Konsep Disruptive Marketing dalam Menanggulangi Praktik Jual Rugi oleh Perusahaan Penyedia Jasa Transportasi Online

  • Ayusiva Anggraini Universitas Internasional Batam
  • F. Yudhi Priyo Amboro Universitas Internasional Batam
  • Rafinus Hotmaulana Hutauruk Universitas Internasional Batam
Abstract views: 63 , PDF downloads: 76
Keywords: Predatory Pricing, Legality, App-based Online Transportation, Unfair Competition, Disruptive Marketing

Abstract

The rapid development of app-based online transportation in Indonesia addresses the public's need for application-based transportation modes. However, intense competition among app-based transportation providers has led to the emergence of predatory pricing strategies. To investigate these practices and their implications for the relevant market and disruptive market from a legal perspective, a normative legal research was conducted. The results reveal regulatory ambiguities concerning promotional pricing concepts in online transportation companies, which have led to predatory pricing practices violating Article 20 of Law Number 5 of 1999. This discrepancy reflects legal frameworks lagging behind technological advancements, contrary to the concept of living law. Considering this, the urgent application of disruptive marketing by app-based transportation providers is essential to foster innovation without infringing upon the principles and laws of fair competition.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Budiansyah. “Lebih Murah dari Grab dan Gojek, Kenapa Maxim Terancam Suspend?” CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200124084950-37-132371/lebih-murah-dari-grab-gojek-kenapa-maxim-terancam-suspend.

Galih Setiadi. “Profil Maxim Ojek Online Rusia Pendirinya Bukan Orang Sembarangan.” Motorplus Online. https://www.motorplus-online.com/read/253169907/profil-maxim-ojek-online-rusia-pendirinya-bukan-orang-sembarangan.

Hermansyah. 2008. Pokok-Pokok Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Hasselwander, M. “Digital Platforms’ Growth Strategies and the Rise of Super Apps.” Heliyon 10, no. 5 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e25856.

Iftitah, Anik, ed. Metode Penelitian Hukum. Mei 2023. Sada Kurnia Pustaka, 2023. https://repository.sadapenerbit.com/index.php/books/catalog/book/54.

———. “Peranan Jaminan Sosial Tenaga Kerja dalam Perwujudan Cita Pembangunan Hukum Tenaga Kerja di Indonesia.” Jurnal Supremasi 7, no. 2 (2018): 1. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i2.377.

Ochtorina Susanti, Dyah, and Siti Nur Shoimah. “Implikasi Hukum Jual Beli Akun Pengemudi Pada Layanan Jasa Taxi Online.” Jurnal Supremasi 9, no. 1 (2019): 1–18. https://doi.org/10.35457/supremasi.v9i1.574.

Mustafa Kamal Rokan. 2010. Hukum Persaingan Usaha (Teori dan Prakteknya di Indonesia). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Ni Putu Yulley Restiti, dkk. 2021. “Pengaturan Predatory Pricing Transportasi online dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha.” *Jurnal Analogi Hukum,* Vol.3 No.1.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Rianti Ruth, Jay Idoan, Jio Yuan. 2021. “Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim terhadap System Layanan Maxim dengan Pieces Framework.” *Cagito Smart Journal,* Vol.7 No.2.

Ridwan Muttaqin. 2020. “Analisis Desruptive Marketing Pada Perusahaan Startup (PT.Gojek Indonesia).” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol.9 No.2.

Sasmiar, dkk. 2017. “Transportasi Ojek Daring Berbasis Aplikasi Dilihat dari Peraturan Perundang-Undangan Indonesia.” Jurnal Inovatif, Vol.XII. No.II.

Soerjono Soekanto, Sri Mamudji. 2016. Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Susanti Adi Nugroho. 2014. Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenadmedia.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 33).

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 96).

Warsito. 2017. “Legalitas Moda Transportaso Berbasisi Online Dampaknya bagi Pemerintah Joko Widodo.” Prosidang Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers Unisbank Ke-3.

Zulfa Aulia, M. 2018. “Hukum Progresif dari Satjipto Rahadjo: Riwayart, Urgensi, dan Relevansi.” Jurnal Hukum, Vol.1 no.1.

Lestiorini. “15 Aplikasi Ojek Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia.” Carisinyal. https://carisinyal.com/aplikasi-ojek-online/.

Mabruri Pudyas Salim. “Profil PT Gojek Indonesia, sejarah, alamat kantor, dan produk layanannya.” Liputan6. https://www.liputan6.com/hot/read/5154461/profil-pt-gojek-indonesia-sejarah-alamat-kantor-dan-produk-layanannya#:~:text=PT%20Gojek%20Indonesia-,Sejarah%20PT%20Gojek%20Indonesia,menggunakan%20aplikasi%20seperti%20sekarang%20ini.

PlumX Metrics

Published
2024-03-24
How to Cite
Anggraini, A., Priyo Amboro, F. Y., & Hotmaulana Hutauruk, R. (2024). Konsep Disruptive Marketing dalam Menanggulangi Praktik Jual Rugi oleh Perusahaan Penyedia Jasa Transportasi Online. Jurnal Supremasi, 14(1), 57-72. https://doi.org/10.35457/supremasi.v14i1.2956
Section
Articles