ANALISIS KESADARAN DAN LOGO HALAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN OLAHAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam).

  • Tri Kurniastuti Universitas Islam Balitar
  • Nurul Farida Fakultas Ekonomi Universitas Islam Balitar
Abstract views: 36 , pdf downloads: 35
Keywords: Kesadaran halal, logo halal, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) pengaruh kesadaran pada minat beli konsumen; 2)untuk mengetahui pengaruh logo halal pada minat beli konsumen dan 3) untuk mengetahui pengaruh kesadara halal dan logo halal dan pada minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel operasionalnya sebagai berikut : kesadaran halal (X1), dan logo halal  (X2) terhadap minat beli (Y). Populasi dan sampel jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow :

n = Z α2 x P x Q / L2

n = Jumlah sampel

Zα = nilai standar dari distribusi α=5%=1.96

P = estimasi proporsi populasi

Q = interval dan penyimpanan

L = Tingkat ketelitian 15%:

n = (1.96) (1,96) x (0.5) x (0.5) / (0.15) (0,15) = 42,6825 dibulatkan menjadi 43  sampel.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisener melalui Gogle form. Analisis Data mengunakan Uji Validitas , Uji Reliabilitas , Uji asumsi klasik dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = -0.104 +0.534 X1 + 0.776 X2. Hal ini  menunjukkan bahwa variabel kesadaran halal dan logo halal  pengaruh secara bersama sama menunjukkan nilai yang  signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen.  Semakin tinggi kesadaran konsumen akan kehalalan produk dan logo halal  yang dicantumkan di kemasan akan  semakin mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan olahan  halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tabel 5. One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test

Unstandardized Residual
N 43
Normal Parametersa,b Mean .0000000
Std. Deviation 2.04807046
Most Extreme Differences Absolute .124

Positive .096
Negative -.124
Test Statistic .124
Asymp. Sig. (2-tailed) .094c
a. Test distribution is Normal.
b. Calculated from data.
c. Lilliefors Significance Correction.

Dari tabel di atas ditunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari 0.05 , maka disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.
Tabel 6. Uji Multikolinearitas
Coefficientsa
Model Collinearity Statistics
Tolerance VIF
1 KESADARAN HALAL .849 1.178
LOGO HALAL .849 1.178
a. Dependent Variable: MINAT BELI
Hasil dari uji multi kolinieritas untuk nilai tolerance sebesar 0.849 dan nilai VIF sebesar 1.178 yang artinya keduanya tidak menjukan multi kolinieritas karena syarat dari uji multi kolinieritas adalah Jika nilai tolerace lebih besar dari 0.10 artinya tidak terjadi multi kolinieritas dan Jika nilai Vif lebih kecil dari 10.00 artinya tidak terjadi multi kolinieritas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model regresi variabel logo halal, kesadaran halal terhadap keputusan minat beli tidak terjadi multikolinieritas.
Tabel 7. Uji Heteroskedastisitas Correlations
ABS_rES KESADARAN HALAL LOGO HALAL
Pearson Correlation ABS_rES 1.000 -.052 .126
KESADARAN HALAL -.052 1.000 .389
LOGO HALAL .126 .389 1.000
Sig. (1-tailed) ABS_rES . .370 .211
KESADARAN HALAL .370 . .005
LOGO HALAL .211 .005 .
N ABS_rES 43 43 43
KESADARAN HALAL 43 43 43
LOGO HALAL 43 43 43

Berdasarkan tabel pengujian heteroskedastisitas dengan menggunakan uji glejser , variabel kesadaran halal diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,389 lebih besar dari 0.05 dan untuk variabel logo halal nilai signifikansi sebesar 0,370 tersebut lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data tidak terjadi masalah heteroskedastisitas.
Hasil Analisis Regresi Berganda
Dari hasil Analisis Regresi berganda seperti pada tabel berikut

Tabel 8 Model Summary
Model R R Square Adjusted
R Square Std. Error of the Estimate
1 .779a .607 .588 1.17645
a. Predictors: (Constant), LOGO HALAL, KESADARAN HALAL

