SISTEM PENCARIAN KATALOG BUKU MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASIFIER (NBC) PADA APLIKASI MULIA-BOOKSTORE BERBASIS ANDROID

  • Abdi Pandu Kusuma
  • Ida Srirahayu
Abstract views: 1249 , PDF downloads: 1954
Keywords: Katalog buku, Naive Bayes Classifier, android

Abstract

Pencarian data buku merupakan serangkaian proses pencarian data untuk mendapatkan sebuah data, informasi barang yang dibutuhkan. Pencarian data bisa menggunakan alat bantu yang bisa disebut aplikasi. Pada penelitian ini aplikasi pencarian data buku dikembangkan pada Toko Mulia Blitar. Aplikasi yang diterapkan dalam penelitian adalah aplikasi pencarian data yang dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi yang dikembangkan dengan metode Naive Bayes Clasifier dengan pengaplikasian software client berbasis smartphone mobile. Aplikasi server berbasis website berfungsi menginputkan data buku oleh administrator dan aplikasi client berbasis mobile berfungsi sebagai media yang dapat digunakan oleh konsumen untuk mencari data buku. Pada aplikasi Mulia-bookstore terdapat data buku dengan berbagai judul yang ditampilkan berdasarkan kategori buku. Pada penelitian ini metode Naive Bayes Clasifier diterapkan sebagai metode pencarian data buku dengan menemukan judul buku yang dicari berdasarkan kata kunci yang diinputkan oleh konsumen, sehingga jika buku yang dicari tersedia akan menampilkan data buku secara akurat berdasarkan kata kunci yang diinputkan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2016-11-25
How to Cite
[1]
A. P. Kusuma and I. Srirahayu, “SISTEM PENCARIAN KATALOG BUKU MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASIFIER (NBC) PADA APLIKASI MULIA-BOOKSTORE BERBASIS ANDROID”, antivirus, vol. 10, no. 2, Nov. 2016.

Most read articles by the same author(s)