EVALUASI SUPERVISI CIPP DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN I KEDIRI
Abstract
Istilah evaluasi itu menunjuk kepada suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi lebih baik, maka dengan memberikan evaluasi kepada pendidik maupun tenaga kependidikan menjadi hal yang wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah. Dengan demikian Classroom Visitation menjadi langkah utama dalam menjalankan program supervisi. Stufflebeam (1993:118) menawarkan konsep evaluasi model CIPP. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah evaluasi konteks yang meliputi pedoman program supervisi, tujuan program supervisi, sasaran serta evaluasi masukan untuk rencana program supervisi, sarpras, anggaran biaya dan mekanisme supervisi classroom visitation berjalan dengan baik, evaluasi proses yang meliputi pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut perlu direncanakan dengan lebih baik lagi dan evaluasi produk tentang hasil program supervisi, tingkat keberhasilan program supervisi, tindak lanjut hasil supervisi secara umum berjalan dengan baik. Kegiatan supervisi classroom visitation ini dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas sehingga diharapkan bisa mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dengan kinerja guru yang meningkat dan prestasi siswa menjadi meningkat pula.
Downloads
References
Al-Qur’an dan Terjemah kemenag. (2020).
Anas Sudijono, “Pengantar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Rajawali Pers (2013).
Djunaidi Ghony. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif”. Malang: UIN Malang Press (2009).
Eko Putro Widoyoko. “Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009).
Farid Mashudi, “Panduan Evaluasi dan Supervisi Bimbingan dan Konseling”. Jogjakarta: Diva Press (2013).
Muhaimin, suti’ah dan Sugeng listyo Prabowo. “Managemen pendidikan aplikasi dalam Rencana Pengembangan Sekolah”. Jakarta: Kencana (2012).
Mulyasa, “Menagemen Kepemimpinan kepala sekolah”. Jakarta: Bumi aksara (2013).
Ngalim Purwanto, “Administrasi dan Supervisi Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya. (1998).
Panduan kerja kepala sekolah, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat GTK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. April (2017).
Rusdiana, “Pengelolaan Pendidian”. Bandung: CV. Pustakasetia (2015).
Copyright (c) 2023 Laily Nur Syayidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License