Tabel 9. Hasil Analisis of variance Hubungan Antara Kesadaran halal dan Logo Halal dengan Minat Beli
ANOVAa
Model Sum of Squares Df Mean Square F Sig.
1 Regression 89.782 2 44.891 32.435 .000b
Residual 58.130 42 1.384
Total 147.911 44
a. Dependent Variable: MINAT BELI
b. Predictors: (Constant), LOGO HALAL, KESADARAN HALAL


Tabel 10. Hasil Analisis Regresi Linier Hubungan Antara Logo Halal dengan Minat Beli
Coefficientsa
Model Unstandardized Coefficients Standardized Coefficients T Sig.
B Std. Error Beta
1 (Constant) -.104 2.443 -.042 .966
KESADARAN HALAL .534 .181 .317 2.948 .005
LOGO HALAL .776 .142 .588 5.473 .000
b. Dependent Variable: MINAT BELI
Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -0.104 +0.534 X1 + 0.776 X2. Hasil persamaan regresi berganda menunjukkan bahwa variabel kesadaran halal dan logo halal pengaruh secara bersama sama menunjukkan nilai yang signifikan dan positif terhadap minat beli. Hal ini menunjukkan semakin tingginya kesadaran konsumen akan kehalalan produk dan logo halal yang dicantumkan di kemasan akan semakin mendorong minat konsumen untuk membeli produk makanan olahan halal.
Dari persamaan di atas ditunjukkan bahwa nilai konstanta intersep benilai minus 0.10. Hal ini menunjukkan bahwa jika variabel kesadaran halal (X1) dan Logo halal (X2) bernilai 0 dan meningkat satu satuan , maka minat beli akan meningkat sebesar 1,206. Untuk nilai koefisien kesadaran halal (X1) terhadap minat beli adalah sebesar 0.534 , hal ini menunjukkan bahwa jika kesadaran halal meningkat satu satuan, maka minat beli akan meningkat sebesar 0.534 dengan asumsi nilai logo halal dianggap konstan. Naiknya minat beli karena mahasiswa sudah sadar bahwa sebagai umat muslim wajib mengkonsumsi makanan dan minuman halal dan mengkonsumsi makanan dan minuman halal lebih aman dari segi kesehatan. Hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakuan oleh (27), bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli makanan halal di foodcourd UMJ.
Pada variabel Logo Halal (X2) terhadap minat beli nilai koefisien logo halal sebesar 0.776, hal ini menunjukkan bahwa jika logo halal meningkat satu satuan , maka minat beli akan meningkat sebesar 0.776. Variabel logo halal merupakan variabel yang dominan karena koefisien logo halal lebih besar dari pada koefisien kesadaran halal. Hal ini diduga karena sebagian besar mahasiswa menilai suatu makan yang baik dan aman dikonsumsi adalah yang telah bersertifikat halal ditandai dengan produk yang memiliki logo halal sehingga mahasiswa akan lebih memilih membeli produk makanan yang sudah bersertifikasi halal. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian (28), bahwa bahwa minat beli masyarakat atas sebuah produk disesuaikan pada standar halal Islam, selanjutnya dijelaskan bahwa kesadaran halal dan logo halal memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat di Gresik.

KESIMPULAN
Dari hasil penelitian disimpulkan :
1. Terdapat pengaruh yang signifikan variabel kesadaran halal pada minat beli konsumen;
2. Tedapat pengaruh yang signifikan variabel logo halal pada minat beli konsumen
3. Terdapat pengaruh yang signifikan kesadara halal dan logo halal dan pada minat beli konsumen.


