Penyuluhan Materi Manajemen Humas dan Kepegawaian pada Siswa SMK Perdana 1 Surabaya

  • Rifki Suwaji Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Rina Indra Sabella Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Siti Masruroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Fida Oktafiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Melanny Methasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Tutik Winarsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
Abstract views: 45 , PDF downloads: 31
Keywords: Manajemen, Humas, Kepegawaian

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh para dosen STIE YAPAN Surabaya yang bekerjasama dengan SMK Perdana 1 Surabaya yang menjadi mitra dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan berupa penyuluhan materi manajemen humas dan kepegawaian kepada siswa SMK Perdana 1 Surabaya, khususnya kelas X dan XI jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Materi manajemen humas dan kepegawaian sangat penting dipelajari supaya hubungan Masyarakat dan kepegawaian dalam suatu organisasi berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat sesi dalam satu bulan pada dua kelas tersebut. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan semua siswa memperhatikan materi yang telah dipaparkan oleh para dosen. Menurut luaran kuesioner yang diberikan ke siswa, maka dapat dinyatakan bahwa rata – rata siswa menyatakan sangat baik dalam hal keramahan dosen terhadap siswa, serta menilai baik dalam hal manfaat dan kejelasan materi yang disampaikan. Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan lagi dengan tema yang berbeda dan bisa meningkatkan pengetahuan para siswa dan pemegang kepentingan yang berhubungan dengan sekolah tersebut.

References

Deddiliawan, A., & Arafat, Y. (2019). Manajemen humas untuk meningkatkan kredibilitas sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 84–89.
Gora, R., & S Sos, M. M. (2019). Riset kualitatif public relations. Jakad Media Publishing.
Hakim, M. N. (2019). Manajemen hubungan masyarakat dalam mengembangkan lembaga pendidikan (studi kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121–139.
Harahap, T. K., Hasibuan, S., Pratikna, R. N., Ahmad, M. I. S., Novarini, N. N. A., Widiawati, W., Sanjaya, R., Riesso, A. S., & Batubara, N. A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Tahta Media.
Marsya, U., Faladhin, J., & Martina, D. (2018). Pelatihan Manajemen Kehumasan Sekolah Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 21–27.
Qurochman, A. N., & Wijiningrum, I. (2023). Persepsi Siswa Pada Peranan Iklim Organisasi, Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi Terhadap Hasil Pembelajarannya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 10(1).
Sani, M. (2018). Strategi Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Pendidikan Dasar Islam. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 49–77.
Soedarso, S. W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan, Strategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi. Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
Syamsir, S., & Saputra, N. (2022). Administrasi Kepegawaian. CV. Eureka Media Aksara.
Tharaba, M. F. (2020). Manajemen humas. Dream Litera Buana.
Umam, K. (2019). Manajemen organisasi. Pustaka Setia.
Wijayanto, D., & SPi, M. M. (2013). Pengantar manajemen. Gramedia Pustaka Utama.

PlumX Metrics

Published
2023-07-31
How to Cite
Suwaji, R., Sabella, R. I., Masruroh, S., Oktafiani, F., Methasari, M., & Winarsih, T. (2023). Penyuluhan Materi Manajemen Humas dan Kepegawaian pada Siswa SMK Perdana 1 Surabaya. Science Contribution to Society Journal, 3(1), 18-24. https://doi.org/10.35457/scs.v3i1.3241