Teknik Komunikasi Persuasif Company Profile Pada YouTube

  • Rahmat Wisudawanto Universitas Sahid Surakarta
  • Sofia Ningsih Rahayu Putri Universitas Sahid Surakarta
Abstract views: 173 , PDF downloads: 142
Keywords: Communication, Persuasive, Technique, Company Profile, Youtube

Abstract

Teknik komunikasi persuasif sangat signifikan diterapkan dalam sebuah company profile. Penerapan teknik komunikasi persuasif yang tepat dapat meyampaikan pesan dari company profile dan mempengaruhi pemirsanya. Tujuan penelitian ini untuk mengeksprolasi teknik-teknik persuasif pada company profile yang digunakan di dalam YouTube. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa unggahan video company profile pada akun  YouTube resmi dari sembilan universitas di Surakarta. Adapun data penelitian ini berupa dialog, gerak tubuh, nada suara, respons penonton, dan keterangan isi atau tema video yang terdapat company profile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik taatan dan ganjaran merupakan teknik yang banyak diterapkan pada company profile universitas di Surakarta. Adapun teknik integrasi dan red herring merupakan teknik yang paling sedikit diterapkan. Penerapan teknik persuasif harus mempertimbangkan target konsumen.

References

Ariani, W. dkk. (2019). Komunikasi Persuasif Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Lembaga Penyiaran Publik Tvri Kaltim Versi Go Green. Ilmu Komunikasi, 7(1), 167–178.
Aw, S. (2019). The failure of persuasive communication among social workers in mentoring street children. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(2), 161–175. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3502-10
Beebe, S. (2005). Interpersonal Communication: Relating to Others. Pearson Education.Inc.
Bruce, A. (2009). Communication Skills for Pharmacists: Building Relationships, Improving Patient Care. America Pharmacists Association.
Effendy, O. U. (2004). Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Felicia, M., & Candraningrum, D. A. (2021). Persuasive Messages Effect of @bittersweet_by_najla Instagram Account on Customer Perceptions September 2020 Period. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(September 2020), 837–841. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.132
Lestari Mita. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menarik Minat Kreditur Untuk Melakukan Kredit Di Pt. Adira Finance Pekanbaru. Jom FISIP, 4(2), 1–14.
Mallappiang, N., & Muharram, M. (2023). Communication Techniques for Persuasion of Students and Lecturers In Shaping Behavior. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 20(2), 920. https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i2.22710
Noventia, G. M., Darmastuti, R., & Kristiyani, D. N. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Melalui Pemanfaatan Media Sosial Twitter Dan Instagram Dalam Komunikasi Pemasaran Digital (Studi Analisis Isi @787Daily). MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v3i1.87
Novianti, E., Endyana, C., Lusiana, E., & Wulung, S. R. P. (2020). Komunikasi Persuasif dan Penerapannya di Daya Tarik Wisata Tebing Keraton Journal of Sustainable Tourism Research, 2(3), 43–47. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i3.29694
Pelletier, L. G., & Sharp, E. (2008). Persuasive communication and proenvironmental behaviours: How message tailoring and message framing can improve the integration of behaviours through self-determined motivation. Canadian Psychology, 49(3), 210–217. https://doi.org/10.1037/a0012755
Pratama, R. A. I., & Sugandi. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Model Aidda Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Samarinda Melalui Media Sosial. Journal Ilmu Komunikasi, 10(3), 5.
Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. VIII(1), 1–16. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313
Putrianti, F. G., & Abdullah, S. M. (2022). Increase The Productivity of Financial Advisors’ Work Through Persuasive Communication. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(1), 169. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i1.7306
Rosadi, M. A. I., & Manafe, L. A. (2022). Persuasive communication strategy implementation in attracting consumer interest. International Journal of Economics, Management, Business and Social Science, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i2.62
Saputri, A. A., & Fajri, C. (2021). Jogja Digital Valley’s persuasive communication strategy in improving the potential of digital creative industry in Yogyakarta. Commicast, 2(1), 41. https://doi.org/10.12928/commicast.v2i1.3148
Taillard, M. (2000). Persuasive communication : The case of marketing. Bach, 12(January 2000), 145–174.

PlumX Metrics

Published
2024-09-30
How to Cite
Wisudawanto, R., & Putri, S. N. R. (2024). Teknik Komunikasi Persuasif Company Profile Pada YouTube . Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(2), 20-28. https://doi.org/10.35457/translitera.v13i2.3669