STRATEGI BENCHMARKING DALAM MENINGKATKAN KINERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Kasus di MTsN Aryojeding dan SMPI Al-Azhaar Tulungagung)


Abstract
Dewasa ini lembaga pendidikan Islam sudah banyak diburu oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu sangat perlu bagi lembaga pendidikan islam melakukan terobosan – terobosan yang mampu meningkatkat branding serta mutu dari lembanya tersebut. Di sisi lain muncul juga kekawatiran bahwa lembaga pendidikan Islam yang tidak mampu merespon kebutuhan masyarakat akan kehilangan kepercayaan bagi costumer. Perlu diketahui bahwa lingkungan yang ada sesungguhnya selalu bergerak, berubah, dan membawa pengaruh yang sangat besar bagi lembaga pendidikan. Perubahan inilah yang seharusnya diantisipasi oleh lembaga pendidikan dengan mempersiapkan strategi yang berorientasi pada peningkatan mutu dan kinerja lembaganya, sehingga diharapkan sebuah lembaga mampu mempertahankan eksistensi dan mampu meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan secara komprehensif melalui: a) penyesuaian visi, misi, dan tujuan sekolah, b) analisis lingkungan strategis, c) menentukan topic benchmarking, d) menentukan lembaga unggul tujuan benchmarking, dan e) membentuk tim benchmarking. (2) Pelaksanaan studi benchmarking di lembaga tujuan menggunakan metode wawancara/diskusi, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data hasil studi benchmarking tersebut selanjutnya diadaptasi dan diseleksi dengan mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya; culture, kapasitas sumber daya manusia dan budgeting dengan berpegang pada prinsip “Tetap memelihara hal hal yang lama yang baik dan mengambil hal-hal yang baru yang lebih baik”. (3) Pengendalian benchmarking dalam meningkatkan kinerja di lembaga pendidikan Islam dilakukan melalui komunikasi yang intens antara pimpinan, bawahan, dan seluruh stakeholders pendidikan dapat menjadikan penerapan strategi lebih efektif, karena mampu mendeteksi sedini mungkin berbagai kendala yang dihadapi para bawahan.
Downloads
References
Copyright (c) 2022 Laela Fitriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License