempat untuk memamerkan hasil karya pembuatan kerajinan barongan dan alat kesenian jaranan lainnya khususnya khas Blitar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada konsumen kerajinan barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampling Jenuh menjadi teknik sampling yang digunakan. Data dikumpulkan dengan cara menebarkan kuesioner kepada konsumen kerajinan barongan di Gubug Barong Dwijaloka sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan taraf signifikan senilai 0,026 ≤ dari 0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan Gubug Barong Dwijaloka terus menjaga kualitas produk melalui pemilihan bahan yang berkualitas, penetapan standard pembuatan dan melakukan kroscek hasil secara periodik untuk menjamin kualitas dan mutu barongan yang dihasilkan.
References
Agung, Nugroho. (2005). Strategi Jitu memilih metode Statistic Penelitian dengan. SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Arikunto, Suharsimi. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan dan Yaran. (2017). Penelitian Bisnis Penekatan Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Kotler, P dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Tigabelas. Jilid 2 Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sangaji, E.M & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Santoso, Singgih. (2020). Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Rina Dwiastuti, Agustina Sinta, Riyanti Isaskar. (2012). Ilmu Perilaku Kosumen. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Copyright (c) 2023 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License