Manajemen Pengelolan Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Bimbel Gama Private Center Selopuro Blitar

  • Nur Yanah Universitas Islam Balitar Blitar
Abstract views: 24 , PDF downloads: 18
Keywords: Manajemen Pengelolaan, Lembaga Non Formal, Mutu Pendidikan

Abstract

Mutu menjadi aspek terpenting dalam setiap lembaga pendidikan, dimana mutu diyakini sebagai modal utama dalam menghadapi persaingan. Oleh sebab itu, mengelola sebuah lembaga pendidikan haruslah secara komprehensif dan terintegrasi. Hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana sebuah lembaga mengelola mutu itu. Pengelolaan lembaga pendidikan non formal pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lembag pendidikan tersebut yang kemudian mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara konsisten dan mencapai peningkatan secara terus-menerus dalam setiap aspek aktivitas lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan lembaga pendidikan non formal dalam meningkatkan mutu pendidikan di Bimbel Gama Private Center Selopuro Blitar. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil temuan pertama dari penelitian ini adalah bahwa di Bimbel Gama Private Center dalam meningkatkan mutu pendidikan berlandaskan pada fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Temuan yang kedua adalah, Owner Bimbel Gama Private Center dalam merekrut SDM yang masuk di bimbel Gama Private Center ini benar-benar selektif karena bermutu tidaknya suatu lembaga pendidikan, tergantung SDM yang masuk. Dan temuan terakhir, untuk meningkatkan mutu pendidikan bimbel Gama Private Center, bimbel ini menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi yang les dibimbel gama dan di bimbel Gama Private Center ini terdapat bonus hafalan juz 30, do’a sehari-hari, dan mengaji.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmat, Abdul. 2018. Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan Non Formal. Ideas Publishing: Gorontalo.

Prasojo, Lantip Diat. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. UNY Press: Yogyakarta.

N Aslami dan M Faisal Al Farisyi. 2023. Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Journal on Education. Vol 06. No.01.

Tuala, Praja Riyuzen. 2018. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Aksara Books: Yogyakarta.

Gaguk, WP. Dkk, 2021. Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning. Vol 1. No 1.

Rina Yati, dkk. 2023. Implementasi Pengelolaan Pendidikan Nonformal Dalam Meningkatkan Mutu Program Layanan Di Lkp Excellent Kabupaten Lampung Tengah. Vol 3. No 2.

PlumX Metrics

Published
2024-05-07
How to Cite
Yanah, N. (2024). Manajemen Pengelolan Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Bimbel Gama Private Center Selopuro Blitar. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 32-38. https://doi.org/10.26533/prophetik.v2i1.3562