Implementasi Hukum Khiyār dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada Praktik Jual Beli Online pada Ulin Ol Shop Purworejo

Abstract views: 31 , PDF downloads: 19
Keywords: Perlindungan Konsumen, Jual Beli Online, Khiyār

Abstract

Kajian ini membahas perlindungan terhadap hak-hak konsumen jual beli online melalui media sosial perspektif hukum Islam dan Pasal 7 UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Melihat perkembangan usaha jual beli sekarang, pembahasan konsep perlindungan konsumen dalam jual beli online sangatlah penting, karena penulisan secara khusus yang berkaitan dengan hal ini masih kurang. Sekarang banyak pelaku usaha yang hanya mementingkan keuntungan pribadinya dan mengabaikan hak-hak konsumen, apalagi konsumen jual beli online yang transaksinya tidak bertemu secara langsung dan hanya melalui media social, salah satunya yang terpraktekkan oleh Ulin Ol Shop. Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep perlindungan konsumen terhadap hak-hak konsumen jual beli online yang ada dalam Pasal 7 UU Perlindungan Konsumen dan perspektif hukum Islam. Hasil penelitian ini adalah, pertama bahwa pemberian potongan harga oleh Ulin Ol Shop merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Kedua, Ulin Ol Shop telah melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen dengan tidak memberikan informasi yang jelas terhadap produk yang diposting di media sosial. Ketiga, Ulin Ol Shop tidak menerapkan teori khiyār seperti yang telah diatur hukum Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghozi, Abi Abdillah Muhammad al-Qosim. (2017). Fathul Qorib Mujib. alih bahasa oleh Ibnu Abi Zain. Kediri: Zam-Zam Sumber Mata Air Ilmu.

Ali, Muhammad. (1993). Penelitian Pendidikan; Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Amirudin. (2005). Penjelasan Kitab Shahih Bukhari. Juz 12, Hadits No. 2111. Jakarta Pustaka Azzam.

Arikunto, Suharsimi. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik edisi V. Bandung: Rineka Cipta.

Bukhari, Abu Abdillah, Muhammad bin Ismail alju’fi. Muhammad Zuhair bin Nasir an-Nasir (Ed). 1422 H. Shohihul Bukhari. Cet I. Beirut: Darun Thauqin Najat.

Harun. (2017). Fiqh Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kristiyanti, Celina Tri Siwi. (2009) Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.

Muhajir. (2021). “Analisis Hukum Islam Terhadap Pembulatan Tarif Layanan Jasa Transportasi KOPADA TAKSI Di Purworejo”. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 11. Nomor 2.

Sahroni, Ono dan M. Hasaudin. (2018). Fikih Muamalah Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sidabalok, Janus. (2010). Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Wawancara dengan Anis konsumen Ulin Ol Shop Purworejo pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 15. 15 WIB.

Wawancara dengan Lili, Riska dan Evi konsumen Ulin Ol Shop Purworejo pada tanggal 27 Februari 2020 pukul 15. 15 WIB.

Wawancara dengan Ulin Ni’matil Khasanah pemilik usaha jual beli online Ulin Ol Shop Purworejo pada tanggal 25 Oktober 2019 pukul 22. 30 WIB.

Published
2022-02-21
How to Cite
Muhajir, . (2022). Implementasi Hukum Khiyār dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 pada Praktik Jual Beli Online pada Ulin Ol Shop Purworejo. Jurnal Supremasi, 12(1), 125-135. https://doi.org/10.35457/supremasi.v12i1.1718
Section
Articles