Pembekalan dan Pendampingan Uji Kompetensi Keahlian Prodi Akuntansi di SMK Prapanca 2 Surabaya
Abstract
Uji Kompetensi Keahlian pada program studi Akuntansi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh SMK Prapanca 2 Surabaya pada pertengahan semester genap untuk mendapatkan lulusan yang memiliki kompetensi yang bagus dalam bidang tersebut. Sebagai persiapan menghadapi uji kompetensi tersebut, dosen STIE YAPAN berperan memberi pembekalan dan pendampingan kepada para siswa kelas XII di program studi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari pada bulan April 2024. Metode pelaksanaan pembekalan materi yang dilaksanakan pada hari pertama berupa pengulangan materi serta soal – soal latihan akuntansi dan keuangan lembaga kepada para siswa kelas XII. Sedangkan, pada hari kedua yaitu saat uji kompetensi keahlian di program studi tersebut, dosen STIE YAPAN melakukan pendampingan bersama guru akuntansi internal dari SMK Prapanca 2 dengan bertindak sebagai penguji eksternal dengan memberi pertanyaan seputar materi yang sudah diberikan saat pembekalan pada hari sebelumnya dan pertanyaan terkait ujian tulis tentang akuntansi dan keuangan lembaga. Secara keseluruhan, pembekalan materi berjalan dengan baik dan sebagian besar siswa memamahi materi yang disampaikan. Begitu pula, pada saat uji kompetensi, sebagian besar siswa mampu mengerjakan soal – soal akuntansi dan keuangan lembaga.
References
Purba, E., Parinduri, T., Tarigan, V., Tarigan, W. J., & Purba, D. S. (2021). Pkm Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di Smk Negeri 1 Pematangsiantar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 474–478.
Qurochman, A. N. (2022). The Influence of Profit Growth, Leverage, and Profitability on Dividend Policy in State-Owned Enterprises Listed on the Indonesia Stock Exchange. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 1280–1286.
Qurochman, A. N., Waloyo, W., Kurniawati, R., Hafidulloh, H., Sholihin, A., & Fariz, F. (2023). Penyuluhan Materi Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Santri. Science Contribution to Society Journal, 3(1), 25–31.
Rizki, N. A., Suyadi, B., & Sedyati, R. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Kemampuan Penguasaan Hardskill Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 89–95.
Rudiana Fibriani, M. S., Arief Nurdiannova, Q., & Yapan, M. S. (2023). MEDIATION OF ATLAS IN THE EFFECT OF AUDIT EXPERIENCE AND COMPETENCE ON AUDIT RISK.
Suardipa, I. P., Widiara, I. K., & Indrawati, N. M. (2021). Urgensi Soft skill dalam Perspektif Teori Behavioristik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 63–74.
Sudradjat, S., & Djanegara, M. S. (2020). PKM Uji Kompetensi Bidang Keahlian Akuntansi Di SMK Bina Sejahtera Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 21–28.
Susanti, I., & Kusumastuti, E. D. (2021). Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Puragabaya Kota Bandung Dalam Menyusun Laporan Keuangan Untuk Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian Bidang Akuntansi. Jurnal Difusi, 4(1), 1.
Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License