Peningkatan Literasi dan Numerasi Berbasis Teknologi di SDN 3 Jingglong Kecamatan Sutojayan

  • Halindra Ilham Wahyu Pragandi Universitas Islam Balitar
  • Mangzilatur Rohmah Universitas Islam Balitar
  • Marsya Nanda Dian Agustina Universitas Islam Balitar
  • Niken Yulianti Universitas Islam Balitar
  • Renata Surdiana Universitas Islam Balitar
  • Bela Janatuka Universitas Islam Balitar
  • Nuryanti Nuryanti Universitas Islam Balitar
Abstract views: 20 , PDF downloads: 10
Keywords: Literasi; Numerasi, KKN

Abstract

Kurangnya motivasi belajar dan minat baca siswa di UPT SD Negeri Jingglong 03 yang sangat mempengaruhi literasi dan numerasi siswa di UPT SD Negeri Jingglong 03. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, kami menggunakan data primer dan sekunder. Masyarakat di lokasi KKN, mahasiswa Kelompok 8 dan dokumentasi adalah data primer. Wawancara, observasi,dan dokumentasi merupakan sarana pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk memberbaiki tingkat literasi dan numerasi menggunakan teknologi bagi siswa yang bersekolah di UPT SD Negeri Jingglong 03, serta meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dalam era digital di mana teknologi sangat mempengaruhi bagaimana mereka belajar. Untuk itu, kami mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar) film yang bertemakan Pendidikan sebagai Upaya dalam peningkatan motivasi peserata didik di UPT SD Negeri Jingglong 03. Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) membuat program kerja yang berjudul ”Peningkatan Literasi Dan Numerasi Berbasis Teknologi” guna meningkatkan pembelajaran digital siswa, kemampuan mereka dalam pengetahuan dasar seperti literasi, matematika, dan sosial, serta meningkatkan kemampuan lintas keilmuan dengan meningkatkan kemampuan untuk berpikir secara kritis, penyelesaian masalah, komunikaasi, kolaborasi, dan inovasi.

References

Dantes, N. dan Ni Nyoman Lisna Handayani. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmum Pendidikan, Vol. 1 No. 3.

Damayanti, N. W., Dian Utami, dan Fuat. (2022).Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Aktivitas Pola Hidup Sehat. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), Vol. 6 No. 3.

Isyuniandri, D., et all. (2022). Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode Eja (spelling method). Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, Vol. 2 No. 3.

Liana, K. Et all. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Masa Era Digital Program Kerja

Pendidikan KKN Tematik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 1.

Shabrina, L, M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 No. 1.

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, Vol. 4 No. 1

PlumX Metrics

Published
2023-12-30
How to Cite
Pragandi , H. I. W., Rohmah, M., Agustina , M. N. D., Yulianti, N., Surdiana, R., Janatuka, B., & Nuryanti, N. (2023). Peningkatan Literasi dan Numerasi Berbasis Teknologi di SDN 3 Jingglong Kecamatan Sutojayan. Science Contribution to Society Journal, 3(2), 25-32. https://doi.org/10.35457/scs.v3i2.3215