PERMAINAN SUPER HERO UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI

  • Hana Athia Akhzalini Universitas Islam Balitar
Abstract views: 27 , PDF downloads: 27
Keywords: Prososial, Bermain Super Hero, Anak Usia Dini

Abstract

Perilaku prososial ini sangat perlu ditanamkan sedini mungkin. Periode emas pada anak usia dini merupakan saat yang tepat untuk memulai menanamkan nilai-niai baik dalam kehidupan yang akan berguna di masa depan. Masa anak-anak adalah waktu mereka untuk bermain. Melalui bermain mereka mendapatkan hal positif dalam diri mereka. Pada saat bermain inilah dapat dimanfaatkan secara tepat untuk mengenalkan dan mengajari anak tentang nilai-nilai yang baik, salah satunya yaitu perilaku prososial. Metode bermain super hero ini dipilih karena anak-anak sudah lekat sebelumnya dengan gambaran seorang super hero. Dari tokoh super hero tersebut bisa dipetik nilai-nilai positif untuk anak yang dapat anak-anak langsung perankan dan secara tidak langsung hal ini merupakan salah satu cara penanam perilaku prososial pada diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bargh, J. A., & Chartrand, T. L. The unbearable automaticity of being. American Psychologist, 54, 462479. (1999)
McCrary, J. H. Children’s heroes and heroines: developing values manifested through artwork, paper presented at the Annual meeting of the Mid-South Educational Research. (1999)
Association, Point Clear, AL, 17–19 November
Hyson,M.C..The emotional development ofyoung children: Building an emotion ‐centered curriculum. (2nded.).New York:Teachers College Press. 2004

PlumX Metrics

Published
2022-12-20
How to Cite
Akhzalini, H. A. (2022). PERMAINAN SUPER HERO UNTUK MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i1.2589