IMPLIKASI PERUBAHAN NAMA TERHADAP BRAND IMAGE DAN UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN NAMA (Multi Kasus MAN 1 KOTA KEDIRI dan MAN 2 KOTA KEDIRI)

  • Laily Nur Syayidah
Abstract views: 44 , PDF downloads: 28
Keywords: Implikasi Perubahan Nama, Brand Image

Abstract

Dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan, maka membangun brand image merupakan salah satu strategi yang digunakan lembaga pendidikan untuk menyikapi semakin kompetitifnya persaingan dalam upaya merekrut siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian jenis kualitatif yang dilakukan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri dengan hasil bahwa upaya kepala madrasah dalam mensosialisasikan perubahan nama madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri dilakukan dengan berbagai macam diantaranya melalui media cetak dan media elektronik dan sosialisasi juga pertemuan dengan wali murid untuk berinteraksi, serta dengan berbagai pihak di berbagai macam forum. Dengan meningkatkan mutu dan kualitas madrasah dalam bidang ademik dan non akademik tidak merubah pandangan stakeholder terhadap perubahan nama madrasah. Implikasi perubahan nama madrasah terhadap input siswa di MAN 1 Kota dan MAN 2 Kediri selalu meningkat. Dampak positif implikasi perubahan nama madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri sama yaitu memudahkan administrasi madrasah untuk beberapa tahun kedepan karena nama madrasah yang ada di Indonesia sekarang belum urut sesuai dengan wilayahnya dan dampak positif atas perubahan nama madrasah memiliki ciri khas tersendiri dalam membentuk image masyarakat terhadap madrasah seperti halnya progam keterampilan yang ada di MAN 1 Kota Kediri dan program asrama dan pendidikan karakter yang ada di MAN 2 Kota Kediri. Sedangkan dampak negatif pada perubahan nama madrasah di MAN 1 tidak merasa kehilang nama MAN 2 dikarenakan adanya perubahan nama MAN 1 memberikan warna dan semngat yang baru bagi madrash, sedangkan di MAN 2 merasa kehilangan nama MAN 3 dikarenakan nama madrasah yang MAN 3 tersebut sudah branded dan sudah sangat melekat dan berkesan bagi siswa bahkan alumni dari madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar bahasa Indonesia, (Jakarta, Perum Balai Pustaka, 1988).
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Heller R. Essential Managers: Managing Change (cetakan pertama), (Jakarta: Penerbit Dian Rakyat).
Kotler, philip dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, (Jakarta: Indeks, 2001).
Lexy J. Meuleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1989).
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Baandung: Rosda Karya, 1998).
N.A. Ametembun, Kepemimpinan Pendidikan, (Malang: IKIP Malang, 1975).
Nana Sudjana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru, 1989).
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta, Rake Sarasin, 1996).
Rangkuti, Freddy, Analisis Swot Teknik membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004).
Soeratno, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Yogyakarta, UPP AMP YKPN, 1995).
Sugiono, Metode Penelitian Manajemen (bandung: Alfabeta, 2014).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999).
Soerdji Lazaruth, Kepala Madrasah dan Tanggug Jawabnya (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1984).
Wibowo, Perilaku Dalam Organisasi (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

PlumX Metrics

Published
2024-05-07
How to Cite
Syayidah, L. N. (2024). IMPLIKASI PERUBAHAN NAMA TERHADAP BRAND IMAGE DAN UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN NAMA (Multi Kasus MAN 1 KOTA KEDIRI dan MAN 2 KOTA KEDIRI). PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 39-47. https://doi.org/10.26533/prophetik.v2i1.3560