Peningkatan Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Memaksimalkan Teknik Pemasaran melalui Media Sosial pada Masyarakat Desa Kendalrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar

  • Tri Endrawati Universitas Islam Balitar
  • Ahmad Alamul Iman Al Hakim Universitas Islam Balitar
  • Meilinda Dwika Puspasari Universitas Islam Balitar
Abstract views: 115 , PDF downloads: 149
Keywords: kkn; ekonomi; umkm; media sosial.

Abstract

KKN merupakan salah satu bentuk kerja nyata di lingkungan masyarakat pedesaan dimana dirancang oleh mahasiswa bertujuan sebagai pemberdayakan masyarakat. Kegiatan KKN dengan tema “ Pemulihan Ekonomi Berbasis Teknologi” dilaksanakan di Desa Kendalrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Kegiatan KKN berlangsung 1 bulan. Dalam upaya memulihkan ekonomi pasca pandemi adalah dengan mengembangkan produk UMKM melalui perkembangan teknologi dengan cara melalui media sosial sebagai media pemasaran. Kegiatan seminar dan pendampingan penerapan penggunaan media sosial adalah upaya yang dilakukan dalam pemberdayaan pelaku UMKM untuk mengembangkan produk UMKM yang dimiliki. Hasil dari kegiatan seminar dan pendampingan yaitu dengan melaksanakan sosialisasi “ Metode Pemasaran Melalui Media Sosial” dan juga dilakukan pemotretan pada produk UMKM di Desa Kendalrejo  yaitu pada produk Kacang Atom dan Stik Sledri. Dengan dilaksanakan program ini diharapkan pelaku UMKM di Desa Kendalrejo dapat merubah pola fikir atau wawasan perihal peningkatan kesadaran akan pemanfaatan teknologi dalam berwirausaha. Dan hasil dari pemberdayaan masyrakat ini yaitu adanya perubahan mengenai pola berfikir atau wawasan perihal peningkatan kesadaran akan pemanfaatan teknologi dalam berwirausaha. Kesadaran akan tampilan produk dan layanan sosial media pun mulai timbul karena hal tersebut menjadi salah satu pondasi yang kuat dalam menarik minat pelanggan.

References

Aliyyah, R. R. et al., (2018), Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani 2(2), 355–371.
Indoworo, H. E. (2016), Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media, Jurnal Informatika Upgris 2(1), 45–55.
KOMINFO, P. (t.t.), Terobosan Pemerintah untuk Percepat Ekonomi Digital Indonesia, Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. Diambil 24 Oktober 2020 dari http:///content/detail/15975/terobosan-pemerintah-untuk-percepat-ekonomi-digital- indonesia/0/berita_satker
MacIver, Robert Morrison, 2013, The Modern State London: Oxford University Press.
M.Sc, P. D. S. A., S. E. (2019), Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Suharto, T. (2005), Konsep dasar pendidikan berbasis masyarakat, Cakrawala Pendidikan, (3).
Syardiansah, S. (2019), Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra Kkn Tahun 2017, Jim Upb (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68.
Zaifuddin, Z. (2022), Pemberdayaan Masyarakat Melalui Online Marketing: Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 10(1), 31-40.

PlumX Metrics

Published
2022-12-07
How to Cite
Endrawati, T., Alamul Iman Al Hakim, A., & Dwika Puspasari , M. (2022). Peningkatan Perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah dengan Memaksimalkan Teknik Pemasaran melalui Media Sosial pada Masyarakat Desa Kendalrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Science Contribution to Society Journal, 2(2), 26-32. https://doi.org/10.35457/scs.v2i2.2545

Most read articles by the same author(s)