Peningkatan Literasi dan Numerasi Berbasis Teknologi di SDN 3 Jingglong Kecamatan Sutojayan
Abstract
Kurangnya motivasi belajar dan minat baca siswa di UPT SD Negeri Jingglong 03 yang sangat mempengaruhi literasi dan numerasi siswa di UPT SD Negeri Jingglong 03. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, kami menggunakan data primer dan sekunder. Masyarakat di lokasi KKN, mahasiswa Kelompok 8 dan dokumentasi adalah data primer. Wawancara, observasi,dan dokumentasi merupakan sarana pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk memberbaiki tingkat literasi dan numerasi menggunakan teknologi bagi siswa yang bersekolah di UPT SD Negeri Jingglong 03, serta meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dalam era digital di mana teknologi sangat mempengaruhi bagaimana mereka belajar. Untuk itu, kami mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar) film yang bertemakan Pendidikan sebagai Upaya dalam peningkatan motivasi peserata didik di UPT SD Negeri Jingglong 03. Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) membuat program kerja yang berjudul ”Peningkatan Literasi Dan Numerasi Berbasis Teknologi” guna meningkatkan pembelajaran digital siswa, kemampuan mereka dalam pengetahuan dasar seperti literasi, matematika, dan sosial, serta meningkatkan kemampuan lintas keilmuan dengan meningkatkan kemampuan untuk berpikir secara kritis, penyelesaian masalah, komunikaasi, kolaborasi, dan inovasi.
References
Dantes, N. dan Ni Nyoman Lisna Handayani. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmum Pendidikan, Vol. 1 No. 3.
Damayanti, N. W., Dian Utami, dan Fuat. (2022).Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), Vol. 6 No. 3.
Isyuniandri, D., et all. (2022). Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode Eja (spelling method). Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, Vol. 2 No. 3.
Liana, K. Et all. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Era Digital Program Kerja
Pendidikan KKN Tematik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 1.
Shabrina, L, M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 No. 1.
Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, Vol. 4 No. 1
Copyright (c) 2023 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License