https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/issue/feedScience Contribution to Society Journal2024-07-18T14:28:23+07:00Editor SCSabdimasscsunisba@gmail.comOpen Journal Systems<p>Artikel-artikel yang dipublikasikan di <strong>Science Contribution to Society Journal</strong> meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat. <strong>Science Contribution to Society</strong> <strong>Journal</strong> diterbitkan oleh LPPM UNISBA BLITAR. <strong>Science Contribution to Scociety Journal</strong> terbit 2 kali setahun di bulan <strong>Juli</strong> dan <strong>Desember</strong>. <strong>Science Contribution to Society Journal</strong> menerima manuskrip atau artikel dalam bidang riset terapan dan pengabdian masyarakat dari berbagai kalangan akademisi dan pelaksana/peneliti baik nasional maupun internasional.</p>https://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3200Penguatan UMKM di Kelurahan Jingglong Dusun Bening : Pendampingan NIB, Sertifikasi Halal dan Digital Marketing melalui WhatsApp Business2024-07-12T11:23:29+07:00Nuryanti Nuryantinury41954@gmail.comMuhammad Fahmi Ahsanfahmiahsan00@gmail.comNanda Indra Bayu Irwansyahnandairwansyah33@gmail.com Satriawan Heri Nuryantosatriawanherinur20@gmail.comKrisna Patria Bhaktibhaktipatria31@gmail.comDoni Prasetyobhaktipatria31@gmail.comJohan Abdi Suryajohanabdi04@gmail.com<p><span class="fontstyle0">Abstrak </span><span class="fontstyle2">– </span><span class="fontstyle3">Artikel ini membahas upaya penguatan UMKM di Kelurahan Jingglong, Dusun Bening melalui<br>program KKN. Fokus utama program adalah pendampingan pendaftaran NIB dan sertifikasi halal, serta<br>pelatihan pemasaran digital menggunakan WhatsApp Business. Pendampingan pendaftaran NIB dan<br>sertifikasi halal bertujuan mempermudah akses pasar dan memenuhi regulasi bisnis. Melalui kolaborasi<br>dengan UMKM lokal, program KKN berhasil meningkatkan kepercayaan diri pemilik UMKM dan<br>memperluas akses pasar mereka. Sosialisasi pelatihan pemasaran via WhatsApp Business memberikan<br>pemilik UMKM pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran digital sebagai upaya dalam<br>peningkatan dalam kehadiran online UMKM dan perluasan jangkauan pelanggan. Hasil penelitian ini<br>menggarisbawahi kontribusi positif program KKN dalam penguatan UMKM dan pertumbuhan ekonomi<br>lokal. Artikel ini memberikan wawasan tentang upaya penguatan UMKM melalui pendekatan berbasis<br>masyarakat.</span></p>2024-07-12T04:07:07+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journalhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3452Training dan Workshop UMKM Anti Nanggung #jadimakinproduktif Bersama Mixagrip2024-07-12T11:23:35+07:00Nunuk Latifahnunuklatifah76@akb.ac.idAdiguna S. W. Utamaadigunautama@akb.ac.idHindra Kurniawan hindrajq@akb.ac.id<p>Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting dalam perekonomian Indonesia, namun kekuatan managerial mereka masih membutuhkan perhatian khususnya manajemen terhadap berbagai risiko yang dapat mengancam kelangsungan usaha mereka. Sehingga diperlukan pelatihan untuk membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi risiko yang dapat menghambat produktivitas di lingkungan kerja, mengetahui apa saja yang menjadi keterbatasan untuk mendapatkan pengetahuan dan bagaimana cara mengintegrasikan strategi pengelolaan risiko ke dalam proses kerja yang ada tanpa mengganggu produktivitas yang ada. Sasaran dalam kegiatan ini adalah 500 orang pelaku UMKM yang berdomisili di wilayah Kota Solo dan sekitarnya mencakup Kab. Purwodadi, Kab. Klaten, Kab. Wonogiri, dan Kab. Sragen. Metode pelaksanaan yang dilakukan diawali dengan penjajakan kepada sponsor dan mitra, yaitu PT. Kalbe Farma dan PT Inovasi Tumbuh Inklusif, kemudian sosialisasi melalui Instagram @ukmindonesia.id, SoloPos dan Pemerintah Kota Solo. Hasil dari Pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan pelaku usaha dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko-risiko yang dapat mengganggu produktivitas, perusahaan dapat menciptakan lingkungan yang lebih efisien, efektif, dan adaptif terhadap perubahan.