Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen

(Studi Kasus pada Konsumen Kerajinan Barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar)

  • Sutowo Sutowo Universitas Islam Balitar
  • Novi Catur Muspita Universitas Islam Balitar
  • Fandu Dyangga Pradeta Universitas Islam Balitar
  • Mohamad Imam Fauzi Universitas Islam Balitar
Abstract views: 218 , PDF downloads: 218

Abstract

Gubug Barong Dwijaloka merupakan salah satu galeri sebagai tempat pembuatan kerajinan barongan serta tempat untuk memamerkan hasil karya pembuatan kerajinan barongan dan alat kesenian jaranan lainnya khususnya khas Blitar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada konsumen kerajinan barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampling Jenuh menjadi teknik sampling yang digunakan. Data dikumpulkan dengan cara menebarkan kuesioner kepada konsumen kerajinan barongan di Gubug Barong Dwijaloka sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan taraf signifikan senilai 0,026 ≤ dari 0,05. Dari hasil penelitian ini diharapkan Gubug Barong Dwijaloka terus menjaga kualitas produk melalui pemilihan bahan yang berkualitas, penetapan standard pembuatan dan melakukan kroscek hasil secara periodik untuk menjamin kualitas dan mutu barongan yang dihasilkan.

References

Agung, Nugroho. (2005). Strategi Jitu memilih metode Statistic Penelitian dengan. SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Arikunto, Suharsimi. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hermawan dan Yaran. (2017). Penelitian Bisnis Penekatan Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Kotler, P dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Tigabelas. Jilid 2 Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sangaji, E.M & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Santoso, Singgih. (2020). Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rina Dwiastuti, Agustina Sinta, Riyanti Isaskar. (2012). Ilmu Perilaku Kosumen. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

PlumX Metrics

Published
2023-09-30
How to Cite
Sutowo, S., Muspita, N. C., Pradeta, F. D., & Fauzi, M. I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen: (Studi Kasus pada Konsumen Kerajinan Barongan di Gubug Barong Dwijaloka Tawangsari Blitar). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(2), 79-84. https://doi.org/10.35457/translitera.v12i2.3436

Most read articles by the same author(s)