SISTEM PERAMALAN PENJUALAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH BERDASARKAN POLA DATA RIWAYAT PENJUALAN

  • Abdi Pandu Kusuma
  • Indyah Hartami Santi
  • Dennys Setiawan
Abstract views: 1861 , PDF downloads: 1003
PDF downloads: 762
Keywords: Double Exponential Smoothing, Peramalan, Trend Projection

Abstract

Peramalan merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang dapat membantu pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan. Peramalan dapat
berfungsi untuk memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Proses peramalan memerlukan suatu metode yang tepat bergantung dari pola data yang ada dan informasi yang akan diramalkan serta tujuan yang hendak dicapai. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peramalan yang tepat pada suatu perusahaan sesuai dengan pola data yang ada. Metode peramalan yang digunakan adalah metode Trend Projection dan Double Exponential Smoothing. Metode peramalan Trend Projection lebih akurat apabila pola data yang ada pada perusahaan adalah pola data horizontal, sedangkan metode peramalan Double Exponential Smoothing akan lebih akurat apabila pola data yang ada pada perusahaan adalah pola data musiman.Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data penjualan produk UD Omah Jenang Kelapa Sari dari bulan Januari tahun 2013 sampai dengan bulan Juli tahun 2017. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian sistem, sistem ini dapat membantu pemilik perusahaan dalam meramalkan penjualan produk pada periode bulan berikutnya sehingga dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam merencanakan produksi setiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-28
How to Cite
[1]
A. P. Kusuma, I. H. Santi, and D. Setiawan, “SISTEM PERAMALAN PENJUALAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH BERDASARKAN POLA DATA RIWAYAT PENJUALAN”, antivirus, vol. 11, no. 2, Nov. 2017.

Most read articles by the same author(s)