</p>2024-07-12T04:08:48+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journalhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3685Sosialisasi Game Edukasi Virtual Quiz Berbasis Mediapipe untuk Sekolah Dasar2024-07-12T11:23:36+07:00Saiful Nur Budimansync.saifulnb@gmail.comSri Lestantilestanti85@gmail.comErwanerwanputra431@gmail.com<p>Virtual educational game quiz using Mediapipe is one of the innovative and exciting learning methods for 3rd grade elementary schoolchildren at SDN Wonorejo Talun Blitar. This game was created with the aim to help improve children's understanding and knowledge in a variety of subjects in an interactive and fun way. In this game, children will be asked to answer the questions given through video and voice displays using Mediapipe technology. They can answer questions by moving their bodies or showing answers through specific gestures. This will provide a more interactive and educational learning experience for children, so that they can more easily understand the lesson submitted. Besides, virtual educational quiz games can also help improve children's concentration and focus in learning. With a fun and exciting way of playing, children will be more motivated to learn and follow every question well. They will also learn to collaborate and communicate with their friends in search of the right answers. Through these games, children are expected to be able to learn more effectively and efficiently, as well as improve their academic scores at school. They will also become more skilled in using technology and understand lesson concepts better. Thus, a virtual educational quiz game using Mediapipe can be one of the effective and innovative learning methods for 3rd grade elementary schoolchildren at SDN Wonorejo Talun Blitar. For the outdoors proposed by the executive team are publications of scientific journals and virtual games quizzes.</p>2024-07-12T04:11:07+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journalhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3717Pembekalan dan Pendampingan Uji Kompetensi Keahlian Prodi Akuntansi di SMK Prapanca 2 Surabaya2024-07-18T14:28:23+07:00Arief Nurdiannovaariefnova@stieyapan.ac.idTutik Winarsihtwinarsih@stieyapan.ac.idFariz Farizfariz@stieyapan.ac.id<p>Uji Kompetensi Keahlian pada program studi Akuntansi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh SMK Prapanca 2 Surabaya pada pertengahan semester genap untuk mendapatkan lulusan yang memiliki kompetensi yang bagus dalam bidang tersebut. Sebagai persiapan menghadapi uji kompetensi tersebut, dosen STIE YAPAN berperan memberi pembekalan dan pendampingan kepada para siswa kelas XII di program studi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari pada bulan April 2024. Metode pelaksanaan pembekalan materi yang dilaksanakan pada hari pertama berupa pengulangan materi serta soal – soal latihan akuntansi dan keuangan lembaga kepada para siswa kelas XII. Sedangkan, pada hari kedua yaitu saat uji kompetensi keahlian di program studi tersebut, dosen STIE YAPAN melakukan pendampingan bersama guru akuntansi internal dari SMK Prapanca 2 dengan bertindak sebagai penguji eksternal dengan memberi pertanyaan seputar materi yang sudah diberikan saat pembekalan pada hari sebelumnya dan pertanyaan terkait ujian tulis tentang akuntansi dan keuangan lembaga. Secara keseluruhan, pembekalan materi berjalan dengan baik dan sebagian besar siswa memamahi materi yang disampaikan. Begitu pula, pada saat uji kompetensi, sebagian besar siswa mampu mengerjakan soal – soal akuntansi dan keuangan lembaga. </p>2024-07-12T04:12:12+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journalhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3609Pemasaran Produk IKM Kripik Tempe "Putri Sekar Arum" Berbasis Digital Marketing di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang2024-07-12T11:23:38+07:00Putri Maharani Kusuma Riyantoaaranimahar@gmail.comD. Annisah Dwi