THE INFLUENCE OF THE LEARNING CYCLE 7E MODEL ON CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING OUTCOMES IN GRADE XII BIOLOGY AT SMAN 4 BLITAR CITY

  • Silvi Vitria Anisa Universitas Islam Balitar
  • Dian Puspita Anggraini Universitas Islam Balitar
  • Marinda Sari Sofiyana Universitas Islam Balitar
Abstract views: 86 , pdf downloads: 45
Keywords: Learning Cycle 7E, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Critical Thinking Skills, Learning Outcomes

Abstract

Abstrak

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (IPTEKS) yang semakin berkembang pesat merupakan sebuah kemajuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarkat. Oleh karena itu, pendidikan harus diarahkan pada peningkatan daya saing bangsa agar mampu berkompetisi dalam persaingan global. Hal ini bisa tercapai jika pendidikan di sekolah diarahkan tidak semata-mata pada penguasaan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah, tetapi juga pada peningkatan kemampuan dan keterampilan berpikir siswa, khususnya keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 7E pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPA SMAN 4 Kota Blitar. Sampel yang digunakan yaitu 33 siswa sebagai kelas kontrol dan 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis ANCOVA. Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan model Learning Cycle 7E mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada model Learning Cycle 7E rerata skor terkoreksi keterampilan berpikir kritis lebih tinggi 7,9% dan hasil belajar lebih tinggi 6,8% dari pembelajaran konvensional.

Kata kunci Learning Cycle 7E, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

 

 

 

Abstract

 The increasingly rapid development of science and technology (IPTEKS) is a security that can improve people’s welfare. Therefore, new education is a directed at increasing the nation’s competitiveness so that it is able to compete in global competition. This can be achieved if education in schools is directed not solely at mastering and understanding scientific concepts, but also at improving student’s thinking abilities and skills, especially critical thinking skills and learning outcomes is the 7E Learning Cycle model. This research aims to determine the effect of the 7E Learning Cycle model on critical thinking skills and learninf outcomes of class XII science students at SMAN 4 Blitar city. The sample used was 33 students as the control class and 35 stundets as the experimental class. The data analysis technique used is the prerequisite test for normality and homogeneity and the ANCOVA hypothesis test. The research result show that using the learning cycle 7E model has a positive influence on improving critical thinking skills and students learninf outcomes compared to using the conventional learnig model. In the learning cycle 7E model, the average corrected score for critical thinking skills is 7,9% higher and learning outcomes are 6,8% conventional learning.

Keywords Learning Cycle 7E, Critical Thinking Skills, Learning Outcomes

References

[1] G. P. I. K. Kunandar and I. K. KTSP, “sukses dalam Sertifikasi Guru,” Jakarta Raja Wali Pers, Raja Graf. Persada, 2007.
[2] I. W. Sadia, “Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru),” J. Pendidik. dan pengajaran Undiksha, vol. 2, no. 2, pp. 19–237, 2008.
[3] R. Ennis, “Foundations of Thinking Skills and Their Instruction (Teaching Thinking Skills, Baron & Sternberg.” New York: WH Freeman and company, 1987.
[4] R. Andini and E. Retno, Prisma, vol. 5, no. 1, pp. 467–474, 2022.
[5] I. G. A. A. W. Adnyani, N. M. Pujani, and P. P. Juniartina, “Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., vol. 1, no. 2, p. 56, 2018, doi: 10.23887/jppsi.v1i2.17172.
[6] R. Mustofa, “Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 5e terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar,” Bioedusiana, vol. 4, no. 2, pp. 51–58, 2019, doi: 10.34289/277889.
[7] M. Mitrayani, S. Hidayat, and N. Novitasari, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Mia Di Sma Negeri 10 Palembang,” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidik. Biol., vol. 9, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.24127/bioedukasi.v9i1.1378.
[8] P. -, A. A. Purwoko, and M. -, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.29303/jppipa.v3i2.94.
[9] N. Balta and H. Sarac, “The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study,” Eur. J. Educ. Res., vol. volume-5-2016, no. volume5-issue2.html, pp. 61–72, 2016, doi: 10.12973/eu-jer.5.2.61.
[10] A. Eisenkraft, “Expanding the 5E model,” Sci. Teach., vol. 70, no. 6, p. 56, 2003.
[11] I. W. Darsana, I. W. Sadia, and I. N. Tika, “Analisis Standar Kebutuhan Laboratorium Kimia Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri Di Kabupaten Bangli,” e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 4, pp. 1–10, 2014.
[12] M. Tawil, “Liliasari 2013 Berpikir kompleks dan implementasinya dalam pembelajaran IPA,” Makasar Badan Penerbit UNM, 2021.
[13] J. Butterworth and G. Thwaites, Critical Thinking and Problem Solving Thinking Skills. 2005.
[14] Haryanto, Evaluasi pembelajaran, konsep dan manajemen. 2020.
[15] S. Keputusan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Ristek Dikti, I. Rojikin, and W. Gata, “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Pemanfaatan Sensor Suhu DHT-22, Ultrasonik HC-SR04 Untuk Mengendalikan Kolam Dengan Notifikasi Email,” masa berlaku mulai, vol. 1, no. 3, pp. 544–551, 2017.
[16] I. Agustina, “Pembelajaran Matematika di SD,” Pendidik. Mat. I, no. December 2019, p. 17, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/341788018_PENTINGNYA_BERPIKIR_KRITIS_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40
[17] E. W. Setyaningtyas, “Potensi Metode 1:4:P:C:R untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 9, no. 2, pp. 111–121, 2019, doi: 10.24246/j.js.2019.v9.i2.p111-121.

PlumX Metrics

Published
2025-04-25
How to Cite
Anisa, S. V., Anggraini, D. P., & Sofiyana, M. S. (2025). THE INFLUENCE OF THE LEARNING CYCLE 7E MODEL ON CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING OUTCOMES IN GRADE XII BIOLOGY AT SMAN 4 BLITAR CITY. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 10(1), 109-118. https://doi.org/10.35457/josar.v10i1.3722
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)