PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DENGAN TEMA “TAMPIL DI DEPAN UMUM SIAPA TAKUT”

  • Andiwi Meifilina Universitas Islam Balitar
  • Rochmat Khudlori Universitas Islam Balitar
  • Bina Andari Universitas Islam Balitar
Abstract views: 30 , pdf downloads: 28
Keywords: Public Speaking, Pondok Pesantren, Tarbiyatus Sholihin

Abstract

Kemampuan public speaking juga penting untuk dipelajari oleh santriwan santriwati di pondok pesantren, mengingat pondok pesantren sering dikenal sebagai salah satu pencetak calon pendakwah atau calon da’i dari berbagai daerah. Dakwah di era milenial ini dapat dilakukan dengan memposisikan dakwah sebagai ilmu yang dapat dikembangkan dan dievaluasi keberadaannya. Keilmuan dakwah perlu dikembangkan demnajdi ilmu islam komunikasi yang lebih compatible dengan perkembangan masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pelaksanaan program pelatihan ini dibagi menjadi beberapa tahapan yang meliputi pemberian materi, pelatihan, pembagian angket dan evaluasi. Pelatihan public speaking dilakukan di Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin Kuningan Kanigoro Blitar pada hari Sabtu, 05 Desember 2020. Peserta pelatihan terdiri atas 34 orang yang merupakan santriwan/santriwati Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin Kuningan Kanigoro Blitar. Hasil evaluasi dari pengabdian masyarakat ini yaitu dari 5 pernyataan yang ada di angket, presentase poin 1 dan 3 sebesar 58,8% peserta merasa Sangat Setuju dan sebesar 41,17% peserta merasa Setuju. Sedangkan pada poin 2 sebesar 50% peserta merasa Sangat Setuju dan sebesar 50% peserta merasa Setuju. Kemudian untuk poin ke 4 sebanyak 44,11% peserta Sangat Setuju, 41,17% peserta merasa Setuju, dan sisanya sebanyak 14,7% menjawab Tidak Setuju. Kemudian pada poin 5 sebanyak 55,8% Sangat Setuju dan sebesar 41,17% Setuju. Sedangkan sebanyak 2,9% merasa Tidak Setuju

References

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum, edisi revisi 2009.

Arwati, S., & Syarif, A. (2019). Produk Olahan Pepaya Pada KWT Al-Muhajirin Di kelurahan Tamalarea Jaya Kecamatan Tamalanrea. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 4(1).

Asfaruddin, A., & Nurlianti, N. (2020). Pendampingan Kader Calon Pendakwah di kampus Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 31-35.

Liliweri, A. (2010). Komunikasi serba ada serba makna. Kencana.

Mufid, M. (2012). Etika dan filsafat komunikasi. Prenada Media.

Putri, R. L., & Martanti, D. E. (2019). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Di Kelurahan Kepanjen Lor Kota Blitar Dalam Pelatihan Pembuatan Keripik Pepaya. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 09-14.

Zarefsky, D., & MacLennan, J. (1999). Public speaking: Strategies for success. Allyn and Bacon.
Published
2021-07-20
How to Cite
Meifilina, A., Khudlori, R., & Andari, B. (2021). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DENGAN TEMA “TAMPIL DI DEPAN UMUM SIAPA TAKUT”. Science Contribution to Society Journal, 1(1), 14-21. Retrieved from https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/1743