Implementasi Total Quality Management dalam Meningkatkan Mutu Lembaga
Studi Kasus di Pondok Pesantren Suleymaniye Taiwan
Abstract
Secara khusus, peneliti berkonsentrasi pada pemanfaatan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas institusi di Pesantren Suleymaniye di Taiwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metodologinya. Penelitian semacam ini dikenal dengan penelitian lapangan, yaitu kajian yang mendalam dan menyeluruh terhadap suatu organisasi, lembaga, atau fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Ada tiga langkah yang menyusun teknik analisis data: penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian, Pondok Pesantren Suleymaniye di Taiwan dapat meningkatkan kualitasnya dengan menerapkan kebijakan TQM yang antara lain mencakup pembuatan kurikulum pondok pesantren yang sejalan dengan tujuan utama lembaga dan menyesuaikan kegiatan ekstrakurikuler dengan kebutuhan dan norma budaya siswa Taiwan, Rutin menilai kebutuhan siswa, Adanya jaminan bahwa setiap orang terlibat dalam penerapan TQM di lembaga, Menciptakan perbaikan berkelanjutan, Dekat dengan pelanggan untuk menjaga hubungan, Menawarkan sumber daya pendidikan terbaik.
References
Abdul, H. dan Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Amirudin. (2019). Model Manajemen Pondok Pesantren dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur. Al-Idarah, vol. 9, no. 2, 222-241, doi:10.24042/alidarah.v9i2.5607.
Ariyani. R. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. An-Nahdhah, Vol. 11 No. 1-3.
Bawaihi. (2020). Monitoring dan Evaluasi di Pondok Pesantren. Jurnal: Monitoring, 197-203.
Fiandi, A. (2023). Implementasi Standar Mutu Dan Sasaran Mutu Pada Lembaga Pendidikan. EduTeach, Vol. 4, No. 1. 34–40.
Fitri, Agus Zaenul, & Nik Haryanti. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Hadi. A. (2023). Konsep Analisis Swot Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah. Jurnal Ilmiah Didakta. Vol. 14, No. 1, 143-158
Haryanti, Nik. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera.
Haryanti, Nik, Prim Masrokan Mutohar, Mujamil Qomar, & Asrop Syafi. (2018). The Influence Of Experiential Marketing (Sense Marketing, Feel Marketing, Think Marketing, Act Marketing) Against The Quality Of The College Of Religious Islam Negeri ( Ptkin ) In East Java Indonesia. International Journal of Science, Technology & Management. 3(2): 430–41.
Ismail, Feiby. (2016). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam Iqro, Vol.2. Nomor 2. 26.
Iswandi dan Taufan. (2017). Mutu Pendidikan Pesantren Berbasis Masyarakat Di Pondok Pesantren Dārusy Syifā Tirtanadi Lombok Timur. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani, Vol. 5 No. 2. 27-34.
Miles, matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.
Moleong, Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, Vol.3 No.1, 1-16.
Mutohar, P. M; Trisnantari, H. E.; dan Rindrayani, S. R. (2020). Design of Character-Based Learning in Islamic Elementary Schools with a Full Day System. International Journal of Science and Research (IJSR). Vol 9, No. 3: 916.
Nashihin, H.; Mafaza, N.; Haryana. M.O. (2021). Implementasi Total Quality Management (Tqm) Perspektif Teori Edward Deming, Juran, Dan Crosby. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 3, No 1. 50-60.
Pamungkas, A. E., & Uswati, Q. (2019). Education Quality Improvement Policy Based on Community Needs. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 13, No. 4; 485-493.
Pranata, Sungguh Ponten, and Husriani Husain. (2022). Pembuatan Mural Islami Sebagai Sarana Edukasi Pada Pesantren Taruna Alqolam, Indonesia Institut Turatea Indonesia. 2(1): 96–104.
Pranata, Sungguh Ponten, and Anggiat Sinaga. (2023). Analysis of Brand Awareness and Brand Image Strategies on Lake Toba Tourists’ Interest through the F1H20 Power Boat Digital Marketing Strategy in Balige, North Tapanuli. Journal of Business Management and Economic Development. 1(02): 240–49.
Putera, A. R. dkk. (2022). Penjaminan Mutu Pendidikan. Banjarmasin: Ahbah Pustaka.
Saleh Md. A.; Sohel-Uz-Zaman, Anjalin, U. (2016). Implementing Total Quality Management In Education: Compatibility And Challenges. Open Journal Of Social Sciences. Vol.4 No.11, November 2.
Sidiq. U. (2013). Pengembangan Standarisasi Pondok Pesantren. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7, Nomor 1.
Soim, Soim, Nik Haryanti, Ali Mufron, & Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana. (2022). The Influence of Teacher Motivation and Skills on Performance through Leadership Intervening Variables. Al-Hayat: Journal of Islamic Education. 6(2): 71.
Shunhaji, A. & Aliyah, N. (2021). Manajemen Penjaminan Mutu Pendidikan Al-Qur’an Di Sdit Buahati Islamic School 2 Jakarta Timur. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya. Vol. 10, No. 1. 47-54.
Thobroni. Gamal. (2022). Total Quality Management: Pengertian, Prinsip, Implementasi dan Contoh. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Wahjono, S. I. (2022). Manajemen Pengendalian di Sekolah. Thesis. Surabaya: Universitas Muhamadiyah Surabaya.
Widodo. H. (2018). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7 No. 2.476.
Yin, Robert K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Yusniar Permanasari, Engelien, dan Nik Haryanti. (2023). Dampak Experiential Marketing Pada Daya Saing Di Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. 11(3): 734–44.
Copyright (c) 2024 Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License