PERBANDINGAN ANALISA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DAN PABRIKASI UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN

  • Kirana Ikhtiari
  • Eka Ariaty Arfah
Abstract views: 561 , PDF downloads: 3597
Keywords: Kinerja Keuangan, Laba, Aktiva, Perusahaan

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan dengan pencapaian profit setiap tahunnya. Salah satu cara untuk menilai kinerja perusahaan adalah dengan menganalisa laporan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Indosat Tbk dan PT HM. Sampoerna Tbk dengan menggunakan Analisis Rasio Keuangan (Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktifitas, dan Rasio Rentabilitas) dan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan yang terjadi di PT. Indosat Tbk dan PT HM. Sampoerna Tbk.

Pendekatan penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Studi Dokumentasi. Dari berbagai dokumen dan data yang telah diolah yang diperoleh langsung dari Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berupa Laporan Keuangan .

Hasil penelitian pada PT Indosat, Tbk dan PT. HM. Sampoerna yaitu pencapaian Rasio Likuiditas PT Indosat, Tbk dari tahun 2016 mengalami penurunan dibandingkan standar Rasio Likuiditas Rata-rata Industri Sejenis. Pencapaian Rasio Solvabilitas PT. HM. Sampoerna, Tbk dari tahun 2016 menunjukkan hasil yang baik. Berdasarkan Rasio Aktivitas ada indikasi bahwa kinerja keuangan PT Indosat, Tbk masih belum baik dilihat dari pencapaian Rasio Aktivitas karena masih di bawah standar Rasio Rata-rata Industri Sejenis. Sedangkan Rasio Profitabilitas PT. HM. Sampoerna, Tbk. menunjukkan hasil kinerja yang baik dimana pencapaian hasil kinerja tersebut khususnya indikasi dari Net Profit Margin berada diatas dari standar pencapaian Rasio rata-rata Industri Sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-02-26
How to Cite
Ikhtiari, K., & Arfah, E. A. (2018). PERBANDINGAN ANALISA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DAN PABRIKASI UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 9(2), 25-42. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v9i2.306