PERAN KEPALA SEKOLAH MUSLIM SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Menjadi kepala sekolah muslim yang tugasnya sebagai manajer memang memiliki kewajiban untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan terhadap apa yang telah diprogamkan bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada situs I di MAN 1 Blitar dan SMKN 1 Blitar maka hasil penelitian lintas situs adalah (1) kepala sekolah mengelola sumber daya manusia untuk pendidik dan tenaga kependidikan adalah mengadakan dan mengirimkan pendidik mengikuti workshop, diklat, seminar, pelatihan KTI, MGMP, mengadakan kelas khusus dengan perusahaan atau industri, melakukan pemantauan setiap kinerja pendidik, melakukan pemantauan setiap kinerja pendidik melalui supervisi. evaluasi terhadap kinerja pendidik. melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Untuk sisswa adalah Mengadakan berbagai ekstra kurikuler, mengadakan diklat, menyisipkan nilai-nilai agama dan moral pada setiap pelajaran, bimbingan kerja, mengikutkan siswa di berbagai perlombaan, mengadakan bimbingan kerja. Kemudian untuk sumber daya non manusia adalah melakukan perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, memantau penggunaan sarana dan prasarana selama digunakan, dan menganggarkan biaya untuk perawatan dan perbaikan jika ada sarana dan prasarana rusak. (2) kepala sekolah mengelola pelaksanaan progam kerja adalah Kepala sekolah mengelola progam kerja yang pertama dilakukan adalah Setiap awal tahun kepala sekolah mengundang semua warga sekolah bersama-sama menyusun progam kerja sekolah yang didalamnya berisi tentang langkah-langkah yang harus dilakukan selamajangka yang telah disepakati bersama, Kepala sekolah memantau pelaksanaan progam kerja, Kepala sekolah mensupervisi pelaksanaan progam kerja, Kepala sekolah mengevaluasi pelaksanaan progam kerja , Kepala sekolah mengambil tindakan progam apa yang harus dibenahi, dikurangi, dan diperbaiki untuk menyusun progam kerja selanjutnya. (3) kepala sekolah mengelola kurikulum adalah melakukan pengembangan kurikulum, melakukan supervisi kurikulum yang sudah berjalan, dan mengambil tindak lanjut dari hasil kurikulum sebagai sarana perbaikan. Untuk pembejaran kepala sekolah melakukan supervisi proses pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, dan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran sebagai perbaikan jika ada proses pembelajaran yang kurang sesuai. (4) kepala sekolah mengelola dapodik dan emis adalah pengadaan kedua aplikasi tersebut, pemantauan pengerjaan kedua aplikasi tersebut, tertib pengerjaan kedua aplikasi tersebut, dan melakukan tindak lanjut terhadap pengerjaan kedua aplikasi tersebut. dan unt E-learning, kepala sekolah memfasilitasi E-learning, supervisi penggunaan E-Learning, evaluasi penggunaan ELearning, dan mengambil tindak lanjut penggunaan E-Leraning sebagai perbaikan.
Downloads
References
Ahmadi, Rulam. Memahami Metodologi Pnelitian Kualitatif. (Malang: Universitas Malang,
Aisyah, Mushaf. Al-Qur’an dan Terjemah Untuk Wanita. Hilal: Bandung, 2010.
Amtu, Onisimus. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta, 2011.
Andang. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2014.
Arcaro, Jerome S.. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Arifin, Barnawi M. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan: Teori & Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2017.
Ar-Rayyis, Abdurrahman Bin Muhammad. Menjadi Pemimpin & Manajer Sukses. Jakarta:
Darul Haq, 2016.
Barnawi dan M.Arifin. Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media, 2014.
Daryanto. Administrasi Dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Djafri, Novianty. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: Deepublish, 2016.
Efendi, Nur. Islamic Educational Leadership. Yogyakarta: Kalimedia. 2015.
Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Hamdan. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Sosial
Guru Di SMA Negeri 11 Makasar. Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Yapis Biak Papua: Jurnal. Volume 7 Nomor 2 Juli – Desember, 2017.
Hasan, Muh. Tolchah. dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Tinjauan Teori dan Praktik.
Surabaya: Visipers Offset, 2003.
Helmawati. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Melalui Manajerial Skills.
Jakarta: PT Rineka Cipta, 2014.
__________. Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2015.
Hidayah, Nurul. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Juliantoro, Mohamad. Peran Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Mutu Pendidikan. Dalam
Jurnal Al-Hikmah. vol. 5. no. 2 Oktober, 2017.
________, Muhammad. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di
SMPN 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Baitul 'Izzah Nganjuk. Muhammad
Juliantara. Jurnal Al Hikmah: 2017.
Marno dan Triyo Supriyatno. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung:
PT Refika Aditama, 2013.
Minarti, Sri. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Mulyasa. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
________. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013..
Mulyasana, Dedy. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2015.
Munir, Abdullah. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya
Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Copyright (c) 2023 NUR YANAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License