Application of Data Mining to Design MNH Graphic & Art Product Sales Composition

  • Nita Tria Kurniawati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Tamadara Hilman Hilman Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Aditia Sovia Pramudita Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
Abstract views: 140 , PDF downloads: 71
Keywords: Penjualan, inventory, Algoritma Apriori, Data Mining

Abstract

MNH Graphic & Art adalah suatu bisnis yang bergerak dalam dunia B2B untuk memperluas jangkauan bisnisnya. MNH Graphic & Art melakukan penjualan melalui marketplace online yang menyediakan berbagai produk alat dan bahan untuk melukis. Beberapa permasalahan yang terjadi adalah data hanya digunakan sebagai arsip perusahaan tanpa tindak lanjut, seharusnya data tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyusun strategi penjualan untuk mengoptimalkan penjualan dan meramalkan persediaan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui cara kerja data mining dalam menyusun komposisi penjualan, mengetahui peramalan persediaan, dan juga mengetahui kombinasi itemset. Penelitian ini menggunakan metode Algoritma Apriori, dimana dalam perhitungannya menggunakan Tanagra versi 1.4 dan juga diolah menggunakan Microsoft Excel, penelitian ini menggunakan data penjualan MNH Graphic & Art pada bulan April 2022 hingga Maret 2023. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan metode Algoritma Apriori, frekuensi penjualan produk yang paling diminati konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai informasi yang sangat berharga dalam pengambilan keputusan untuk mempersiapkan stok produk dan aturan asosiasi yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan komposisi penjualan untuk kebutuhan penjualan bundling. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang diminati adalah Copic sketch marker blue series (16,667%), DAS modelling materials white (66,667%), Cat anak giotto school paint 1000 ml (16,667%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Asnaf, Z. (2022). Pengantar Manajemen Logistik. Diambil kembali dari Academia: https://www.academia.edu/30990757/Pengantar_Manajemen_Logistik
[2] Gunawan, I. (2023, Januari 19). Transaksi E-commerce B2B Diramal Tumbuh 25 Persen Tahun Ini. Diambil Kembali dari ekonomi.bisnis.com : https://ekonomi.bisnis.com/read/20230119/12/1619803/transaksi-e-commerce-b2b-diaramal-tumbuh-25-persen-tahun-ini
[3] Batubara, D. K., Suryani, N., & Buani, D. C. (2020, Desember). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Peralatan dan Mesin. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 6.
[4] Hutahean, E. L., Safii, M., & Damanik, B. E. (2020, Desember). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN BARANG. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 3. doi:10.33387/jiko
[5] Sikumbang, E. D. (2018, Februari). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 4.
[6] Wahyuni, S., Suherman, & Harahap, L. P. (2018, Juli). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Stok Barang Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik dan Informatika, 5.
[7] Kurniawati, L., Kusuma, A. E., & Dewansyah, B. (2019, Januari). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN PERSEDIAAN SPARE PART COMPRESSOR. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), 4.
[8] Junaidi, A. (2019, Maret). Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang. Jurnal SISFOKOM, 08.

PlumX Metrics

Published
2023-11-30
How to Cite
[1]
Nita Tria Kurniawati, T. H. Hilman, and A. S. Pramudita, “Application of Data Mining to Design MNH Graphic & Art Product Sales Composition”, antivirus, vol. 17, no. 2, pp. 239-251, Nov. 2023.