Farhanidendeannisa852@gmail.comNur Qomariyah Al Lailinurqomariyahallaili@gmail.comPrayogaprayogaba39@gmail.comRimawati Ningtyasrimawatiputri1305@gmail.comRia Khoiriyahvaniaulia293@gmail.com<p>Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran berbasis digital marketing bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kripik Tempe "Putri Sekar Arum" yang berlokasi di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas produk, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan kripik tempe yang dihasilkan oleh IKM setempat. Metode pelaksanaanyang digunakan meliputi analisis situasi awal, perancangan strategi pemasaran digital, implementasi strategi, serta evaluasi efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi digital marketing melalui penggunaan media sosial, website, dan platform e-commerce berhasil meningkatkan kesadaran merek dan volume penjualan secara signifikan. Selain itu, program pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada pemilik IKM mengenai penggunaan teknologi digital telah berhasil meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola pemasaran secara <em>online</em>. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digital marketing merupakan alat yang efektif dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan IKM Kripik Tempe "Putri Sekar Arum". Rekomendasi diberikan untuk pengembangan lebih lanjut strategi digital marketing yang lebih terintegrasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna memperluas jangkauan pasar dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal</p>2024-07-12T04:14:32+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journalhttps://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/scs/article/view/3718Pelatihan Pembuatan Beras Cerdas Omega 3 pada Kelompok Tani Budidaya di Desa Sumbersih Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar2024-07-12T11:23:43+07:00Luhur Aditya Prayudhiluhuradityaprayudhi@gmail.comYuhanin Zamrodahluhuradityaprayudhi@unisbablitar.ac.id<p>Kelompok tani “Budi Daya” merupakan kelompok tani di Desa Sumbersih, Kabupaten Blitar. Kelompok tani ini memiliki luas wilayah garapan kelompok tani ini yang meliputi 31 ha sawah, 41 ha tegal/baon dan pekarangan/kebun 6 ha (SK Pengukuhan Kelompok Tani, 2009). Kelompok tani ini memilih menanam umbi, jagung, padi, palawija, dan tebu sebagai komoditas utamanya. Potensi panen ubi setiap kali panen menghasilkan sekitar 50 ton dengan kisaran harga Rp. 1.000,- sampai dengan Rp. 1.500,-/ Kg nya. Akan tetapi, kurang optimalnya budi daya dan pengolahan lahan mengakibatkan pendapatan petani kurang maksimal. Selain itu adanya gizi buruk dan stunting menjadi isu nasional dan daerah, Pada tahun 2021 kasus stunting di Kabupaten Blitar mencapai 14,5%. Lalu pada tahun 2022, kasus stunting di Kabupaten Blitar turun menjadi 14,3 %. (Dinkes Kabupaten Blitar, 2022). Permasalahan yang muncul pada mitra adalah produksi, manajemen usaha. Mitra kelompok tani memiliki perencanaan yang kurang maksimal dalam manajemen usaha kelompok tani dan diversifikasi usaha tani. Selain permasalahan diatas juga adanya gizi buruk dan stunting diwilayah Kabupaten Blitar. Sedangkan permasalahan bidang ekonomi didapatkan bahwa wilayah Desa Sumbersih,Kec Panggungrejo tingkat pendapatan ekonominya sebesar Rp.20.000 / hari tiap orangnya.Sehingga tingkat pendapatan masyarakat disana tergolong rendah (Profil Desa Sumbersih, 2017). Pembuatan beras cerdas omega 3 menggunakan teknologi ekstrusi panas dilakukan pada suhu proses antara 70 C sampai 110 C dengan menggunakan cetakan (<em>dye</em>) yang dirancang khusus akan dapat dihasilkan produk beras cerdas yang memiliki bentuk butiran menyerupai beras. Formulasi (penimbangan bahan-bahan yang diperlukan; tepung jagung 50%, tepung mocaf 25%, tepung woretel 5 % dan tepung kacang sacha inchi 10 % GMS (Gliserol Mono Stearat) 0,5%, susu skim 0,17%, minyak nabati 3%, karagenan 2% dan air air 30% dari total berat bahan.</p>2024-07-12T09:26:49+07:00Copyright (c) 2024 Science Contribution to Society Journal