DAFTAR PUSTAKA
(1) Republik Indonesia. 2014 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal . Undang-undang republik Indonesia. 33:1-5.
(2) Septiani, D dan Ahmad Ajib Ridlwan. 2020. The Effects of Halal Certification and Halal Awareness on Purchase Intention of Halal Food Products in Indonesia. Indonesian Journal of Halal Research. 2 (2): 55-60 .
(3) Lazuardy, I. T., & Asyhari, H. (2017). Peran halal product knowledge, ideology religiosity dan halal product quality terhadap halal food purchase intention melalui peningkatan attitude toward halal food. Proceedings 6 th NCAB ( National Conference on Applied Business ) hal. 291–300.
(4) Hapsari, D. R., Kusumaningrum, I., Aminah, S., & Puspitasari, S. D. (2019). Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi-Bogor. Jurnal Agroindustri Halal. 5(2): 196–203. https://doi.org/10.30997/jah.v5i2.1965
(5) Alinda, Riska dan Hendri Hermawan Adinugraha. 2022. Pengaruh Logo Halal, Kedasaran Halal dan Sikap Konsumen untuk kembali membeli produk Makanan dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Mahasiswa Ilmu Sosial Ekonomi dan Bisnis Islam. 2(2):153-168.
(6) Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press. Hal 86.
(7) Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
(8) Nurhasanah,S; Joko M Munandar dan Muhamad Syamsun. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen. Jurnal Manajemen dan Organisasi 8(3) :250-260.
(9) Khoerunnisa,T, Sunaryo dan Astrid Puspaningrum. 2016. Pengaruh Kepercayaan Agama, Logo Halal, Pemaparan, dan AlasanKesehatan terhadap Kesadaran Merek dan Keputusan PembelianMakanan Halal pada Penduduk Kota Malang. Media. Neliti.com. extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/55352-ID-pengaruh-kepercayaan-agama-logo-halal-pe.pdf
(10) Fadilah, TN, Purwanto2, Achmad Nur Alfianto. 2020. Tingkat Pengetahuan dan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan Halal. JBK Jurnal Bisnis & Kewirausahaan. 18(1): 1-10.
(11) Satria, A,D. 2021. Makanan halal Perspektif majalis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangkaraya. Profetika , Jurnal Studi Islam, .22 ( 2): 308-31.
(12) T.R, dan Pramintasari, Indah Fatmawati. 2017. Pengaruh Keyakinan Rreligious, Peran Ssertifikasi Halal, Paparan Iinformasi, dan Alasan Kesehatan terhadap Kesadaran Masyarakat pada Produk Makanan Halal”, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 8 (1): 8.
(13) Novita, Y., Annisa, A. A., Bawono, A.,Umar, A. U. A. Al, Rachmawati, A. K., a.& Safaah, N. 2022. The Effect of Halal Awareness and Halal Certification on Interest in Buying Halal Produ cts During Covid-19 Pandemic.Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3): 415–419.https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1173.
(14) Hasan, KN Sofyan. 2014. Kepastian Hukum Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Produk Pangan.” Jurnal Dinamika Hukum 14(2) : 227–38.
(15) Masruroh, Nikmatul. 2020. “Dinamika Identitas Dan Religiusitas Pada Branding Halal Di Indonesia.” ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman 14 (2):317–38.
(16) Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
(17) Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta, C.V Andi Offset, h. 26 dan h.266.
(18) Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. H. 189.
(19) Nofianti, K.A, Siti Nur Indah Rofiqoh. 2.19. Kesadaran Halal dan Logo halal : Apakah menentukan Minat Beli ? (Studi pada Praktisi Bisnis UMKM di Gresik). Journal of Halal Product and Research 2(1) : 16-24.
(20) Ariska, Novi, Tri Indra Wijaksana, 2017. Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang (Studi Pada Konsumen Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung) the influence of service quality and sales promotion to repurchase intention (Study on Consumer Bakso Boedjang.” 4(3):2909–15.
(21) Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. H. 117-135.
(22) Riyanto Slamet, Hatmawan Andhita Aglis. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV BUDI. UTAMA.
(23) Yusuf, F. 2018. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. UJI Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7 (1): 17-23.
(24) Sembiring, R. K., 1995, Analisis Regresi. Bandung: Penerbit ITB.
(25) Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
(26) Lailan , Noor dan Irfan Tarmizi. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan di Food Courd UMJ. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Journal Homepage: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/
(27) Nofianti KA., Rofiqoh SNI. 2019. Journal of Halal Product and Research 2(1): 16-24.

PlumX Metrics

Published
2024-06-09
How to Cite
Kurniastuti, T., & Farida, N. (2024). ANALISIS KESADARAN DAN LOGO HALAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN OLAHAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam). AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 16(1), 1-16. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v16i1.3606

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>