Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pentas Budaya dan Proyek Pembelajaran Wawasan Kebangsaan
Abstract
Keberagaman budaya adalah kekayaan dan potensi yang perlu dilestarikan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat khususnya pada mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi dengan keberagaman yang tinggi telah berhasil mencapai aspek profil pelajar Pancasila. Aspek yang tercapai pada kegiatan ini meliputi bergotong royong, berkebinekaan global, mandiri, dan kreatif. Metode yang digunakan terdiri dari tahap inisiasi profil pelajar Pancasila, tahap konsep abstraksi, penyusunan proyek, dan pelaksanaan proyek. Proyek ini merupakan luaran dari mata kuliah wawasan kebangsaan sebagai mata kuliah penciri Universitas. Proyek luaran mahasiswa dan dosen pendamping meliputi acara Pentas Budaya, mengenalkan makanan daerah, dan mengenalkan permainan tradisional. Hasil dari penerapan kegiatan ini sebagai praktik baik dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan profil Pancasila.
References
Astri Lestari, A., & Hadi Dharmawan, A. (2011). Dampak Sosio-Ekonomis Dan Sosio-Ekologis Konversi Lahan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.22500/sodality.v5i1.5835
Danesheyar, A. (2012). Review of. Review of Business St Johns University, 32(1).
Idris, F., Mustafa Din, W., Tajuddin, M., Kebangsaan Malaysia, U., Bangi, U., & Waste Selangor, G. (2020). Adapting Kolb’S Experiential Learning Cycle in Enhancing Attitude and Skills Among Undergraduates Through Volunteerism. Asean Journal of Teaching and Learning in Higher Education (AJTLHE), 12(2), 122–139.
Istikomayanti, Y. Hadi Suwono, Mimien Henie Irawati. (2016). 1 , 2 , 2 1. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 57–71.
Jati, R. M. B., Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2021). Concept analysis of Pancasila student character in the “Merdeka” Student Exchange Program at University of Merdeka Malang. Jurnal Penelitian, 18(2), 26–39. https://doi.org/10.26905/jp.v18i2.7059
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.
Komala, L., Budiyanto, A., & Imbron, I. (2023). Pembentukan Generasi Mandiri Dan Kreatif Sesuai Profil Pelajar Pancasila. Dedikasi Pkm, 4(1), 75. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27540
Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125
Mitasari, Z., & Istikomayanti, Y. (2019). Hubungan Antara Culture Shock Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun PertamaBerdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 105.
Muhajir, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning ( Pjbl ) Secara Daring Students ’ Creative Thinking Skills Through Online Project Based Learning ( Pjbl ) ModeL. 6, 21–29.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Copyright (c) 2023 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License