IMPLIKASI PERUBAHAN NAMA TERHADAP BRAND IMAGE DAN UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN NAMA (Multi Kasus MAN 1 KOTA KEDIRI dan MAN 2 KOTA KEDIRI)
Abstract
Dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan, maka membangun brand image merupakan salah satu strategi yang digunakan lembaga pendidikan untuk menyikapi semakin kompetitifnya persaingan dalam upaya merekrut siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian jenis kualitatif yang dilakukan di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri dengan hasil bahwa upaya kepala madrasah dalam mensosialisasikan perubahan nama madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri dilakukan dengan berbagai macam diantaranya melalui media cetak dan media elektronik dan sosialisasi juga pertemuan dengan wali murid untuk berinteraksi, serta dengan berbagai pihak di berbagai macam forum. Dengan meningkatkan mutu dan kualitas madrasah dalam bidang ademik dan non akademik tidak merubah pandangan stakeholder terhadap perubahan nama madrasah. Implikasi perubahan nama madrasah terhadap input siswa di MAN 1 Kota dan MAN 2 Kediri selalu meningkat. Dampak positif implikasi perubahan nama madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Kediri sama yaitu memudahkan administrasi madrasah untuk beberapa tahun kedepan karena nama madrasah yang ada di Indonesia sekarang belum urut sesuai dengan wilayahnya dan dampak positif atas perubahan nama madrasah memiliki ciri khas tersendiri dalam membentuk image masyarakat terhadap madrasah seperti halnya progam keterampilan yang ada di MAN 1 Kota Kediri dan program asrama dan pendidikan karakter yang ada di MAN 2 Kota Kediri. Sedangkan dampak negatif pada perubahan nama madrasah di MAN 1 tidak merasa kehilang nama MAN 2 dikarenakan adanya perubahan nama MAN 1 memberikan warna dan semngat yang baru bagi madrash, sedangkan di MAN 2 merasa kehilangan nama MAN 3 dikarenakan nama madrasah yang MAN 3 tersebut sudah branded dan sudah sangat melekat dan berkesan bagi siswa bahkan alumni dari madrasah.
Downloads
References
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar bahasa Indonesia, (Jakarta, Perum Balai Pustaka, 1988).
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Heller R. Essential Managers: Managing Change (cetakan pertama), (Jakarta: Penerbit Dian Rakyat).
Kotler, philip dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, (Jakarta: Indeks, 2001).
Lexy J. Meuleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1989).
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Baandung: Rosda Karya, 1998).
N.A. Ametembun, Kepemimpinan Pendidikan, (Malang: IKIP Malang, 1975).
Nana Sudjana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru, 1989).
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007).
Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta, Rake Sarasin, 1996).
Rangkuti, Freddy, Analisis Swot Teknik membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004).
Soeratno, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Yogyakarta, UPP AMP YKPN, 1995).
Sugiono, Metode Penelitian Manajemen (bandung: Alfabeta, 2014).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 1993).
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999).
Soerdji Lazaruth, Kepala Madrasah dan Tanggug Jawabnya (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1984).
Wibowo, Perilaku Dalam Organisasi (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).
Copyright (c) 2024 Laily Nur Syayidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License