KONSEP KURIKULUM DEEP LEARNING SEBAGAI PILAR STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
kurikulum, Deep Learning, Strategi, Pendidikan IslamAbstract
Era globalisasi adalah periode di mana negara-negara mengalami perkembangan yangsangat pesat seiring dengan perjalanan waktu. Kurikulum menjadi jantung pendidikan yang mempunyai peranan krusial dalam mengarahkan dan menjawab kebutuhan zaman. Pola pikir deep learning menjadi krusial bagi guru sekolah dasar untuk dapat menghadapi kompleksitas zaman. Pendidikan abad ke-21, fokus pendidikan bergeser dari sekadar menghafal informasi menjadi memahami, menganalisis, dan menciptakan solusi berbasis pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Kurikulum berbasis deep learning menawarkan pendekatan yang relevan dan strategis bagi pengembangan pendidikan Islam di era modern. Pendekatan ini tidak hanya menekankan pada penguasaan pengetahuan secara kognitif, tetapi juga mendorong peserta didik untuk berpikir mendalam, merefleksi, dan menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sejalan dengan misi utama pendidikan Islam yaitu membentuk manusia paripurna (insan kamil) yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan sosial. Hasil kajian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip pendidikan Islam seperti tarbiyah, tazkiyah, dan ta’dib telah mengandung unsur deep learning sejak awal. Oleh karena itu, integrasi pendekatan ini ke dalam kurikulum Islam bukan hanya mungkin, tetapi justru memperkuat orientasi pembelajaran yang holistik, kontekstual, dan transformatif. Untuk mewujudkannya, diperlukan pembaruan strategi kurikulum, pelatihan guru, serta penciptaan budaya belajar yang mendorong eksplorasi makna, refleksi, dan penerapan nilai dalam konteks nyata.
Downloads
References
Aliyah, Siti Rabiatul, and Nuni Norlianti, ‘MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DEEP LEARNING’
Abdul Mu’ti, ‘Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu Untuk semua’, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia, (2025).
Alparisi, Ari, and Andi Maslan, ‘IMPLEMENTASI DEEP LEARNING DALAM SISTEM ABSENSI SISWA DENGAN FACE RECOGNITION’, 11.03 (2024)
Bintang, Yayes Kasnanda, and Helmi Imaduddin, ‘PENGEMBANGAN MODEL DEEP LEARNING UNTUK DETEKSI RETINOPATI DIABETIK MENGGUNAKAN METODE TRANSFER LEARNING’, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 9.3 (2024), pp. 1442–55, doi:10.29100/jipi.v9i3.5588
Emil Naf’an, DKK, ‘Dasar-Dasar Deep Learning dan Contoh Implementasinya’, Mitra Cendekia Media, (2022).
Hendrianty, Boenga Jenny, and others, ‘Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar’, Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12.3 (2024), doi:10.20961/jkc.v12i3.96699
Muhamad Basyrul Muvid, ‘MENELAAH WACANA KURIKULUM DEEP LEARNING: URGENSI DAN PERANANNYA DALAM MENYIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA’ 2024, 2024, doi:10.5281/ZENODO.14403663
Mutmainnah, Nurul, Adrias Adrias, and Aissy Putri Zulkarnaini, ‘IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR’, 10 (2025)
Maszeri, DKK, ‘Deep Learning dalam Pendidikan dan Dan Artificial Intellegence’, Yayasan Putra Adi Dharma (2024).
Putri, Riska, and others, ‘Penerapan Deep Learning dalam Pendidikan di Indonesia’, 2022
Raup, Abdul, and others, ‘Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.9 (2022), pp. 3258–67, doi:10.54371/jiip.v5i9.805
Sari, Kharisma Puspita, ‘Konsep Deep Learning Sebagai Pilar Dalam Strategi Pendidikan Berkualitas’, 2025
Siti Nurmaina, DKK, ‘Pengenalan Deep Learning dn Implementasinya’, Universitas Sriwijaya, Bukit Besar Palembang, (2021).
Wijaya, Artadhewi Adhi, Titik Haryati, and Endang Wuryandini, ‘Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora’
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laily Nur Syayidah, Mohamad Sodik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Deprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/ejournal.unisbablitar.ac.id/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.php on line 68


