PENENTUAN HARGA NANGKA MENGGUNAKAN METODE PARIS (Studi pada penjual nangka di pasar templek Kota Blitar)

  • Ratih Retno Ningtyas
  • Indria Guntarayana
Abstract views: 190 , PDF downloads: 611
Keywords: Penentuan harga nangka menggunakan metode Paris.

Abstract

Interaksi antara penjual dan pembeli pada kegiatan transaksi merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang terjadi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat dengan cara memperluas lapangan pekerjaan atau menciptakan sendiri lapangan pekerjaan, meningkatkan hubungan ekonomi regional dan mengusahakan pergeseran kegiatan ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier juga merupakan kegiatan dari pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi dikatakan berhasil apabila pendapatan perkapita masyarakat meningkat sehingga kemiskinan berkurang, tingkat pengangguran berkurang dan kesenjangan sosial berkurang, agar tercapainya keberhasilan dalam pembangunan ekonomi tersebut maka harus ada keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses penentuan harga, pengambilan keuntungan dan pembagian barang yang akan dijual kepada pembeli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berdasarkan pengalaman pedagang nangka di pasar templek Kota Blitar pada tahun 2017 saat penelitian ini berlangsung. Penelitian ini meghasilkan penentuan harga buah nangka menggunakan metode Paris.

PlumX Metrics

Published
2018-03-29
How to Cite
Ningtyas, R. R., & Guntarayana, I. (2018). PENENTUAN HARGA NANGKA MENGGUNAKAN METODE PARIS (Studi pada penjual nangka di pasar templek Kota Blitar). Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 5(2), Hal. 36-50. https://doi.org/10.35457/translitera.v5i2.362

Most read articles by the same author(s)