PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENERAPKAN METODE PROFILE MATCHING SEBAGAI ALTERNATIF PENENTUAN DOSEN FAVORIT PILIHAN MAHASISWA

  • Himawan Eka Sanjaya
  • Abdi Pandu Kusuma
  • Filda Febrinita
Abstract views: 642 , PDF downloads: 408
PDF downloads: 214
Keywords: Penilaian angket, Profile Matching, Dosen Favorit

Abstract

Tenaga pendidik atau kependidikan pada perguruan tinggi yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar adalah Dosen (PP. No.60 /1999). Dosen merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan proses pendidikan. Menurut UU No.14 Pasal 14 /2005, dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, dosen diharapkan mampu melaksanakan kinerjanya dengan baik dan tepat. Kinerja dosen pada suatu universitas dapat diketahui salah satunya melalui penilaian angket dosen favorit oleh mahasiswa.Penilaian angket ini dapat dikemas dalam suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan sebab SPK memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.Pada penelitian ini, SPK dirancang dengan menggunakan metode Profile Matching. Pada aplikasi SPK ini, penilaian dosen favorit didasarkan pada tiga aspek utama sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Aspek yang digunakan, yaitu aspek interaksi, perilaku, dan pembelajaran. Dari aplikasi SPK yang telah dirancang, dilakukan pengujian degan menggunakan metode BlackBox. Hasil pengujian Blackbox menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan 96,29% sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan untuk uji kelayakan pada ahli pemograman diperoleh nilai 3,08 (Cukup) dan untuk uji kelayakan penguji praktisi diperoleh nilai 3,7 (Baik). Perhitungan perankingan dari penguji praktisi, didapatkan dosen favorit pilihannya adalah M. Nasichin Al Muiz dengan nilai ranking 5,652.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-28
How to Cite
[1]
H. E. Sanjaya, A. P. Kusuma, and F. Febrinita, “PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENERAPKAN METODE PROFILE MATCHING SEBAGAI ALTERNATIF PENENTUAN DOSEN FAVORIT PILIHAN MAHASISWA”, antivirus, vol. 11, no. 2, Nov. 2017.

Most read articles by the same author(s)