PROFILE MATCHING DALAM MENENTUKAN SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN

  • Abdi Pandu Kusuma
Abstract views: 324 , PDF downloads: 250
Keywords: Dosen, Profile Matching, Alpha Testing, White Box Testing, Kinerja Dosen

Abstract

Dosen menurut (Permenristek DIKTI, 2015) merupakan pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Penilaian kinerja mengacu pada suatu sistem formal dan terstruktur yang digunakan untuk mengukur, menilai dan mempengaruhi sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku dan hasil (UPI, 2009). Penilaian kinerja dosen dapat diimplementasikan menggunakan metode pemecahan masalah, yakni menggunakan metode Profile Matching. Untuk melakkan pengujian sistem penulis menggunakan pengujian Alpha dimana dalam pengujian tersebut diterapkan pengujian White Box untuk menentukan tingkat kompleksitas terhadap sistem penentuan kinerja dosen. Penentuan hasil akhir dalam perhitungan rangking menggunakan profile matching dengan bobot aspek interaksi sebesar 25%, aspek perilaku sebesar 30%, dan aspek pembelajaran sebesar 45% diperoleh nilai tertinggi sebesar 5,582. Hasil pada pengujian Alpha dengan menggunakan White Box testing diperoleh nilai kompleksitas sebesar 4, sehingga sistem dapat disebut Simple Procedure dengan risk yang bersifat Low.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, A. 2017. Pemrograman sistem pakar. Yogyakarta: Mediakom.

Akil, I. 2017. Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining Pada Sistem Pakar. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. 13(1). 35-42.

Gunawan, S. 2017. Kupas tuntas budi daya bisnis lele. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Penjaminan Mutu. 2016. Bahan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi. Edisi Kedua. Jakarta: Direktorat Penjaminan Mutu dan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kusrini. 2007. Konsep Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Muslihudin, Oktafianto M. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R.S. 2010. Software Engineering – A Practitionary Approach. Seventh Edition. USA: Raghotaman Srinivasan.

Sanjaya, H. E. 2017. Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Dosen Favorit Berdasarkan Penilaian Angket. Skripsi. Fakultas Teknologi Informasi. Teknik Informatika. UNISBA Blitar. Kota Blitar.

Turban, Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.

Warasto, D. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Mahasiswa Dengan Metode Profile. Jurnal Informatika. 10(1): 1180-1188.

PlumX Metrics

Published
2020-07-24
How to Cite
[1]
A. P. Kusuma, “PROFILE MATCHING DALAM MENENTUKAN SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN”, antivirus, vol. 13, no. 2, pp. 129-140, Jul. 2020.

Most read articles by the same author(s)