EVALUASI SUPERVISI CIPP DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN I KEDIRI

  • Laily Nur Syayidah
Abstract views: 60 , PDF downloads: 57
Keywords: Evaluasi, Supervisi CIPP Kinerja Guru

Abstract

Istilah evaluasi itu menunjuk kepada suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik, maka dengan memberikan evaluasi kepada pendidik maupun tenaga kependidikan menjadi hal yang wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah. Dengan demikian Classroom Visitation menjadi langkah utama dalam menjalankan program supervisi. Stufflebeam (1993:118) menawarkan konsep evaluasi model CIPP. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah evaluasi konteks yang meliputi pedoman program supervisi, tujuan program supervisi, sasaran serta evaluasi masukan untuk rencana program supervisi, sarpras, anggaran biaya dan mekanisme supervisi classroom visitation berjalan dengan baik, evaluasi proses yang meliputi pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut perlu direncanakan dengan lebih baik lagi dan evaluasi produk tentang hasil program supervisi, tingkat keberhasilan program supervisi, tindak lanjut hasil supervisi secara umum berjalan dengan baik. Kegiatan supervisi  classroom visitation ini dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sehingga diharapkan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dengan kinerja guru yang meningkat dan prestasi siswa menjadi meningkat pula.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Nata, “Ilmu Pendidikan Islam”. Jakarta: Kencana prenada Media Group (2010).
Al-Qur’an dan Terjemah kemenag. (2020).
Anas Sudijono, “Pengantar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Rajawali Pers (2013).
Djunaidi Ghony. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif”. Malang: UIN Malang Press (2009).
Eko Putro Widoyoko. “Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009).
Farid Mashudi, “Panduan Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling”. Jogjakarta: Diva Press (2013).
Muhaimin, suti’ah dan Sugeng listyo Prabowo. “Managemen pendidikan aplikasi dalam Rencana Pengembangan Sekolah”. Jakarta: Kencana (2012).
Mulyasa, “Menagemen Kepemimpinan kepala sekolah”. Jakarta: Bumi aksara (2013).
Ngalim Purwanto, “Administrasi dan Supervisi Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya. (1998).
Panduan kerja kepala sekolah, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. April (2017).
Rusdiana, “Pengelolaan Pendidian”. Bandung: CV. Pustakasetia (2015).

PlumX Metrics

Published
2023-10-03
How to Cite
Syayidah, L. N. (2023). EVALUASI SUPERVISI CIPP DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN I KEDIRI. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 44-53. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3229