Penyuluhan Materi Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Santri

  • Arief Nurdiannova Qurochman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN
  • Waloyo Waloyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Rohmah Kurniawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Hafidulloh Hafidulloh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Achmad Sholihin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
  • Fariz Fariz Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPAN Surabaya
Abstract views: 78 , PDF downloads: 47
Keywords: Potensi Diri, Kreativitas, Pesantren

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dari dosen STIE YAPAN Surabaya ini diadakan di YPAY Al Bisri Surabaya dengan memberi penyuluhan materi tentang pengembangan potensi diri dan kreativitas pada para santri di Yayasan tersebut. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan para santri tentang pengembangan potensi diri dan kreativitas serta untuk menjalin kerjasama yang saling memberi manfaat antara kedua belah pihak ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat sesi dalam satu bulan dengan mengundang pimpinan dan para santri kelas VII sampai kelas XII (setingkat SMP sampai SMA/SMK) YPAY Al Bisri Surabaya. Kegiatan pengabdian dosen telah berjalan dengan baik karena didukung sepenuhnya oleh STIE YAPAN dan YPAY Al Bisri yang menjadi rekan atau mitra pengabdian. Semua santri di YPAY Al Bisri sesuai kelasnya telah mengikuti semua sesi dan juga memperhatikan dengan baik semua materi yang dipaparkan oleh para dosen. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner, rata – rata santri menyatakan sangat baik dalam hal manfaat materi dan keramahan dosen, serta baik dalam kejelasan materi.

References

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.
Aseanty, D., & Arafah, W. (2022). Peningkatan Motivasi dalam Mengelola Potensi Diri Menuju Pribadi Yang Berkualitas (Panti Sosial Bina Remaja Tarunajaya II). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 97–106.
Awaludin, A. A. R., Muliyani, N., Julizal, J., & Fitriansyah, A. (2022). MEDIA YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS KARANG TARUNA KOTA DEPOK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(2), 44–51.
Gainau, M. B. (2019). Pengembangan Potensi Diri Anak dan Remaja. PT Kanisius.
Mahaardhika, I. M., Putra, P. A. G. S., Dewi, N. P. A. A. K., & Wirsiasih, K. (2022). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK PGRI 3 DENPASAR MELALUI BIMBINGAN KARIR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1), 187–194.
Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74.
Qurochman, A. N., & Wijiningrum, I. (2023). Persepsi Siswa Pada Peranan Iklim Organisasi, Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi Terhadap Hasil Pembelajarannya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 10(1).
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 95–106.
Septiana, Y. Z. (2020). Program Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Potensi Diri dan Kepribadian Santriwati Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. IAIN KUDUS.
Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66.
Yumnah, S., Islam, A., & Bangil, P. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 11(2), 22–34.

PlumX Metrics

Published
2023-07-31
How to Cite
Qurochman, A. N., Waloyo, W., Kurniawati, R., Hafidulloh, H., Sholihin, A., & Fariz, F. (2023). Penyuluhan Materi Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Santri. Science Contribution to Society Journal, 3(1), 25-31. https://doi.org/10.35457/scs.v3i1.3243