Penyuluhan Materi Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Santri
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dari dosen STIE YAPAN Surabaya ini diadakan di YPAY Al Bisri Surabaya dengan memberi penyuluhan materi tentang pengembangan potensi diri dan kreativitas pada para santri di Yayasan tersebut. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan para santri tentang pengembangan potensi diri dan kreativitas serta untuk menjalin kerjasama yang saling memberi manfaat antara kedua belah pihak ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat sesi dalam satu bulan dengan mengundang pimpinan dan para santri kelas VII sampai kelas XII (setingkat SMP sampai SMA/SMK) YPAY Al Bisri Surabaya. Kegiatan pengabdian dosen telah berjalan dengan baik karena didukung sepenuhnya oleh STIE YAPAN dan YPAY Al Bisri yang menjadi rekan atau mitra pengabdian. Semua santri di YPAY Al Bisri sesuai kelasnya telah mengikuti semua sesi dan juga memperhatikan dengan baik semua materi yang dipaparkan oleh para dosen. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner, rata – rata santri menyatakan sangat baik dalam hal manfaat materi dan keramahan dosen, serta baik dalam kejelasan materi.
References
Aseanty, D., & Arafah, W. (2022). Peningkatan Motivasi dalam Mengelola Potensi Diri Menuju Pribadi Yang Berkualitas (Panti Sosial Bina Remaja Tarunajaya II). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 97–106.
Awaludin, A. A. R., Muliyani, N., Julizal, J., & Fitriansyah, A. (2022). MEDIA YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS KARANG TARUNA KOTA DEPOK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(2), 44–51.
Gainau, M. B. (2019). Pengembangan Potensi Diri Anak dan Remaja. PT Kanisius.
Mahaardhika, I. M., Putra, P. A. G. S., Dewi, N. P. A. A. K., & Wirsiasih, K. (2022). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK PGRI 3 DENPASAR MELALUI BIMBINGAN KARIR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 3(1), 187–194.
Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74.
Qurochman, A. N., & Wijiningrum, I. (2023). Persepsi Siswa Pada Peranan Iklim Organisasi, Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi Terhadap Hasil Pembelajarannya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 10(1).
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 95–106.
Septiana, Y. Z. (2020). Program Bimbingan Karier Untuk Meningkatkan Potensi Diri dan Kepribadian Santriwati Pondok Pesantren Al-Falah Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. IAIN KUDUS.
Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 60–66.
Yumnah, S., Islam, A., & Bangil, P. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam, 11(2), 22–34.
Copyright (c) 2023 Science Contribution to Society Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License